Ingin menjadi Seorang Steemian Sukses? Hindari Marah dan Jangan Suka Berkelahi

in #promo-steem6 years ago (edited)

Orang yang berkelahi, menurut Les Giblin, hanya menginginkan satu hal -- Sebuah perkelahian. Teknik yang lebih baik untuk menangani mereka adalah menolak berkelahi dengan mereka. Mereka lalu akan gelisah, menggerutu, dan kemudian kelihatan bodoh.

kelahi1.jpeg
Photo Primbonku

Banyak alasan orang berkelahi atau bertengkar, tetapi alasan utamanya adalah karena seseorang marah dengan yang lainnya. Kemarahan adalah pangkal perkelahian.

Dalam pepatah Aceh, saya menemukan satu idiom dari orang tua saya dulu, yang sangat saya ingat hingga kini, “Asai cabok dari kudee, asai pake dari seunda” (Asal borok dari kudis, asal tengkar dari senda – dengan si pemarah).

Karnanya almarhum orang tua saya, sangat menganjurkan semua anaknya agar meredam marah, sabar menghadapi situasi apapun, dan jangan bersenda dengan pemarah.

kelahi2.jpeg
Photo Okezone

Banyak steemian sukses yang saya tahu dan mereka sering menasehati saya agar tidak melakukan postingan-postingan di grpup whatsapp yang dapat memanicing keramaian (kemarahan).

Salah satunya dokter @razack-pulo, yang menyarankan saya, “Bang jangan ikut dalam konflik mereka (yang sedang marah)” anjurnya beberapa waktu lalu. “Always be positive, bang @jkfarza :)” sarannya via salahsatu komentar di postingan saya.

kelahi3.jpeg
Photo Mobil123

Steemian cantik @mariska.lubis dalam postingan saya sebelumnya, menganjurkan saya agar, banyaklah bergaul saja dengan banyak steemian. Jangan pelit untuk mengunjungi dan berikan komentar pada postingan orang, jangan membatasi diri pada kelompok sendiri saja. “Pokoknya ramah saja dan jangan terlibat intrik,” ujar Mariska, Kurator OCD Indonesia itu.

Seorang Steem Ambassador Indonesia @rismanrachman dengan sangat keras menasihati saya dengan sebutan, “bek bagah spaning, bek bagah meurajuk”. Mengapa ia menyarankan jangan mudah marah dan jangan suka merajuk? Karna marah dan merajuk sifatnya sama, menciptakan energi negatif yang berbahaya bagi kesehatan dan kebahagiaan. Dan ini juga bisa menularkan virus negatif bagi makhluk sekitar.

kelahi5.jpeg
Photo Wartakota

Pernah baca postingan saya sebelumnya, berjudul “Marah Dulu Malu Kemudian” ada kata-kata bijak dari seorang filsuf besar, Aristoteles? *”Siapa saja bisa marah. Marah itu mudah. Tetapi, marah kepada orang yang tepat, dengan derajat kemarahan yang tepat, pada saat yang tepat, untuk tujuan yang tepat, dengan cara yang tepat, ini tidak mudah.”
https://steemit.com/indonesia/@jkfarza/marah-dulu-malu-kemudian

Marah pangkal Perkelahian
Marah Pangkal Kegagalan

Steemian semua, terutama para anak-anakmuda yang mungkin masih bisa saya nasehati, pernyataan Les Giblin layak kita dengar, dan menganggap itu sebagai nasihat orangtua kita buat kita semua. “Orang berkelahi, hanya menginginkan satu hal -- Sebuah perkelahian. Teknik yang lebih baik untuk menangani mereka adalah menolak berkelahi dengan mereka. Mereka lalu akan gelisah, menggerutu, dan kemudian kelihatan bodoh”

kelahir4.jpeg
Photo Tribunnews

Agar kita terlihat pandai dan orang suka berkelahi terlihat bodoh, ayo kita hindari mereka. Kurangi berinteraksi dengan mereka dan mari tidak intens menjawab mereka dalam perbincangan group-group whatsapp.

