KESETIAAN SEPASANG KATAK : LAKONAN YANG JARANG TERLIHAT

in #nature7 years ago

Selamat malam sahabat steemit. Keganjilan atau hal unik terkadang bisa kita temukan di tempat yang tak terduga, karena setiap makluk ciptaaNya punya keunikan tersendiri. Wajar saja, karena sudah menjadi sebuah kodrat yang harus mereka jalani. Sementara kita manusia tentu berbeda dan beradab. Kali ini saya ingin memposting dua makluk Tuhan yang memilih tempat tersembunyi untuk meneteskan telurnya bersama pasangannya di dinding sumur. Kesetiaan yang patut ditiru. Kasarnya, boleh kita bilang sekali dayung dua pulau terlampaui. Saya rasa ini momen yang sangat langka kita temui, ketika saya sedang memetik daun ubi di belakang rumah, saya melihat sepasang katak sedang masyuk tergantung di tali timba. Di bawahnya terdapat sebongkah buih yang akhirnya saya tahu bahwa si betina sedang mengeluarkan telur. Saya tidak harus menyebutkan yang mana betina dan jantan karena sudah jelas terlihat dari ekpresi mereka yang menggemaskan itu.

IMG-20170726-WA0008.jpg

Pandangan ini membuatku tersenyum sendiri sekaligus merasa berdosa karena sudah menyebarkan aib mereka. Tapi, niat saya baik, saya hanya ingin berbagi tentang proses perkawinan dan penetasan telur. Semoga Tuhan mengampuni saya. Baiklah dalam ilmu biologi, katak merupakan jenis ampibi yang hidup di air dan daratan jenis katak hutan yang lain menitipkan telurnya di punggung katak jantan yang lembap, seperti di dinding sumur atau di tempat-tempat yang berlumut. Sekali bertelur katak bisa menghasilkan 5000-20000 telur, tergantung dari kualitas induk dan berlangsung sebanyak tiga kali dalam setahun.

IMG-20170726-WA0006.jpg

Pembuahan pada katak/kodok dilakukan di luar tubuh. Katak jantan akan melekat di punggung betinanya dan memeluk erat ketiak si betina dari belakang. Sambil memegang erat pada pegangan, kaki belakang katak jantan akan memijat perut katak betina dan merangsang pengeluaran telur yang berbentuk sarang buih seperti di gambar. Yang menarik bagi saya adalah katak jantan yang memiliki insting sangat sensitif kepada pasangannya. Jantan dengan rela menemani di saat katak betina menetaskan telurnya. Instingnya boleh dibilang mengagumkan.

IMG-20170726-WA0007.jpg

Lihatlah perjuangan mereka yang begitu mendebarkan, dengan seutas tali mereka bertekad menggantung tanpa ada kekwatiran jatuh ke permukaan persis seperti lakon Leanardo Decaprio dan Kate Winslet di pilem Titanic. Melihat aksi mereka tak sadar aku telah memotretnya, bahkan mereka mengabaikan sorotan kamera yang kian mendekat. Memang benar, kegentingan terkadang mengabaikan urusan orang lain. Sekian!

" Love and loyalty belong to all creatures"

Thank For A Visit.

All My Best Regard @abduhawab

Sort:  

Hi friend, very good !!!!!
You would help me with a vote in my post., Thanks !!! ;)

wih kodok nya lagi ngapain tu bg @abduhawab :D

hehe..gi bantu pasangannya melahirkan @jodipamungkas

kaya di sinetron-sinetron ya bg @abduhawab hahaha

mohon maaf bang katak bisa setia kenapa manusia ngga

aduh gak tau juga hehe

wow..nice captured...excellent shot..up & rs

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.13
JST 0.027
BTC 59514.13
ETH 2652.65
USDT 1.00
SBD 2.42