MOHEAK SI METODE ILMIAH

in #science6 years ago

image
Source
Hallo sahabat steemit semua, kembali lagi dengan saya @anwarsyakila, pada postingan kali ini saya ingin mengupas sedikit tetang Metode Ilmiah, sebelumnya materi tentang Metode ilmiah ini sudah pernah dibahas oleh sahabat saya @doktormuslem (ngaku-ngaku kawan, padahal belum lama kenal pun, tapi tak apa la) oke lansung saja ya.
Apa sih yang dimaksud dengan metode ilmiah? Mungkin kalau teman-teman mencari definisi tentang metode ilmiah teman-teman akan menjumpai banyak definisi yang telah dikemukan oleh para ahli namun disini saya ingin mendefinisikan metode ilmiah itu menurut versi saya, metode ilmiah merupakan serangkaian proses yang sistematis dan terkontrol guna mencapai satu tujuan, dari definisi yang saya sebutkan tadi “serangakaian proses” yang sistematis, dapat disimpulkan bahwa metode ilmiah itu terdiri dari beberapa langkah. Langkah-langkah tersebut biasanya saya singkat “MOHEAK”. Saya sering menyingkat kalimat yang panjang agar mudah untuk mengingatnya, ini sebenarnya terimspirasi ketika saya belajar kimia, pasti teman-teman mungkin akan mengalami kesulitan menghafal sistem periodik kalau misalanya harus menghafal H Li Na K Rb C Fr, namun kalau kita buat unik pasti akan lebih mudah menginggatnya, contoh Hari Libur Nanti Kita Robohkan Cadas Firaun, pasti akan lucu dan mengingatnya juga lebih mudah, sejak itu saya sering mengubah kata-kata yang rumit untuk diingat dengan menambah lelucon-lelucon agar lucu.
Jadi, oleh karena itu, Saya menyingkat metode ilmiah agar mengingat proses metode ilmiah dapat mengikuti aturan yang telah ditetapkan agar tidak terjadi tumpang tindih antara langkah pertama dengan langkah-langkah lainnya.
Lantas apa yang menjadi kepanjangan dari MOHEAK
M = Masalah
Sebelum melakukan sebuah penelitian, kita harus menentukan apa yang menjadi permasalahan sehingga kita perlu untuk meneliti masalah tersebut. Contoh luas areal lahan pertanian yang terus menyempit menyebabkan kelangkaan bahan pangan.
O = Observasi
Pada tahap ini kita dituntut untuk mengkaji data-data untuk mengetahui secara mendalam tentang permasalahan yang kita hadapi. data ini bisa diperoleh dari website atau jurnal-jurnal terdahulu yang tentunya terkait dengan masalah yang kita hadapi. contoh akibat lahan yang sempit maka dilakukan program tanaman hydroponic untuk mensiasati terbatasnya lahan.
H = Hipotesis
Hipotesis ini adalah kesimpulan sementara atas permasalahan kita, hipotesis ini dapat dirumuskan atas referens-referensi dari data yang telah kita kumpulkan baik itu bersumber dari website atau jurnal-jurnal penelitian terdahulu.
E = Eksperimen
Pada tahan ini kita membuat suatu percobaan untuk membuktikan apakah hipotesis yang kita rumuskan benar atau tidak.
Analisis
Analisis ini bertujuan untuk mengkaji secara mendelam atas hasil yang kita peroleh dari uji coba/eksperimen kita.
Kesimpulan
Ini adalah bagian terkahir dari metode ilmiah, kesimpulan ini kita dapat mengambil kesimpulan apakah hipotesis yang kita ajukan benar atau salah.
Mungkin itu saja dulu penjelasan dari saya, mungkin contoh dari langkah metode ilmiah ini terlalu umum, hal ini dikarenakan saya lupa narok catatannya dimanaaa???? Maklum saja lah kawan saya belajar ini tujuh tahun yang lalu, atau tepatnya pada tahun 2010 sekarang uda tahun 2018. Kalau teman-teman masih kurang puas tentang metode ilmiah ini mungkin bisa tanyak-tanyak sama kawan yang lain atau tanya sama google juga boleh,,,hehe,,
Sekian dulu postingan dari saya mohon maaf kalo ada kekurangan, saya hanyalah manusia bisa, yang tempatnya banyak salah dan lupa.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 61852.16
ETH 2402.53
USDT 1.00
SBD 2.60