TAUBAT DARI PLAGIAT !

in #music6 years ago

Saya sangat gemar menulis lirik-lirik lagu, Comedi genre kesukaan ku. Aku sangat sering mengubah lirik-lirik lagu yang sedang hits atau yang lagi menduduki peringkat viral ke dalam bentuk comedi. Banyak sekali lagu-lagu yang sudah saya ubah liriknya ke dalam bahasa aceh dan kemudian saya apload ke sosial media, baik itu lagu dari luar, maupun dalam negeri.

Banyak yang sudah saya dapat dari mengubah lirik lagu orang lain menjadi lagu comedi atau yang sering kita sebut dengan kata aransemen. Mendapat keuntungan besar sudah biasa saya dapatkan dari hal itu.

image

Kemudian pada suatu saat, saya merasakan seperti ada sedikit kejanggalan dengan apa yang sudah saya lakukan. Dan saya berfikir, apakah kejanggalan itu. Padahal menurut saya, apa yang sudah saya lakukan itu sudah benar, sedikit mengubah, kemudian saya mendapatkan keuntungan yang relatif besar.

Lalu berselang hari, aku mulai berfikir, dengan mengubah lirik lagu orang saja aku bisa mendapatkan keuntungan yang relatif besar, kenapa aku tidak buat lagu sendiri saja(original), otomatis pasti aku akan mendapatkan keuntungan yang jauh lebih besar dari sebelumnya. Dan pada saat itulah saya mulai mencoba untuk menciptakan lagu sendiri.

image

Dan ternyata apa yang aku rasakan disaat proses pembuatan lagu ? Aku bagaikan debu didalam tinta hitam, tak tau kemana arah yang yang harus aku lihat, semua sudut pandang gelap, bagaikan terperangkap ditengah lautan luas, tak tau harus kemana harus ku tuju. Aku sangat kualahan untuk membuat sebuah lagu. Bahkan satu bait irama pun tak mampu untuk ku ciptakan.

Dan pada akhirnya saya berfikir, ternyata untuk menghasilkan satu karya yang baik itu sangatlah susah, tak mudah, tidak semua orang mampu melakukan hal tersebut. Lalu bagaimana dengan karya-karya orang lain yang sudah aku plagiatkan? Dan aku meraup keuntungan besar melalui karya meraka. Dan disitulah aku mulai merasakan bahwa, akulah orang yang paling berdausa, aku sudah mencuri, merusak karya orang lain demi kepentingan pribadiku sendiri. Aku telah meraup keuntungan dari karya orang lain.

image

Ternyata menghargai karya orang lain itu sangatlah penting. Janganlah sesekali kita menjadi orang-orang yang mencari keuntungan dari karya orang lain. Menciptakan sebuah karya itu tidaklah mudah, butuh perjuangan, pengorbanan, fikiran dan juga skill. Plagiat, perbuatan yang membuat saya merasa malu, benci pada diri saya sendiri.

Menjadi seorang plagiasi itu tidak kreatif, melainkan merugikan orang lain. Mencari keuntungan dari karya orang lain dengan cara mengubah lirik lagu orang lain saya fikir itu tidak baik. Bayangkan jika kita orang aceh di cap sebagai peseni plagiasi oleh peseni luar, lemah ide, tidak kreatif, jangan dengan perbuatan kita sendiri mencoreng seribu musisi aceh lainnya yang conten nya dalam konsep original.

Demikian, semoga ini menjadi cermin bagi kita semua pecinta seni untuk lebih menghargai karya orang lain. Jangan kita mencuri atau memplagiatkan karya orang lain demi mencari keuntungan pribadi. Teruslah memberi conten yang original, tidak plagiasi.

Sort:  

sebuah perenungan hasil karya. semoga istiqamah brother

nanti engkau akan kangen dngan gunjingan "malei aceh2 laen

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 65762.16
ETH 3485.95
USDT 1.00
SBD 2.50