Sok Kenal Sok Dekat

in #sksd5 years ago

image
Sumber gambar : inovasee.com

Malam senin lalu, saya memenuhi ajakan teman untuk ngopi bareng di salah satu warung kopi di Langsa. Hal yang memang lumrah dilakukan oleh kaum laki-laki di Aceh, baik untuk sekedar bersilaturrahmi maupun sebagai ajang pertemuan bisnis. Ngopi malam itu bukan pertemuan bisnis. Hanya silaturrahmi biasa saja.

Bukan acara ngopi yang ingin saya cerita kali ini. Tetapi kejadian aneh yang terjadi dalam perjalanan saya menuju warung kopi malam itu. Kejadian yang lumrah jika kejadian itu terjadi pada mereka yang saling kenal. Dan akan menjadi aneh dan menjadi tanda tanya besar bila terjadi dengan kita yang tidak saling kenal.

Ya, malam itu saat hampir sampai di warung kopi tempat kami janji akan bertemu, tiba-tiba ada seorang pemuda dengan mengendarai sepeda motor menghampiri saya, yang juga menggunakan sepeda motor. Dan serta merta menegur saya, seakan saya adalah sahabat karibnya. Merasa tidak mengenalnya, saya bertanya "siapa ya"?. Dia mengatakan siapa dirinya, memberitahukan tempat kerjanya, memperkenalkan ayahnya, menyampaikan kondisi ayahnya yang saat itu sedang sakit. Bahkan ia mengabarkan bahwa isterinya sedang dirawat di rumah sakit karena keguguran.

Karena usaha memperkenalkan dirinya yang begitu ngebet, meski belum kenal, saya pun mengatakan "iya." Karena ia merasa saya sudah mengenalnya, dia pun mengatakan sebuah kalimat yang membuat saya terkejut. "Bang, bolehkah saya utang uang 30 ribu?." Kemudian dia pun menambahkan, "kami belum gajian, Bang. Nanti gajian saya bayar."

Sebenarnya, ingin juga membantunya meski saya tidak mengenalnya. Tapi karena uang yang saya bawa terbatas, saya pun minta maaf tidak bisa membantu.

Kejadian seperti ini bukanlah kejadian pertama bagi saya. Kejadian serupa pernah terjadi sekira setahun yang lalu. Orangnya berbeda, modusnya pun berbeda. Tapi modelnya sama, memperlakukan dirinya seolah sahabat dekat saya. Dan ujungnya juga meminta pinjam uang.

Aneh, bukan?. Apakah kejadian seperti ini juga pernah menimpa teman-teman?

Mudah-mudahan ini bukanlah modus baru bentuk penipuan. Yang tujuannya adalah untuk mendapatkan finansial gampang, tanpa usaha. Wallahu A'lam.

Sort:  

My motto:

Listen, smile, agree, and then do whatever you were gonna do anyway.

Hello @faridatjeh! This is a friendly reminder that you have 3000 Partiko Points unclaimed in your Partiko account!

Partiko is a fast and beautiful mobile app for Steem, and it’s the most popular Steem mobile app out there! Download Partiko using the link below and login using SteemConnect to claim your 3000 Partiko points! You can easily convert them into Steem token!

https://partiko.app/referral/partiko

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 65124.62
ETH 3554.39
USDT 1.00
SBD 2.46