Sama rasa, tapi sama-sama suka ga?

20180131_144208.jpg
Berhubung di post pertama saya bilang saya masih kelas 3 SMA, mungkin kali ini saya ingin bahas sistem pendidikan saat ini.

Saya punya hobi, yang artinya saya punya sesuatu yang saya sukai. Oleh karena itu, saya juga punya mata pelajaran yang saya sukai dan ada juga yang kurang saya sukai. Namun sistem pendidikan saat ini adalah mempelajari banyak ilmu, minimal mengenai dasar-dasar dari ilmu tersebut.

Di suatu sisi dari sistem seperti ini adalah di saat pelajar ingin mendalami sebuah ilmu, mereka sudah mengetahui dasar-dasar dari ilmu tersebut. Hal ini dapat memudahkan pelajar mendalami ilmu tersebut karena mereka hanya tinggal melanjutkan apa yang telah dipelajari (atau mungkin membahas sekilas apa yang telah dipelajari di awal).

Sementara di sisi lain, mempelajari banyak ilmu di saat pelajar tidak menginginkannya adalah sebuah pemborosan waktu. Mengapa? Karena mereka menghabiskan waktu untuk melakukan apa yang mereka tidak mau lakukan yaitu mempelajari ilmu yang tidak mereka sukai. Selain itu, mungkin saja waktu mereka untuk mendalami sebuah ilmu yang mereka sukai itu menjadi terbatas/berkurang.

Jadi sebenarnya sebuah sistem pastilah memiliki kekurangan dan kelebihan, hal tersebut hanya bisa dirasakan langsung oleh mereka yang menjalani sistem tersebut. Oleh karena itu, baik atau buruknya suatu sistem ditentukan oleh mereka sendiri, alias "Itu semua kembali ke diri sendiri". Hanya saja ada orang yang bisa merubah, menjalani, atau membuat suatu sistem.

Demikian pembahasan saya tentang sistem pendidikan saat ini. Saya harap tulisan ini dapat membuka wawasan lebih luas lagi.

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 58503.45
ETH 2594.59
USDT 1.00
SBD 2.45