Bagaimanakah Konsep Belajar Yang Aktif? (How is Active Learning Concepts??

in #science6 years ago

image

Apa yang diajarkan kepada peserta didik dengan sangat cepat terkadang dapat berdampak beda. Peserta didik bahkan akan lebih cepat melupakan apa yang diajarkan kepada mereka. Pembelajaran pasif tak akan mampu menuju makna belajar yang sebenarnya, apalagi tahan lama.

What is taught to learners will even more quickly what is taught to them. Passive learning will not be able to lead to the true meaning of learning, let alone durable.

Ada beberapa alasan mengapa kebanyakan peserta didik cenderung melupakan apa yang mereka dengar. Salah satu alasan menarik adalah perbedaan tingkat kecepatan bicara pengajar dengan tingkat kecepatan siswa mendengarkan. Mengutip penyataan Confisius sebagai konsep pembelajaran aktif:

  1. What i hear, i forget (apa yang saya dengar, saya lupa)
  2. What i see, i remember (apa yang saya lihat, saya ingat)
  3. What i do, i understand (apa yang saya lakukan, saya mengerti).

There are reasons why most learners tend to forget what they hear. One interesting reason is the difference in the rate of speech implication with the rate of listening. Quoting the Confisius revelation as an active learning concept: (1) What i hear, i forget. (2) What i see, i remember. (3) What i do, i understand.

Tiga pernyataan sederhana ini menjadi bobot penting belajar aktif. Pernyataan Confisius dimodifikasi dan diperluas oleh Mel Silberman menjadi apa yang disebut dengan paham belajar aktif.

  1. What i hear, i forget (apa yang saya dengar, saya lupa)
  2. What i hear and see, i begin to understand (apa yang saya dengar dan lihat, saya ingat sedikit).
  3. What i hear, see, discuss and do, i acquire knowledge and skill (apa yang saya dengar, lihat, diskusikan dan melakukan, saya mendapatkan pengetahuan dan keterampilan).
  4. What i teach to another, i master (apa yang saya ajarkan kepada orang lain, saya menguasainya.

These three simple statements become an important weight of active learning. The Confisius statement was modified and expanded by Mel Silberman into what is known as active learning comprehension: (1) What i hear, i forget.(2) What i hear and see, i begin to understand.(3) What I hear, see, discuss and do, I gain knowledge, knowledge and skills.(4) What i teach to another, i master it.

@activelearning

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 62900.39
ETH 3357.78
USDT 1.00
SBD 2.47