Mengolah Labu Air Menjadi Kuah Lada yang Segar

in #ramadan-tkf6 years ago

IMG20180518184152.jpg
Kuah lada labu air kreasiku


Rezeki dari Allah Swt selalu datang tanpa disangka-sangka. Kemarin siang, saat sedang bersantai menunggu masuknya waktu salat Zuhur, datang Budhe – ibu kost – membawa sepiring ikan yang sudah dipotong-potong. Ini bukan kali pertama kami mendapat antaran seperti itu. Kadang lauk-pauk yang sudah matang, sayuran mentah, kue, ikan asin, macam-macam deh pokoknya. Semoga Allah memudahkan rezeki Budhe.

Dua hari sebelumnya saya juga mendapat antaran labu air dari tetangga depan rumah. Karena hari itu hari makmeugang, labu air tersebut tidak langsung saya olah. Barulah kemarin sore saya masak untuk melengkapi menu berbuka berupa lauk ikan tumis Aceh pemberian Budhe. Karena ikannya sudah berminyak-minyak dan berbumbu, sayurnya saya bikin bening supaya lebih segar. Saya menyebutnya kuah lada boh labu ie. Untuk melengkapi teman berbuka sore itu, saya juga membuat cecah ikan tongkol. Resepnya menyusul ya.

Oh ya, sebelum berlanjut ke resep dan cara pengolahan, apakah teman-teman pernah mendengar mitos tentang labu air? Hm, pernahkah melihat biji-bijinya yang sepintas mirip dengan gigi manusia? Konon biji labu air ini adalah 'jelmaan' gigi Rasulullah saw yang tanggal karena di-juthok alias disodok-sodok kaum kafir ketika beliau bersembunyi di gua Hira. Gigi yang tanggal tersebut lantas tumbuh dan menjadi tanaman rambat yang kita kenal sebagai labu air.


labu air.jpg
Labu air


Saya mendapatkan cerita ini dari Ibu ketika beliau sedang memasak. Tapi ini cuma mitos lo, jangan dianggap sebagai suatu kebenaran. Mungkin itu adalah trik Ibu saya untuk memancing supaya saya betah di dapur dan mau menjadi asistennya. Omong-omong sejak kecil Ibu selalu melibatkan saya dalam beraktivitas di dapur. Karena saya tipikal orang yang suka mengamati, jadinya bumbu-bumbu yang diracik Ibu tanpa sadar terekam di ingatan saya. Kemarin sore saya sudah praktikkan salah satunya. Baiklah, mari kita lihat apa saja bahan untuk mengolah labu air ini.

Bahan:


sunti-toped.jpg
Asam sunti


1/2 Buah labu air, potong-potong
1 Siung bawang merah
2 Siung bawang putih
1 Sdt merica bubuk
3 Buah asam sunti
3 Lembar daun jeruk
Royco
Garam secukupnya
Air setengah panci kecil

Catatan: giling bawang merah, bawang putih, merica, dan asan sunti dengan cobek

Cara Memasak:

  1. Rebus air hingga mendidih
  2. Masukkan labu, bumbu halus, daun jeruk, garam, dan Royco
  3. Masak sayur hingga matang, koreksi rasa

Catatan:

  1. Boleh ditambahkan udang agar kuahnya lebih manis.
  2. Untuk dua porsi. Satu porsi cukup untuk tiga orang.
  3. Memasaklah dengan penuh cinta, hasilnya pasti enak.[]
Sort:  

Baru dengar mitos itu

Ga yakin qe yg buat, foto jd nya aja yg milik sdiri haha

sssssttttt jangan ribut-ribut, ini pencitraan wkwkwk

Wah mantap ne buat menu berbuka pasti seger banget.

iyaaa, apalagi ada ikan asin panggang....wuoohhh

selamat berpuasa, selam kenal.

salam kenal juga fujia.... :-)

Harus belajar masak nih ssama kak Ihan

yuk kita belajar sama-sama....

Terimakasih sudah menggunakan tag #ramadan-tkf

Saya juga baru dengar mitos ini, tapi lain ladang lain belalang, banyak mitos yang sangat berbeda2 di Indonesia 😊

Salam hangat,
download_20180510_175631.jpg

Bener @thekitchenfairy ... mitos-mitos itu hanya hiburan belaka, jangan dianggap sebagai suatu kebenaran, karena mana mungkin gigi bisa tumbuh jadi labu hahahha. Indonesia beruntung menjadi rumah bagi banyak suku, sehingga memperkaya khasanah budaya kita. Salam.

Aku kalau labu air sukanya masak pakai santan atau dikari

kalau dikari masak ama ayam atau daging paling enak ya kan?

Hello, I have followed you and got votes on Steemit, be kind enough to follow me. Let's create a great community. Thanks & Best Regards

hi @azzan, greetings...

yes, thank you, you are follow blog for me,

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 59216.84
ETH 2526.42
USDT 1.00
SBD 2.52