TAHUN PERPISAHAN PARA INSTRUKTUR

in #steemineducation6 years ago

TAHUN PERPISAHAN PARA INSTRUKTUR

Hai para stemian di KSI semua semoga tambah aktf berkarya semua ya.

Dua hari sudah saya berada di Lembaga Peningkatan Mutu (LPMP) Aceh, kampus 2 Nuehuen Aceh Besar (27/28 Maret 2019). Kegiatan ini seakan menjadi reuni bagi saya dan kawan-kawan, khususnya guru Bimbingan dan Konseling (BK) dalam beberapa tahun terakhir. Alhamdulillah saya dapat berpartisipasi bersama kawan-kawan guru pendamping atau istilah kerennya disebut instruktur dari berbagai kabupaten di Aceh.
Tahun ini saya katakan sebagai tahun perpisahan dalam kegiatan ini, menurut info yang saya dengar dari panitia untuk tahun depan tidak ada lagi penyegaran para instruktur Kurikulum 2013. Hal ini sesuai dengan roadmapp pelaksanaan K-13 yang sudah tidak lagi pada periode sosialisasi di sekolah, tetapi sudah menjadi bagian kurikulum yang harus dilaksanakan oleh semua sekolah di Indonesia.



Kegiatan pelatihan guru BK difasilitasi oleh Bapak Drs. Damanhuri berlangsung cukup interaktif. Belaiu menyampaikan tentang penguatan guru BK di sekolah dan tantangan guru dalam menghadapi era milinial. Bagaimana kita menguatkan karakter siswa, memberikan ketrampilan abad 21 kepada siswa dan strategi menangani permasalahan yang dihadapi siswa di sekolah. Hal yang baru bagi saya dalam pelatihan ini adanya muncul jurnal bagi guru BK, yang selama ini sudah terbiasa dengan anekdot. Kita sepakat mencoba juga menggunakan jurnal pada semester berikutnya.
Kawan-kawan semua, semoga ada wadah lain seperti Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) BK Provinsi yang pernah kita gagas saat 2015 di Kawasan Hotel Penayong yang saat itu difasilitasi oleh Dinas Provinsi Aceh. Kita sangat mengharapkan Bapak Drs. Marwandi yang kini menjadi pengawas di Provinsi Aceh, kembali menghidupkan “mesin” MGMP hhe he . Dan juga ada Bapak Samsul Bahrul, M. Pd yang saat itu didapuk sebagai ketuanya. Begitu Juga kawan-kawan lainnya, Bapak Helmi, S. Pd. I yang sangat luar biasa dari Kota Sabang. Kehadiranmu dalam setiap forum guru BK provinsi selalu di nantikan bro.
Kawan-kawan lain di ABKIN yang baru dibentuk di provinsi yang di komandoi oleh Bu Hetti Zuliani sudah sepatutnya ke depan bisa membangun komunikasi yang lebih kuat dengan para guru BK di Aceh. Ayo, kita bersama memberi kontribusi kepada peserta didik di sekolah masing-masing. Sehingga guru BK dapat betul-betul bisa memberi kemanfaatan buat warga sekolah dalam setiap aktivitasnya.

Jangan Lupa …… @irwandi

Salam untuk Warga KSI semoga ada juga guru BK yang mau buka akun #steemit lagi, biar tambah membahana. Saya mengundang Bapak @TeukuIsmanSurdi dan @HafniZahara yang tadi sudah saya kampanyekan untuk buka akun Steemit. Saya tunggu akunnya ya.

Sort:  

Great Post! Get Auto Upvotes! https://myez.link/upvote Get 0.100 FREE STEEM on Signup!

thanks giving me the links

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 57983.67
ETH 2465.71
USDT 1.00
SBD 2.41