Rateb Yang Hilang

in #poetry6 years ago (edited)

image
RATEB YANG HILANG

Mengenang nyanyian ibuku
Yang telah lenyap di jemput ilahi

La ilahaillallah sinyak lon beumeutuah
Metuah gaki di jak bak buet
Meutuah ie’tiekeut temang syiruga

Orang tua mana yang mengingatnya
Memori merek apa yang mampu menyimpannya
Syair yang tidak pernah dikenal siapa penciptanya
Syair yang tak pernah menyentuh dapur rekaman
Itulah cerita kini

Mama…….
Aku rindu senandung itu
Yang telah lenyap di lahap rayap keangkuhan
Yang telah hilang disapu zaman
Harusnya aku tak bangga
Harusnya naluri ini berontak

Lhah…h…
Kenapa harus aku
Aku seorang bocah tersesat
Sesat untuk mengerti etika
Sesat untuk bertingkah
Sesat untuk berkata pada mereka
Pada mereka
Ingatlah aku
Didiklah aku
Jangan mengejar duniamu saja
Akulah investasi pahala jariahmu

image

Aku layaknya jiwa yang terlantar
Jika ingin kusalahkan
Siapa yang salah?
Apakah si buruh didik?
Atau si buruh kitab?
Tidak siapapun
Tidak juga aku
Tapi bagi jiwa yang merasa…… sadarlah!!!
Sadarlah!!!!
Kami anakmu, anak negri
Bukan boneka yang dapat kau jadikan
Sesajen pelangkap hidup

Barilah sedetik waktumu
Untuk bersenda gurau tentang hidup
untuk menanam cinta di watak ku
Untuk ku rebah di pangkuanmu
Untuk ku hirup aroma tubuhmu
Mendengarkan nyair itu lagi
Syair syarat cinta dan doa

Dan….
Laila haillallah…..
Shafira lon beumeutuah
Meutuah jaroe mita razeki
Meutuah gaki tameng syiruga

Jeuram, 11 november 2013

Mate Aneuk Meupat Jirat.
Gadoh Adat Hana Pat Tamita.

Sort:  

Mantap ,lanjutkan, cantiiiik!

Terima Kasih 😆😆

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.029
BTC 66239.71
ETH 3448.83
USDT 1.00
SBD 2.61