Bisakah Memotret Bulan Melalui Kamera Ponsel?

in #moon6 years ago

Selamat malam teman-teman. Apakah kalian menikmati Bulan malam ini? Semoga bisa menikmatinya. Nah membahas bulan, sering saya kepikiran untuk mengabadikan bulan melalui kamera ponsel saya. Saat mencobanya, hasilnya penuh debu atau cahaya yang begitu terang, sulit memotret bulan sesuai keinginan saya.

Akhirnya saya pun mengecek berbagai situs untuk mengetahui penyebab sulitnya memotret bulan di kamera ponsel. Hasilnya, jarak bulan dengan bumi sangat jauh, sekitar 360.000 kilometer (wow jarak yang jauh). Hal ini membuat ponsel saya tidak bisa memotret bulan sesuai keinginan saya.

Alasan lainnya, kamera ponsel dibuat hanya untuk mengambil gambar jarak dekat. Berbeda dengan kamera DSLR, kamera mirrorless atau kamera lainnya yang lensanya bisa diganti sesuai kebutuhan. Lantas apa tidak ada cara lain agar bisa memotret bulan dengan kamera ponsel?

Saya pun kembali mengecek berbagai situs yang berkaitan dengan luar angkasa. Hasilnya ada yang menawarkan lensa khusus ponsel, seperti lensa zoom tambahan. Dengan lensa ini, kita bisa memotret bulan lebih jelas. Tapi ingat hanya lebih jelas tidak sebaik kamera lain.

Cara lainnya, memanfaatkan waktu bulan seperti terbitnya bulan atau fenomena bulan (seperti supermoon atau gerhana bulan). Cara ini dapat membuat kita mendapatkan momen saat memotret bulan.

Ada juga menggunakan cara unik yaitu menggabungkan ponsel dengan teleskop. Cara ini dikenal fotografi afocal yaitu pengambilan foto melalui kamera ponsel dengan menggunakan lensa eyepiece teleskop, sehingga membuat teleskop menjadi lensa tele. Namun kembali kepada kita, apakah memiliki teleskop? Saya sendiri tidak memilikinya. Tapi bila ada teman yang memilikinya, kita bisa meminjamnya.

Selanjutnya bila ada teleskop, tinggal memasang adapter khusus ponsel. Hal ini bertujuan agar kamera ponsel tetap fokus terhadap teleskop sehingga kita bisa menyesuaikan foto bulan yang kita inginkan.

Nah bagaimana, apakah sekarang sudah bisa memotret bulan? Semoga tips ini bisa menjawab memotret bulan melalui kamera ponsel. Selamat mencoba

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62837.64
ETH 2542.11
USDT 1.00
SBD 2.65