Kelakuan Zikir Tahlil Tarekat al-habib abdullah al-haddad

Para steemian yang di muliakan Allah SWT...

Malam ini saya akan berbagi kajian pengajian dengan waled darlin tentang kelakuan zikir tahlil tarekat al-habib abdullah al-haddah, kajian malam ini lanjutan dari kajian malam minggu kemaren.

image

Jenis tarekat ada banyak namun Aceh sudah masyhur 3 macam tarikat : 1. Tarekat haddad, 2.Tarekat Naqsyabandiyah 3) Tarekat Qadiriyah.

Malam ini masih mengkaji tarekat haddad, salah satu hikmah membiasakan tahlilan tarekat haddad adalah sebagai wadah mendekatkan diri pada Allah SWT dan sebagai obat rohani/ menenangkan jiwa,

Cara baca atau kelakuan zikir tahlil tarikat alhabib abdullah al-haddat, " lailahaillallah " :

  1. Berwuduk,
  2. Duduk di tempat suci menghadap kliblat,
  3. Mengucapkan istigfar "altagfirulahala'dhim allazhi lailahaillahuwal khaiyul kaiyumu waatubu ilaih" 10 x.
  4. Membaca selawat "allahumma shalli'ala saiyidina muhammadiuwwa'ala alihiwashahbihi washallim" 10 x.
  5. Diam sejenak menghening, lalu hadhirkan gurunya tarekat, seolah olah ada gurunya di hadapan kita. Bila gurunya sudah dapat dihadirkan lalu berdo'a "ya allah berkat guru lonnyo bemutumong keulon kebaikan dan kekuatan lahir batin" ( ya Allah berkat guru saya ini berikan kepada saya kebaikan dan kekuatan lahir- batin). Lalu hadhirkan Allah, Allah, Allah di dalam hati
  6. Bila sudah bisa menghadhirkan allah dalam hati, bari mulai membaca " Lailahaillallah" hadhirkan maknanya yaitu tiada tuhan selain Allah, terus di baca sampai lazat, maksudnya hanya allah yang tersirat dalam hati, tidak ada goresan lain sedikitpun dalam hati.

image

image

Ada kata bijak dapat saya kutip malam ini "
Angen barat jipot laju angen timu sego saho menyo hanjut tabut nahu jak bak tengku jak but jawo".

Baik sampai disini dulu, lain kali kita lanjutkan semoga ada manfaat terutama bagi saya dan juga anda yang kiranya suka dengan posting ini.

Titip salam buat @aiqabrago, dkk dan tolong masukkan saya dalam @Komunitas Steemit Aceh agar saya tidak kesepian, saya suka dan bahagia bisa saling berbagi di @steemit.com

Terimakasih
By. @baktiarsejahtera

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 64814.42
ETH 3450.94
USDT 1.00
SBD 2.52