Mengalahkan Rasa Takut Berbicara

in #steemeducation7 years ago

IMG_20180223_111457.jpg

KARENA saya mengajar mata pelajaran ilmu sosial, Sosiologi, saya sering mengaplikasikan model pembelajaran dalam bentuk diskusi. Tujuannya sederhana; agar anak didik saya punya kecakapan dalam hal berbicara, baik dalam bentuk penyampaian pendapat atau gagasan yang ada dikepalanya, mengkritik lawan bicaranya, ataupun sekedar bertanya.

Bagi saya, seorang anak didik sangat penting untuk dibekali kecakapan dalam berbicara. Lagipula di era 21 --seperti yang telah saya tuliskan sebelumnya-- seseorang yang memiliki kemampuan bicara maka sudah selangkah lebih maju atau berada didepan yang lain.

Namun, dalam proses diskusi dikelas, saya seringkali mendapatkan siswa yang mengeluh karena takut untuk berbicara, baik bertanya atau menyampaikan pendapat. Kebanyakan mereka mengatakan; "saya sebenarnya mau mengatakan ini pak, tapi takut."

Karena itu, saya selalu memotivasi mereka diawal pembelajaran dalam bentuk diskusi agar mereka tidak takut berbicara. Bahkan, saya sugesti mereka untuk tidak berpikir dulu terhadap benar atau salahnya apa yang akan disampaikan. Biarkan benar-salah atau baik-buruk itu dinilai oleh orang lain, dan menjadi urusan yang nomor kesekian. Yang perlu di nomor satukan dalam diskusi adalah bicara. Setelah itu baru dikoreksi bersama. #nyanban

IMG_20180223_111514.jpg
Bersama siswa Filipina

IMG_20180223_111535.jpg
Kompleks SSB Pidie

Jum'at, 23 Februari 2018 || @emsyawall

Sort:  

Mantap saya juga seperti anda tidak berani berbicara di depan orang banyak. Maaf kawan saya tidak bisa vote karena lagi lemas

Terimakasih sudah singgah bang hehhe

Mantap pak. Memang kendala berbicara ini menjadi tembok besar kita untuk menuju kesuksesan. Rasa grogi yang kuat terkadang membuat mulut seakan kaku saat kita akan ingin berbicara.

Makanya salah satu solusi mengatasi hal tersebut, hanya banyak latihan @habilrazali29 😊

Bereuh that pak. Y Hana bereh Hana neutambah long keu Ngon

Cit ka jameun ngeun, bek mita dawa haha @rejaaryabandy

Congratulations @emsyawall! You have completed some achievement on Steemit and have been rewarded with new badge(s) :

Award for the number of posts published

Click on any badge to view your own Board of Honor on SteemitBoard.

To support your work, I also upvoted your post!
For more information about SteemitBoard, click here

If you no longer want to receive notifications, reply to this comment with the word STOP

Upvote this notification to help all Steemit users. Learn why here!

Postingan yang menarik tentang Mengalahkan Rasa Takut Berbicara

Terimakasih @bangjuh hehe

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 59527.28
ETH 2462.24
USDT 1.00
SBD 2.49