BUKAN SEKEDAR REWARD, TAPI ILMU YANG BERMANFAAT

in #steemcommunity6 years ago

Steemit itu bukan hanya sekedar reward, tapi tentang seberapa besar perjuangan untuk mendapatkan reward tersebut. Menjadi seorang creator konten di steemit dan tetap konsisten memposting di steemit dengan berbagai tema yang semenarik mungkin, dan bahkan terkadang kita sudah menulis sepanjang hari dengan harapan jerih payah tersebut bisa terbayar dengan reward dari upvote yang kita dapati, tapi nyata sudah tidak sesuai dengan apa yang sudah di harapkan.

Seorang creator konten tidak selamanya mengharapkan seberapa besar imbalan yang di dapatkan, tapi seberapa besar ilmu yang di dapatkan dari sini. Dulu saya sudah membuat postingan yang berjudul STEEMIT ITU BUKAN SEKEDAR REWARD.


bukan.jpg


Munafik saya jika memang seutuh nya mengharapkan hal itu saja, tapi dengan hati penuh keyakinan dan kejujuran yang bahwasanya alasan saya bergabung di steemit adalah untuk mencari relasi dan ilmu dari orang-orang yang belum saya kenali. Memang betul seperti kata pepatah “Tuntutlah ilmu sampai ke negeri china” maka dari itu steemit ini bukan lah sekedar sosial media seperti yang lain, bukan pula target utama menjadi orang kaya. Banyak orang di steemit yang ilmu nya lebih dari kita, dan banyak pula orang di steemit ini pengalamannya jauh dari pada saya. Dulu mungkin saya main steemit hanya sekedar untuk mendapatkan reward, tapi lama-kelamaan ternyata banyak ilmu yang saya dapati disini sesuai dengan hobi yang saya miliki, hobi menulis yang selama ini kurang nya wadah untuk saya tuangkan dan selama ada steemit saya bisa baca postingan dari para penulis senior nya lainnya. Saya pelajari dari setiap kata perkata yang memerka rangkai sehingga menjadi sebuah tulisan yang memiliki arti bagi orang lain yang membacanya.

Bukan berarti saya tidak pernah menulis di sosial media lainnya, selama ada wadah disitu lah saya tuang kan hobi menulis ini agar bisa dibaca dan dikomentari oleh orang banyak, seperti di blogger, facebook, twitter dan lain-lain. Tapi setelah sekian lama saya menulis disana masih banyak yang kurang untuk bisa saya dapati, yaitu kurang nya komentar dari orang-orang yang pengalaman dan ilmu nya sudah diatas saya.


LAGIII.jpg


Pada bulan Agustus 2017 saya di rekomendasi kan untuk menulis di steemit oleh salah seoarang kawan, yang mana katanya di steemit bakal ada penulis hebat lainnya yang mungkin bakal baca di setiap postingan saya dan mereka beri masukan dimana ada kekurangan dalam setiap bait yang tertata. Ternyata memang benar seperti yang dia katakana, dulu saya tidak kenal sama penulis lain selain penulis yang sudah terkenal. Tapi mana mungkin saya meminta pada mereka untuk mengkoreksi setiap tulisan saya, oke saya kenal sama dia. Tapi belum tentu dia kenal sama saya, namun ketika ikut menulis di steemit dengan harapan dapat dibaca oleh orang banyak dan dikomentari oleh orang banyak, alhasil sekarang walaupun tidak 100% setidaknya sudah 50% saya mendapatkan apa yang saya inginkan.

Hobi menulis sudah semenjak dari Smp saya tekuni dan sampai sekarang hobi ini masih melekat dalam jiwa, walaupun banyak kata yang masih kurang rapi, banyak tulisan yang masih kurang tertata dengan bagus, walaupun tulisan saya masih kurang berima untuk enak di baca, tapi hal ini masih tetap saja saya tekuni.


20756323-23dc-4e55-a791-2d608c098fad.jpg


Adapun alasan saya main steemit yaitu selain untuk bisa mendapatkan ilmu dari orang-orang lain, saya juga berharap tulisan saya bisa dibaca dan bermamfaat oleh orang banyak. Mungkin memang benar seperti yang orang lain harapakan yang mengharapkan reward pada setiap postingan, tapi tidak selamanya itu bisa di jadikan sebagai sebuah dorongan bagi saya, yang menjadi dorangan terpenting dalam setiap karya saya yaitu mendapatkan komentar banyak dari penulis lain dan tulisan saya bermamfaat bagi orang lain.

Dan bahkan sekarang dengan saya bergabung di steemit, banyak orang yang awal nya saya tidak mengenali siapa mereka tapi sekarang saya sudah kenal. Sehingga banyak motivasi untuk terus berkarya dan jangan pernah menyarah dengan keadaan fisik yang kamu miliki, karena sukses itu hadir untuk orang yang memiliki semangat berjuang.


LEGEND_20180404_044945.gif


https://discord.gg/

Sort:  

Hi @popon thank you for your participation. Your entry to "Exclusive Blogging Course Giveaway Contest" has been approved.

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 64440.63
ETH 2653.79
USDT 1.00
SBD 2.80