You are viewing a single comment's thread from:

RE: Konflik dan Mediasi

in #peace6 years ago

Bukan Rahasia

Yang menarik dari interaksi antar manusia adalah bahwa banyak hal mempengaruhi bagaimana seseorang bereaksi terhadap sesuatu. Salah satu yang dominan adalah perasaan.

Penulis novel-novel sukses yang beberapa bukunya telah difilemkan, Oom Orson Scott Cards pernah menulis dalam sebuah buku motivasinya, "Setiap orang menjadi orang yang berbeda saat menghadapi orang-orang yang berbeda." Dan itu mungkin sekali dipengaruhi oleh perasaan yang terjalin dalam bentuk hubungan emosional antar pihak-pihak yang terlibat.

Misal begini: kata-kata "Kamu penipu!" akan dianggap sebagai gestur cari-cari perkara ketika itu diucapkan oleh seseorang yang tidak akrab atau lebih parahnya, tidak disukai, tapi jika itu diucapkan oleh seseorang yang disenangi, itu menjadi guyonan yang menggelikan.

Tetapi, perasaan adalah sesuatu bagian yang melekat pada setiap manusia, tak bisa dihilangkan, hanya bisa dikendalikan. Benci dan cinta, kalau tak dikendalikan, sama-sama berpotensi menyebabkan kebutaan. Tapi, menjadi buta bukanlah hal terburuk, melainkan menemukan kenikmatan dalam kebutaan. Dan saya telah menemukan tidak sedikit orang yang demikian. Sangat mungkin juga bahwa saya bagian dari orang-orang buta itu dengan kebutaan spesifik yang menyebabkan saya tak bisa melihat kenyataan bahwa saya sedang buta.

Kembali ke laptop, jadi, menurut saya, memang besar porsi benarnya pada pendapat bahwa tingkat kecerdasan sangat dipengaruhi oleh tingkat kestabilan emosi. Saya tidak bisa menjelaskannya tapi saya percaya itu begitu dalam kadar segitu.

Sort:  

hahahaha ... seb bereh lagou ... pokok jih asai na konflik akan na mediasi .. dan menurut

Mediasi bukanlah sesuatu yang otomatis. Mediasi itu sebuah upaya.

Betul .. upaya mediasi ini hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang berjiwa besar .. karena yamg mereka mediasi tentunya juga masalah besar

Dan lebih besar kans berhasilnya kalau ketiga pihak masing-masing bisa meraup untungnya, sebagai imbalan bagi pengorbanan-pengorbanan mereka. Sang meunan. Hehe.

Benar ... mundur selangkah .. untuk maju beribu langkah ..

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 57393.77
ETH 2439.11
USDT 1.00
SBD 2.33