Memahami cara perhitungan dan kebutuhan dari setiap jenis item pekerjaan Saluran (Drainase) dari Swadaya Masyarakat.

in #science6 years ago


(The Understand how the calculations and needs of each kind of Channel (Drainage) work item from Community Swadaya)

Memahami cara perhitungan dan kebutuhan dari setiap jenis item pekerjaan Saluran (Drainase) dari Swadaya Masyarakat.


hei, semua teman-teman steemit,

# Gambar di samping ini menunjukan saluran yang telah mencapai 100%.

Berbagilah ilmu kepada orang lain sehingga bisa berguna sepanjang masa dan selama lamanya.
untuk hari ini saya akan membagi tata cara tentang merencanakan perhitungan tentang ilmu teknik sipil dan cara mengambar dan cara pengambilan foto lapangan ketika belum dikerjakan, sedang dikerjakan dan sampai selesai pekerjaan.

nah hari ini juga saya tidak memperjang berbicara dasar teori tentang suatu postingan saya hari ini, karena jika kita terlalu banyak untuk memberikan teori tapi ketika pratik nya juga lebih sedikit itu juga sangat tidak efektif, akan tetapi kita harus menyimbangi kedua duanya baik teori dan pratik tersebut.

mungkin anda yang telah lama dalam bidang ilmu teknik sipil mungkin sudah tidak asing lagi jika dengan sebutan kata-kata teknik. tetapi ini juga saya berharap semua orang juga harus bisa dan memahaminya.

sebelum saya menjelaskan dan memberi pemahaman kepada semua teman-teman steemit, saya ingin memberikan sedikit sebab dan akibat dari perencanaan dan pekerjaan tersebut di tempat tersebut, nah jika saya berkata dengan pemberdayaan masayarakat yang kurang mampu dan denga katagori di dalam suatu kawasan yang terdapat tidak kumuh dengan banyak nyak orang kaya yang di anggap layak dengan kehidupannya ini sudah tidak asing lagi, tetapi masalahnya itu tentang pekerjaan drainase dan plat beton dari pekerjaan infrastruktur.

di daerah ini sering terjadi banjir jika sedikit turun hujan, maka kadang-kadang juga sering kali tergenang air limbah yang kotor dari sumur masyarakat setempat, coba anda melihat foto yang masih kondisi sebelum dilakukan perubahan di tempat tersebut.

maka dengan hal yang seperti ada di gambar tersebut sungguh sangat memprihatikan yang sangat tidak layak dengan kondisi ini,
ini adalah kondisi desa yang ada di wilayah Kota langsa, khususnya di aceh negara yang ada di asia yaitu indonesia, di desa tersebut banyal lembaga swadaya masyarakat peduli terhadap hal yang demikian..
mungkin anda masih ada tanda tanya di pikiran anda, saya yang menulis dan orang yang melakukan postingan ini dan bercerita apakah ini asli atau hanyalah rekayasa belaka.,
disini saya sebagai pendamping faskel teknik dari lembaga swadaya masyarakat yang kebetulan peran saya adalah merencanakan dan memberi pelajaran untuk masyarakat di tempat tersebut, posisi saya juga sebagai pengawas lapangan untuk pekerjaan ini,
langsung saja saya akan menjelaskan tentang rencana anggaran biaya dan tentang gambar teknik untuk pekerjaan ini,


Dibawah ini ada beberapa tahapan cara perhitungannya :


diketahui :

1 . panjang saluran drainase P = 30 meter

2 . dengan lebar atas L = 0.60 meter

3 . dengan kedalaman T =0.50 meter

maka untuk perhitungan darainase tersebut adalah :

jenis kegiatan yang akan dilakukan di pekerjaan drainase ini :

a . pekerjaan galian tanah drainase V= Panjang x Lebar x tinggi = V 30 x 0,6 x 0,50 = 9,00 meter kubik (M³).

b . Pekerjaan Papan mal beskesting untuk dinding drainase : V= Panjang x Lebar V = 30 x 0,50 =15,00 meter luas(M²) di kalikan x 2 (sisi dinding yang akan di cor)
jadi volume : V =15,00 M² x 2 (sisi) = 30,00 meter luas (M²)

c. pekerjaan pasir alas dibawah lantai : V=PxLxT = V = 30 x 0,60 x 0,02 meter kubik = 0,36 meter kubik (M³).

d. pekerjaan pengecoran beton cor dengan mutu beton 1pc:2pp:kr.

