9 RIBU RUPIAH DAPAT APA?

in #musafirsuntuk6 years ago (edited)

BACKPACKER DADAKAN!

Helo gaes, kali ini gw mo coba ulas dengan duit 9 ribu rupiah lu bisa dapat apa? Pernah kebayang ga kalo dgn modal sgitu lu udah bs mulai melakukan perjalanan dari Jakarta - Labuan bajo.

Gw bukan warga asli Jakarta, gw adalah salah satu dari sekian banyak manusia yg melakukan urbanisasi, gw bocah asal Aceh yg berangkat ke ibukota negara dgn sebuah impian, apalagi kalo bukan berbenah memperbaiki ekonomi.

image

Tapi ditengah perjalanan gw hidup di ibukota, gw mendapatkan pengalaman pait (ntar gw ceritain di tulisan selanjutnya, kalo skrg lu resapi aja dulu tulisan ini) yg akhirnya menuntun gw melakukan perjalanan ke timur Indonesia hingga saat ini, meski bermodal baju sepasang ditubuh, dan uang tak lebih dari 9 rb rupiah.

Dengan tekad dan sedikit kegilaan, akhirnya gw berhasil melakukan perjalanan lebih dari seratus hari untuk mencari lebih banyak pengalaman, edukasi, dan menyelami arti dari kehidupan.

Mulai dari jalan kaki, sampe numpang kendaraan apapun yg bs gw tumpangi, mulai dari truk, motor, bis, kereta, bahkan Ferry hingga gw sampai di Flores, Nusa Tenggara Timur. Semua gw bantai, apapun caranya yg penting bisa nyampe!

image

Perjalanan ini pelan-pelan menuntun gw hidup bersama suku bajo di pulau-pulau dalam kawasan taman nasional komodo, menikmati keindahan alam Sumbawa beserta local wisdomnya, Explore pulau Moyo yg eksotis, pulau Kenawa, Nusa Penida, dan masih banyak lainnya, en yu now? DETS OLL FRI! alias GRATIS TIS TIS!.

Jadi, buat lu semua yg udh baca tulisan gw ini, yg punya keinginan buat menjelajahi negeri kita, apalagi? Ayo bergerak! Karena melakukan perjalanan ga semahal yg lu bayangkan, semua tergantung cara berfikir lu.

Ditunggu rilis bukunya 🤘

Sort:  

Luar biasa brother @cellosht.
9 ribu dapat apa..??

Ditangan orang kreatif mungkin dapat sebuah karya seni bernilai.
Buat yang ngongkow di warung kopi paling dapat segelas es teler / sanger.
Kalo loe yang doyan makan, bisa jadi hanya dapat semangkuk pangsit.

Tapi, ditangan bro @cellosht, bisa dapatkan trip menarik dari Jakarta - Labuhan Bajo.

Keren.. 👍

Wahahaha, bisa aja brader 🙏
Makasih banyak buat supportnya brader ditunggu next story dr gw ye, skalian tips and trik nya 😋

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.13
JST 0.030
BTC 66531.19
ETH 3487.98
USDT 1.00
SBD 2.63