Ayo Bangkit & Cobalah...

in #motivation3 years ago

Screenshot_2021_0305_201547.png

hidup ini memang tidak mudah, tapi tidak sesulit itu. jadi kita melakukan hal-hal yang tidak perlu , tapi sangat besar pengaruhnya pada penggagalan. Kita punya segitiga pendapat, pada satu sisi kita punya pendapat yang tidak sehat tentang diri sendiri yaitu apa ? aku kurang putih ,aku kurang tinggi, aku kurang mancung. aku tidak keren , aku introver. jadi banyak orang menggunakan stempel. stop anda tidak boleh begitu karena itu bukan anda.

Di sisi lain kita berpendapat yang salah tentang orang lain, orang lain lebih beruntung dari pada aku , orang lain lebih keren ,orang lain lebih berbakat, orang lain hidupnya lebih mudah. kelihatannya tuhan tidak adil karena ada yang di lebihkan pada orang lain dan tidak padaku.

Pada sisi yang ke tiga adalah pendapat tentang kehidupan. Ada yang bilang Kehidupan ini hanya mampir minum. dan minumnya hampir 30 tahun, hidup ini hanya sebentar, jerit ku. tetapi sakit dan miskin selama 50 tahun itu sangat lama kan. jadi banyak pendapat-pendapat itu tidak cukup agresif, tidak maju dan tidak mengupayakan.

Nah yang di lakukan oleh orang-orang ini yang memiliki pendapat yang tidak begitu baik tentang dirinya, pendapat yang tidak baik atau terlalu baik bagi orang lain yang dan pendapat tentang kehidupan yang di lihatnya tidak adil, maka dia akan melakukan ,menunda atau menghalangi.

kalau sikap di segitiga ini salah tentang diri sendiri, dia akan lakukan yang tidak penting baginya karena menurutnya yang penting-penting tidak mungkin.

Menunda melakukan sehingga ia akan menua melakukan orang yang kurang tindakannya itu tidak baik karena perubahan kehidupan, rejeki itu mengikuti tindakan.

Kemudian menghalangi, "tidak mau ah"!! . "aku paling sial hari Rabu", aku shio ini jadi tidak boleh begini. Banyak hal yang di halang-halangi . Tuhan kelihatannya melarang aku mencari uang di daerah selatan, hal-hal ini selalu timbul pertanyaan seperti ini: apakah ada orang yang anda yakini tidak berhasil itu akan sukses? apakah ada orang-orang yang kualitas yang jelek dari pada anda akan sukses? jawabannya ada. karena dari tadi anda sudah menggunakan stempel . Bisa di bayangkan kalau kita menikahi orang yang kita stempel, tidak jujur yang sudah kita stempel, maka kehidupan nya hanya mencurigai saja.

Jadi orang-orang yang mempersulit diri sendiri mempunyai prioritas-prioritas yang salah. jadi dia akan mendahulukan yg tidak penting, tetapi dia mengakhirkan yang penting.

Banyak orang yang santai, menunda untuk nanti, banyak mahasiswa yang teringat mengerjakan tugas waktu internet mati, karena game online berhenti, karena browser yg tidak penting berhenti, kenapa ?karena internet mati. dan baru bekerja, padahal pekerjaannya bergantung pada jaringan internet.

Suatu hari saya pernah mengajukan satu pertanyaan kepada ada siswa siswi saya di sekolah. Saya bertanya kepada mereka "siapa diantara kalian yang belum pandai berenang"?? Ternyata banyak yang menunjuk tangan yang berarti yang tunjuk tangan tersebut belum bisa berenang. Saya heran,, lalu saya kembali bertanya kepada mereka,, "kenapa kalian sudah besar tapi belum bisa berenang", lalu mereka menjawab "tidak berani berenang",, "ada yang takut dengan air" dan lain-lain. Saya kembali bertanya , "kenapa kalian takut dengan air,?? apakah penyebab itu kalian tidak mau berenang,"?? Mereka tidak menjawab, mereka tertunduk memandang meja, ada yang memandang lantai , ada juga yang saling berpandang-pandangan.

Lalu saya jelaskan kepada mereka sebuah cerita sederhana , , menceritakan sebuah cerita,, Logikanya seperti ini ,pada saat kalian kecil kira-kira umurnya 5 tahun, apakah kalian sudah bisa membawa sepeda atau mengendarai sepeda,,?? Mereka menjawab "belum bisa mengendarai sepeda". Lalu saya kembali bertanya, "mengapa kalian tidak bisa mengendarai sepeda"?? Mereka tidak tahu jawabannya , kemudian saya lanjutkan cerita saya mengapa kalian tidak atau belum bisa mengendarai sepeda . Yang pertama karena anda belum memiliki sepeda dan yang ke dua ada sepeda tapi tidak ada yang mengajarinya.

Saat itu orang tua Anda membeli sepeda , untuk apa sih di beliin sepeda ?? sebab anda belum bisa menaiki sepeda . Jawabannya adalah supaya Anda bisa mengendarai sepeda itu.. Sepeda yang dibeli adalah sepeda roda dua yang punya roda kecil di sampingnya . Pertama kali mencobanya Anda belum bisa mengayuh sepeda itu, lalu diajari oleh orang tua Anda, diajari oleh kakak anda, saudara anda, kerabat anda, mereka mengajari supaya Anda bisa mengendarai sepeda.

Lalu kembali kepada pertanyaan saya yang awal kenapa anda belum bisa berenang..?!? Karena tidak ada orang yang mengajari Anda berenang , orang tua anda tidak mengajari Anda berenang , saudara anda , keluarga anda , kerabat anda, tidak mengajari Anda. Sudah pasti saat sudah dewasapun Anda belum bisa berenang, jadi kalau anda mau berenang Anda harus pergi ke kolam berenang, ke sungai atau ke laut untuk belajar berenang. Anda harus bisa memotivasi diri anda seperti itu

Kalau sekedar teori dan duduk-duduk saja itu tidak bisa, sama juga seperti orang tua Anda membeli sepeda buat Anda . Lalu Anda tidak mencobanya untuk berlatih, anda takut dan malas,,maka anda tetap tidak bisa. Yang lain juga sama , apakah itu bermusik , berolahraga, belajar menari, memperlajari ilmu fisika , belajar kimia matematika, jika tidak di latih , dan tidak pernah di lihat tentu tidak bisa. Berenang kalau tidak di latih juga tidak akan bisa. Intinya adalah sesuatu itu harus Anda jalani dulu , jangan bilang tidak, jangan malas,, setelah itu anda akan mendapatkan apa yang anda usahakan. Ini berlaku untuk semua aspek kehidupan. Cobalah sesuatu itu, siapa tahu anda akan mendapatkan pengalaman di situ.

Salam @fendie

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.13
JST 0.032
BTC 60793.50
ETH 2910.51
USDT 1.00
SBD 3.59