  • dengan volume beton untuk dinding drainase V = PxLxT = V=30 x 0,50 x 0,1 = 1,5 meter kubik (M³).
    jadi karena dinding drainase ada dua sisi maka: V=1,5 M³ x 2 (sisi) = 3,00 meter kubik (M³).
  • volume beton cor untuk lantai drainase V=PxLxT V=30 x 0,40 x 0,10 =1,2 meter kubik (M³).
    jadi total untuk volume beton cor 1pc:2pp:kr V= volume dinding beton cor + volume lantai beton co drainase V =3,00 (M³) x 1,2 (M³) = 3,60 meter kubik (M³)

e. pekerjaan plesteran semen untuk dinding saluran di dua sisi (ACI)
volume dinding untuk pleteran semen penghalus V=panjang x lebar V=30 x 0,4 =12 meter luas (M²)
jadi karena dinding drainase ada dua sisi maka V= 12 M² x 2 (sisi) = 24.00 meter luas (M²).


Sebelum itu di bawah ini ada sedikit gambar yang mungkin harus saya lampirkan agar supaya kekita bagi yang melihat dan yang membaca lebih mudah untuk di mngertinya, karena juga didalam ilmu Teknik Sipil Bahwa RAB & Gambar Bestek saling berkaitan antara satu sama lain.



ini adalah gambar awal sebelum di kerjakan pelaksanaan, ini foto existing Nol pekerjaan.

tahapan ini sedang dalam proses dan juga pemasangan dan pelaksanaan tahap akhir, foto ini saya ambil di titik 10 meter dari foto yang di atas kemudian saya gabungkan menjadi dua.

foto ini menunjukan bahwa tahapan pekerjaan telah selesai 100%, untuk jenis saluran yang di bangun dan kerjakan oleh masayarakat karena ini adalah kegiatan swadaya masyarakat,

mungkin ini hanya ini saja yang bisa saya lampirkan beberapa foto kegiatan tersebut. lebih dan kurang juga saya minta maaf kepada teman-teman yang telah melihat dan membacanya.


maka setelah kita mendapatkan volume yang di perlukan dari setiap jenis pekerjaan ini dan selanjutnya kita menghitung anggaran biaya untuk keperluan masing-masing jenis pekerjaan tersebut:

1 . Pekerjaan galian tanah dengan volume V= 9,00 meter kubik (M³) x dengan harga satuan (45,000,- Harga dalam 1 M³ ) jadi keperluan untuk jenis pekerjaan ini V=9,00 x 45,000, = 405,000,-
2 . pekerjaan untuk mal Beskesting drainase dengan volume V=30,00 meter luas (M²) x dengan harga satuan (80,000,- Harga dalam 1 M²) jadi keperluan untuk jenis pekerjaan ini V=30,00 x 80,000, =2,400.000,-

  1. pekerjaan pasir untuk lantai drainase V= 0,36 meter kubik (M³) x 105.000 Harga dalam 1 M²) jadi keperluan untuk jenis pekerjaan ini V= 0,36 (M³) x 105.000,- =37,800,-
  2. pekerjaan pengecoran beton cor untuk drainase V =3,60 meter kubik (M³) x 1,650,000 = 5,940,000,-
  3. pekerjaan pengecoran beton cor untuk drainase V=24.00 meter luas (M²) x 84,500,- =2,028.000,-
    jadi jumlah untuk setiap jenis pekerjaan yaitu :
  4. Pekerjaan galian tanah dengan jumlah biaya = 405,000,-
  5. pekerjaan untuk mal Beskesting drainase dengan jumlah biaya = 2,400.000,-
  6. . pekerjaan pasir untuk lantai drainase dengan jumlah biaya = 37,800,-
  7. Pekerjaan galian tanah dengan jumlah biaya = 5,940,000,-
  8. Pekerjaan galian tanah dengan jumlah biaya = 2,028.000,-
    jadi total rencana anggaran biaya untuk pekerjaan ini adalah : 10,810,800,-
    jumlah rencana anggaran dengan 10,810,800 + dengan ongkos tenaga kerja + dengan swadaya dari uang masyarakat di stempat
    maka jumlah total dengan penambahan semua anggaran biaya ini adalah (10,810,800 + 4,200,000 +1,200,000,- = 16,210,800,-

ini saja yang dapat saya jelaskan dan saya berikan sedikit ilmu tentang tatacara metode tentang pemahaman dalam menghitung jenis saluran yang sangat sederhana.

sekian dan terimakasih untuk semuanya jika ada didalam postingan ini terdapat banyak kesalahan atau terdapat kejanggalan saya minta maaf dan sangan berterimakasih bagi teman-teman yang sudah melihat dan membaca postingan saya ini, karena hari sangat lah berbeda dari hari sebelumnya, saya menggunakan kata-kata dalam bahasa #indonesia...

disini saya tidak memakai sumber, karena saya ini hasil karya saya dan original dengan bahasa saya sendiri.

Thank You Verymuck, By. @aguess.

if no objections from the #steemstem I use the logo about science,

Sort:  

Mantap postingan droe keuh geun
Kalhe loen vote beuh

Oke @iqbalmuhammad.. terimeng genaseh

This post has received gratitude of 0.55 % from @appreciator thanks to: @aguess.

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 61372.42
ETH 2928.56
USDT 1.00
SBD 3.66