Tugas Spesial Seorang Penyair

in #sorotpuisi6 years ago

Malam yang manis saya berjumpa dengan puisi Eka Budianta berjudul Mencuri Langit dan saya memutuskan puisi ini akan saya analisa dalam rubrik Sorot Puisi yang saya ampu dengan harapan khasiat puisi ini semakin bisa saya rasakan.

Eka Budianta
MENCURI LANGIT

Aku telah mencuri sepotong langit
Berikut capung, kupu-kupu dan pelangi di dalamnya
Jangan katakan pada burung-burung, mengapa aku tak mengajak mereka
Guntur dan badai membayang tapi aku bersikeras
menjadi penyair lagi untuk cucu-cucuku,
membangun lagi jalan-jalan dan kota-kota
di bawah langit pilihanku. Betul, aku telah mencuri sepotong langit
dan akan kukembalikan padamu
setelah kulukis, kuisi dengan tari-tarian,
lagu-lagu, pohon-pohon raksasa, buah-buahan dan bunga-bungaan,
bermaca kastil dan taman-taman
yang akan membesarkan anak-cucu sampeyan.

2012
Judulnya sangat memikat hati saya dan menumbuhkan rasa penasaran dalam diri untuk menggali lebih dalam mutiara yang dikandug puisi ini.
Saya menemukan betapa tak mudah jalan yang ditempuh seorang Eka Budianta sehingga memilih menjadi penyair lagi di tengah peliknya permasalahan hidup dan di tengah keprihatinan yang begitu puncak di mana nasib penyair dipandang sebelah mata.
Barangkali panggilan jiwa yang lebih mengakar sehingga Eka Budianta merasa perlu menjadi penyair lagi, diungkapnya gerakan yang ditempuh yakni menjadi penyair lagi untuk cucu-cucuku, tutur Eka Budianta dan yang dikerjakan adalah membangun jalan-jalan dan kota-kota.

Pilihan menjadi penyair buat cucu-cucu tak untuk memenuhi hasrat pribadi tetapi untuk tujuan sosial yakni menyejahterakan anak-cucu sampeyan (orang lain) yang tak memiliki hubungan darah sekalipun.

Mencuri Langit telah dihadirkan kepada kita lengkap dengan segala dinamika yang dikandungnya sebagai jalan menjadikan kita lebih peka bahwa menjadi penyair bukan urusan menepuk dada tetapi untuk melakukan kerja-kerja kemanusiaan.

Madura, 19 September 2018

https://s3.us-east-2.amazonaws.com/partiko.io/img/penasantri-tugas-spesial-seorang-penyair-e49wkhdp-1537359538077.png

Posted using Partiko Android

Sort:  

Maka sangat nikmat membaca puisi ini saya bisa tahu tugas suci seorang penyair

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63178.17
ETH 2581.50
USDT 1.00
SBD 2.71