Foto Pesona Bandara Sepinggan

in #photography7 years ago (edited)

image

STEMIANS, kali ini saya mengunjungi Balikpapan, Kalimantan Timur. Saya tiba pukul 17.00 WITA. Sebelumnya saya berangkat via Bandara Internasional Kuala Namu, Sumatera Utara, transit Sukarno-Hatta, Jakarta terus mendarat dengan mulus di Bandara Sepinggan Balikpapan.


image
Saya mendengar nama Sepinggan pertama kali ketika musim haji, tepatnya saat saya kelas dua sekolah dasar. Salah satu embarkasi pemberangkatan haji ya bandara ini. Sehingga, ketika penyiara RRI Jakarta melaporkan info haji, bandara ini kerap disebut.


image
Saya juga masih mengingat nama Sepinggan. Bukan nama baru bandara itu. Nama barunya Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan. Menurut supir grab yang membawa saya berkeliling, sepinggan-diambil dari kosakata suku Paser-suku lokal asli Balikpapan. Artinya piringan besar. Kurang lebih makna filosofisnya piringan besar untuk tempat makan bersama seluruh masyarakat.


image
Posisi bandara internasional itu bersisian dengan bandara lama. Artinya ini hanya perluasan saja. Sultan Aji Muhammad yang ditabalkan namanya menjadi bandara itu adalah raja atau Sultan Kutai Kartanegara ke 18.


image

Dikenal dengan gelar Sri Paduka Sultan Aji Muhammad Sulaiman Al Adil Khalifatul Mu’minim bin Aji Muhammad Salehuddin. Diangkat menjadi sultan pada 19 Oktober 1850. Nah, ayuk lihat sudut-sudut bandara ini. Lihat lah foto-fotonya.

Salam

Sort:  

postingan menarik kanda.. good jobs

Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan meraih peringkat 6 terbaik dunia dalam hal layanan penumpang, pada 2016.. Keren

Luar biasa sekali bg @masriadi padahal bg mengingat bandara tersebut saat sekolah dasar kelas 2, akan tetapi bg sudah pergi ke tempat tersebut. Semoga ke depannya saya juga bisa mengunjungi tempat tersebut. Salam kenal dan juga salam komunitas steemit indonesia

semoga bisa ke bandara bandara laennya. selamat bergabung di platform ini

Terimakasih bg @masriadi. Amin yarabbal alamin. Saya senang bisa berkenalan dengan bg @masriadi

Saya belum pernah ke Balikpapan, selamat bagi yang sudah. Jangan lupa oleh-oleh khas Balikpapan @masriadi.

Di sana sudah pakai bahasa daerah juga nggak untuk pengumuman2?

aku blm dengar pengumuman selama dua hari di sini hehee

Mantap that guree...bek tuwo follback beuh? :D

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.11
JST 0.034
BTC 66272.75
ETH 3183.00
USDT 1.00
SBD 4.09