Puisi tentang Tahun Baru

in #poetry7 years ago

unnamed (2).jpg

Tahun baru, tak harus puisi baru. Seperti juga tak harus punya sepeda baru, motor baru, mobil baru, sampai rumah baru. Juga tak perlu isteri baru atau kekasih baru, haha....

Puisi saya berikut ini adalah puisi (agak) lama, saya tulis pada 1-2 Januari 2017. Sebetulnya masih terhitung baru sih. Tapi tidak baru banget. Saya lupa puisi ini pernah saya publikasikan di mana.

Oke, mari nikmati saja puisi saya ini.

Mustafa Ismail
TEROMPET

aku telah membuang bunyi-bunyian itu
jauh sebelum kau menulis daftar menu untuk tahun baru:

  tusuk sate, pentas dangdut, suite room, sepatu, 
                      dasi kupu-kupu juga kekasih baru.

namamu ada di balik dompet
terlipat bersama uang lecek kembalian dari tukang ikan:

  saling berbalas senyum dengan para pahlawan
                     yang kau kenal tadi siang

dari jauh sepasukan berkuda menyerbu ke utara
seperti mengejar musuh yang celaka:

 darah menetes dari puisi-puisi yang kesepian
                   memerahkan sepanjang jalan.

Depok, 1-2 Januari 2017

Ada komentar atau ulasan? Silakan ya. Bagi komentar yang saya anggap terbaik akan saya hadiahkan ebook puisi saya (pernah terbit jadi buku beberapa tahun lalu) berjudul "Tarian Cermin". ***

FOTO: saya membaca puisi dalam sebuah acara di Kudus, Jawa Tengah. Sumber foto: seputarkudus.com

#puisi #puisiMI #poetry #literary #sastra #sastraindonesia #tahunbaru #tahunbaru2018

Sort:  

Sesuatu yang lazim muncul dalam kegiatan di awal tahun. Meskipun tukang ikan pasti malas berlayar demi melepaskan penat, merasakan keriuhan setahun sekali : kembang api dan pesta musik.

Ya benar. Keriuhan, yang oleh Barthes, disebut sebagai mitos-mitos kapitalisme. Momentum dibikin dan "dimanipulasi" dengan citra tertentu untuk kepentingan para pemilik modal alias industri. Pertanyaannya: bagaimana cara agar kita tak terjebak dalam mitos itu sekaligus masih tetap bergembira? Sebetulnya yang kita ekspresikan hanya kegembiraan.

Kok jadi serius, padahal tahun baru sendiri itu rileks hehe....

Makasih pak tab. Salam

Mantap. Sudah saya vote haha

Tunggu nanti ditraktir baca puisi ya haha....

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 60841.72
ETH 2603.92
USDT 1.00
SBD 2.56