Hari ke-2 ; Materi KPM yang Luar Biasa

in #pembekalankpm7 years ago (edited)

Luar biasa !!! Begitulah kata yang tepat untuk menggambarkan ekspresi saya setelah selesai mengikuti Pembekalan Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM). Dan hasilnya WOW, sangat bermanfaat ilmunya untuk saya dan teman-teman yang nantinya akan melakukan KPM di Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

image

Hari ini adalah hari ke-2 Pembekalan KPM yang dilaksanakan oleh kampus STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya. Pada hari pertama sebelumnya kami sudah dibekali dengan beberapa materi yakni; Manajemen TPA, Ke-Islaman dan Kemuhamadiyahan, Kearifan Lokal serta Teknik Penulisan Laporan Akhir. Dan pada hari ke-2 ini juga tidak kalah hebatnya dengan hari pertama. Dengan Pemateri yang luar biasa Ibu Afrida Purnama, S.Sos. Beliau mampu membakar forum untuk aktif dalam diskusi Kewirausahaan dan Pemberdayaan Perempuan. Kenapa diskusi tentang itu ? Karena materi pembekalan KPM hari ke-2 ini mengangkat tema tentang Kewirausahaan dan Pemberdayaan Perempuan.

image

Selanjutnya, saya ingin bercerita sedikit tentang yang saya rasakan di hari ke-2 ini. Awalnya saya sempat berpikir bahwa materi Pemberdayaan Perempuan tersebut tidak layak diikuti bagi kami para Mahasiswa "Ah, saya kan laki-laki, buat apa saya ikuti materi Pemberdayaan Perempuan ini ? Toh tidak penting-penting amat bagi saya." Begitu lah yang ada dalam pikiran saya saat itu.

Tapi, selama saya mengikutinya dan mencoba memahaminya maka disitulah saya merasa bahwa materi ini bukan hanya perempuan saja yang berhak tahu, akan tetapi laki-laki pun wajib tahu tentang pemberdayaan perempuan ini. Karena pada suatu hari nanti laki-laki juga akan memimpin perempuannya dalam bingkai rumah tangga. Hehe ga apa-apa ya sedikit lebay. Tak kenal maka tak sayang, begitu juga dengan materi KPM pada hari ke-2 ini. Terkadang kebanyakan dari kita hanya menilai dari tampilan luarnya saja tanpa terlebih dulu mengetahui manfaat-manfaatnya. Padahal sudah tentu, banyak sekali manfaatnya jika kita kaji secara positif.

Pesan saya untuk adik-adik Mahasiswa generasi mendatang "Jika nanti kalian ada Pembekalan KPM dan disitu ada materi yang tidak kalian sukai, maka ikuti saja sampai selesai karena apa yang kalian tidak sukai itu insyaAllah bermanfaat untuk kalian nantinya".

image

Pembekalan KPM STIT Muhammadiyah Aceh Barat Daya hari ini berakhir dengan sukses. Banyak ilmu-ilmu baru yang saya dan teman-teman peroleh dari hasil pembekalan selama dua hari tersebut. InsyaAllah doakan saja saya dan teman-teman KPM nantinya bisa menerapkan hasil yang telah kami pelajari saat sampai di Simeulue nanti.

Saya pikir cukup dulu untuk hari ini. Jika ada kesempatan kita akan bertemu lagi di cerita-cerita selanjutnya. Bye bye sahabat stemians, sampai jumpa lagi ya...

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 60704.11
ETH 2452.38
USDT 1.00
SBD 2.62