Sebagai gantinya, mari posting jawaban-jawaban positif, postingan yang mengandung nilai jenaka boleh, karna ini bisa mengurangi kemarahan. Yang paling penting, jangan layani mereka yang kadang memang suka memancing di air keruh komunikasi antar kita.

Para steemian sukses adalah stemian yang sabar menjalani proses, follow the stemian sukses dan mau terus berpikir, bercakap, bertindak, dan menulis postingan-postingan positif untuk menularkan energi postif buat kita semua.

kelahi6.jpeg
Photo Daum

Marah pangkal Perkelahian. Marah Pangkal Kegagalan. Kita steemian bukan golongan orang-orang pemarah, kita bukan golongan orang-orang yang gagal, kita adalah golongan orang-orang sukses, karena salahsatu tujuan steemit dibuat, bagaimana membuat kita semua sukses, bahagia tetapi tetap jenaka.

15DFA8FE-E860-4FC2-A86E-FF214957B921.jpeg

With❤Love, JKF

Sort:  

Setuju sekali
Yg saya lihat, banyak orang siap di puji dan di sanjung2, tp tidak siap di kritik atau menerima perbedaan.
Hidup paduan suara :)

Stay cool selalu dan kembangkan potensi lebih baik.

💪💪💪

Semua potensi yang kita punya akan hancur jika kita suka berkelahi dan Pemarah ya kan neng @anggreklestari 😊

Yup benar sekali.
Jadi jangan pernah mau terlibat konflik apalagi konfliknya hanya berisi kemarahan ego

Malu sekali ya kan, malu pada orang orang, malu juga pada diri sendiri 😊

Orang sehat selalu mengalah pada situasi tegang, karna situasi tegang merupakan lingkungan yang tidak steril banyak virus-virus kejiwaan yang rawan. Mengganggu akal sehat kita,
Maka jadilah orang cerdas yang mampu melawan hadangan virus karna memiliki imun yang tinggi.
Saya lampirkan juga pepatah Aceh," bek meu ayang ngon ureng bingkeng, bek menchukheng menyoe golom tenang jiwa".

Wah, dapat pejaran baru saya @bennpoelem, lama sekali saya ga dengar pepatah ini. Izin saya copy ya? Thanks sudah care pada postinganku, salam damai yang indah

Salam always abang

Damai itu indah... Keeo calm aja pokoknya dan berpositif think

Damai indah, asal kita menikmati dengan enjoy ya kan? Sedap.

Always be keep calm. Orang semakin sabar semakin dihormati.

Sepakat bgt ama isinya. Mantap. Damai itu indah

Damai itu bukan saja indah, tetapi juga memberi kedamaian. wajah yang tersenyum selalu indah dipandang daripada muka yang marah atau cemberut, begitu kan @puanswarnabumi

Maka dan oleh sebab itu, di Cangkir Sembilan selalu tersedia timun serut, racikan dari leluhur Aceh untuk menyurutkan amarah...

Pesan Abang itu Renk, semoga ente bisa ajak kawan2 kompak. Asli hana guna meurajuk, cepat bingkeng, marah-marah dan nyindir sana sini. Asyik-asyik sajalah. Minimal, bisa ketemu di warung sambil diam-diam posting di steemit. Lepas saja broen di facebook bila hati sedang suntuk. Setelah itu minum timun sirup timun 🥤

Saya dahulu sering marah. Dan akhirnya sering malu. Tiada yang asyik dari sebuah kemarahan. Meskipun demikian, saya juga kadang tidak bisa menahan diri. Saya pun berusaha untuk menjaga. Kadang bisa bang. Kadang meledak-ledak juga. Mengontrol marah sungguh berat.

Stay cool and stand back in Steemit Jakarta!

Kemarahan itu menguras energi dan tidak produktif. Perkelahian hanya membuat kedua pihak babak belur. Tak ada untungnya. Setuju sekali pada tulisan ini. Tabik

Coin Marketplace

STEEM 0.27
TRX 0.11
JST 0.031
BTC 68853.42
ETH 3708.63
USDT 1.00
SBD 3.65