Find Your Tribe, Feel Your Vibes

in #selfgrow3 years ago

GOPR1433.JPG

Saya pernah dengar sebuah perumpamaan mengenai seekor ikan hiu jika disimpan dalam akuarium, maka hanya bisa tumbuh sekitar 50cm saja, sedangkan jika hidup di laut bisa tumbuh sepanjang 5 meter ( cmiiw tentang panjang ikan hiu ) and the point is : Ketika kita bisa menemukan lingkungan yang tepat untuk tumbuh, maka kita akan tumbuh dan berkembang dengan maksimal, jadi menemukan lingkungan yang tepat adalah hal yang penting untuk mengembangkan diri.

Tarik mundur sekitar 11 tahun yang lalu, saya adalah seorang sekretaris di sekolah foto yang bahkan tidak pernah memegang kamera. Tugas saya, hanya memastikan kelas terisi penuh dan mengingatkan siswa mengenai kelasnya. Menyiapkan keperluan model, keperluan kelas. Berlangsung sekitar 1 tahun lebih, kemudian saya bertemu lingkungan yang tepat, beruntungnya lagi ia adalah kekasih saya. Setelah resign dari sekolah foto tersebut, setengah tahun kemudian kami membuka jasa foto pernikahan. Bertahan hingga 6 tahun, cukup berjaya saat itu.

17884124_1633463266668375_7946582829379557632_n.jpg

5 tahun berjalan setelahnya, dengan lingkungan yang tepat. Saya bahkan beberapa kali mengajar fotografi ( dengan handphone ) menggelar kelas editing, dan menjadi narasumber di beberapa seminar pemerintahan mengenai fotografi untuk membangkitkan UMKM. Memotret anak dengan konsep yang saya buat sendiri dan menikmatinya sebagai karya penuh cinta.

Semua itu terjadi, karena saya bertemu dengan orang yang tepat dengan lingkungan yang tepat.
Soal waktu, ahh tentu saja tidak selalu tepat. Tapi dengan berjalannya waktu, progres diri kita berkembang akan semakin terlihat dan juga terasa.

Pernahkah berpikir bahwa diri kita yang sekarang, bukanlah diri kita yang dulu ?
Yap, selain waktu yang mengubah kita, ada sosok-sosok penyerta di dalamnya, ada pula lingkungan yang mempengaruhinya.

The big question is : Kamu mengalami peningkatan, atau justru sebaliknya?

Some message from me : Find your tribe, feel your vibes

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 58088.10
ETH 2353.31
USDT 1.00
SBD 2.44