George Weah, Pesepakbola Menjadi Presiden Liberia

in #sports6 years ago

George-Weah-6-3.jpg
source

Pekan lalu, dunia telah menyaksikan saat yang benar-benar bersejarah, namun sangat serius daripada yang pernah terjadi sebelumnya; ketika mantan Pemain Terbaik FIFA, seorang Liberia, George Weah, dilantik menjadi presiden Liberia.

Tentu saja, tidak ada hal baru tentang olahragawan profesional tingkat atas atau wanita yang membuat karir kedua untuk diri mereka sendiri dalam kehidupan politik saat karir olahraga mereka berakhir, biasanya pada usia yang masih relatif muda. Daftar pendahulu yang terkenal yang mungkin menjadi motivasi seorang Weah - Pemain Kriket Pakistan, Imran Khan, perenang Australia Dawn Fraser, atlet Inggris Sebastian Coe, pegulat AS Jesse Ventura telah berkelana ke dunia politik.

Di Italia, salah satu putra sepakbola paling terkenal di negeri ini, "Golden Boy" Gianni Rivera, idola Milan dan Italia pada tahun 1960an dan 1970an, pindah dari San Siro ke rumah dinas setelah karir sepak bolanya berakhir. Politisi terpilih dari tahun 1987 sampai 2013, Rivera akhirnya menjabat sebagai Menteri Pertahanan Muda di empat pemerintahan kiri-tengah yang berbeda antara tahun 1996 dan 2001.

Semua itu sudah pernah terjadi, dari olahragawan menjadi politikus, satu hal yang tidak pernah terjadi sebelumnya adalah olahragawan profesional atau wanita yang menjadi Presiden negara mereka, seperti yang sekarang terjadi pada Weah (51 tahun). Tidak mengherankan, para kritikus bertanya-tanya apakah seorang pria yang berutang keberhasilannya pada lapangan sepak bola akan memiliki kebijaksanaan, pengalaman dan pengetahuan untuk mengatur salah satu negara paling miskin di Afrika.

Sebagai striker yang benar-benar terinspirasi untuk Monaco, PSG, Milan, Chelsea, Man City, Marseille dll, Weah dulu memiliki pekerjaannya yang berhasil menemukan jalan melalui beberapa pertahanan sulit. Namun, pengalaman itu mungkin tampak seperti pakan ayam dibandingkan dengan mencoba menjalankan 4,6 juta penduduk yang telah melihat lebih dari 250.000 orang terbunuh dalam perang sipil berdarah antara tahun 1989 dan 2003, belum lagi kerusakan yang terjadi pada epidemi Ebola yang menewaskan kira-kira 5.000 orang Liberia.


image source

Saat ini, Liberia berada di peringkat 177 dari 184 pada indeks pembangunan PBB. Ini adalah negara dimana lebih dari 60 persen penduduknya hidup di bawah garis kemiskinan dan di mana upah rata-rata satu setengah dolar perhari. Bagaimana bisa mantan pesepakbola, bahkan orang yang telah kembali belajar lama setelah karir sepak bolanya berakhir, menangani tugas yang menakutkan itu?

Selanjutnya, Weah memiliki tindakan yang sulit untuk diikuti oleh presiden yang baru selesai, didikan Harvard, Ellen Johnson Sirleaf. 14 tahun kekuasaannya secara luas dianggap positif, mengingat bahwa dia berhasil menstabilkan ekonomi, mendapatkan pembatalan hutang $ 5 miliar dan melindungi beberapa hak asasi manusia mendasar seperti kebebasan berbicara.

Weah, sebaliknya, telah dikritik tidak hanya karena kurangnya pengalaman politiknya, tetapi juga untuk apa yang tampak seperti langkah oportunis untuk memilih Ms. Jewel Howard, mantan istri mantan panglima perang Charles Taylor, sebagai wakilnya. Untuk sebagian besar kehidupan politiknya, Weah telah menjadi kritikus virulen Taylor dan National Patriotic Party (NPP). Jadi, apa arti pencalonan ini?

Kedengarannya seperti ini bisa menjadi percobaan yang bisa salah besar. Mungkin tidak. Lebih dari 20 tahun yang lalu, ketika salah seorang reporter mewawancarai Weah selama hari-harinya di Milan, saya langsung diserang oleh kepala "politis" nya. Dia sangat berbeda dengan rekan satu timnya di Milan dan bukan hanya karena warna kulitnya. Dia lebih tertarik untuk membicarakan tentang Liberia pribadinya daripada pertandingan Serie A Milan berikutnya, ia mengatakan kepada reporter: "Saya akan terus kembali ke Liberia, di situlah saya dilahirkan dan di situlah saya akan mati suatu hari nanti. Anda tahu, saya sudah bermain untuk Liberia selama 15 tahun sekarang dan saya tidak mendapat apa-apa dari asosiasi nasional, nol. Sebaliknya, saya sudah memberi banyak. Tapi apa yang bisa saya katakan, ini negara saya, ini bukan kewajiban, ini adalah sesuatu yang ingin saya lakukan dan saya melakukannya dengan hati saya dan saya tidak memiliki masalah dengan hal itu. "


image source

Saat ini, Weah sedang mempersiapkan untuk melayani seluruh negaranya dan bukan hanya tim sepak bolanya. Kemajuannya (atau kurang) akan diteliti dengan cermat namun dia sadar akan hal itu, katanya kepada BBC minggu ini: "Anda [wartawan] hanya melihat saya sebagai mantan pesepakbola tapi saya adalah manusia. Saya berusaha untuk menjadi primadona. Saya bisa sukses. Saya sukses sebelumnya dalam karir saya. Ketika saya pergi dari sini orang-orang mengajukan pertanyaan yang sama kepada saya: 'Maukah Anda sukses di Eropa?' Saya mengatakan kepada mereka bahwa ketika saya bekerja keras dan percaya pada apa yang saya yakini, saya menunjukkan bahwa saya dapat melakukannya dengan tekun. Saya percaya bahwa dengan bantuan orang-orang Liberia saya akan sukses. "


Regards

@raisul

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 65791.75
ETH 3465.64
USDT 1.00
SBD 2.68