Olah Raga Tidak Akan Membunuhmu

in #olahraga6 years ago (edited)

Sobat steemians, pentingnya berolahraga kadang baru kita sadari sewaktu sakit, atau saat sembuh dari suatu kecelakaan. Padahal olah raga amat penting lo bagi kesehatan bahkan dia menjadi kebutuhan bagi tubuh kita.

Olahraga yang biasa saya lakukan adalah bersepeda. Belakangan saya lebih suka sepeda statis. Berolahraga memberikan "stress" yang baik untuk tubuh. Iya, karena olahraga adalah salah satu jenis stress yang baik di mana tubuh kita memperoleh latihan untuk menghadapi kondisi sulit. Berdasarkan sport science, olahraga baru bermanfaat saat dilakukan 20 menit atau lebih.

Olahraga seperti sepeda bermanfaat untuk pernafasan, alias aerobik. Konon, kemampuan meraih oksigen akan lebih baik dua kali lipat saat kita bersepeda.

Beberapa tahun yang lalu, saya menikmati hobi saya bersepeda mengelilingi persawahan. Yang terdekat adalah lokasi di belakang rumah saya sendiri yang masih banyak ditemukan persawahan. Sayangnya, saat ini sudah banyak dibangun perumahan.

Rute terjauh yang pernah saya tempuh adalah dari rumah saya di seputaran Beurawe menuju ke Lambaro, Aceh Besar - PDAM Tirta Montala - Jembatan Ilie - Jembatan Lamreueng. Awalnya teman saya, Andi, yang mengajak serta. Lalu di hari yang lain saya mencoba melalui rute itu sendiri.

Rute favorit saya adalah bersepeda ke Pantai Ulee Lheue. Waktu itu, udaranya relatif masih bersih. Apalagi semilir angin laut, semriwing rasanya.

Biasanya saya mempersiapkan helm dan masker, lalu tumbler. Kadang agak sedikit lebai jg, saya memakai semacam rompi anti masuk angin. Hehe. Asyiknya sepedaan, kita bisa mampir ke warung kopi bila lelah. Tubuh pun terasa lebih bugar bila sering berolahraga.

Di samping olahraga yang bermanfaat untuk pernafasan, ada pula olahraga yang bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan, ketangkasan ataupun daya tahan. Umumnya sebelum melakukan gerakan inti olah raga, sebaiknya didahului dengan pemanasan dan sebagai penutup ada pendinginan.

Jika punya riwayat penyakit kronis, sebaiknya diskusikan terlebih dahulu dengan dokter jenis olahraga apa yang dapat sesuai untuk kamu.

Sekian Steemians. Artikel ini juga sebagai pengingat buat diri saya sendiri, hehe. Semoga bermanfaat dan salam olahraga.

Sport doesn't kill you!

Sort:  

Hai, hello @azharpenulis! Kami telah upvote ya..

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 60808.77
ETH 3368.54
USDT 1.00
SBD 2.47