TRADISI SUATU DAERAH YANG MENYENANGKAN

in #live6 years ago

Hello guys...

Hari ini saya bercerita live aja 👌...
Bicara tentang tradisi pasti kita mengerti dengan kata Adat, dan disetiap kota pasti memiliki adat masing-masing.

Nah hari ini kebetulan ditempat saya singgah yaitu di Jawa Tengah mempunyai suatu adat yang disebut dengan SEDEKAH BUMI / syukuran Hapit.
Hapit itu adalah bulan islam sesudah bulan SYAWAL.

Tentunya saya masih awam dengan nama adat tersebut, bertanyalah saya ke warga-warga disana, Kenapa dinamai SEDEKAH BUMI?
JAWABANNYA katanya sama dengan kita bersyukur atas hasil pangan yang telah kita dapat.

Tradisi adatnya yaitu makan-makan bareng warga sekampung tempatnya dikondisikan sesuai perintah RT, kalau bahasa sundanya BOTRAM 😂 terus mengumpulkan sebagian makanan cemilan sebagai syari'at gt... Tapi saya tidak mengerti akan dibawa kemana makanan tersebut.
IBU-IBU memasak menu masing-masing untuk bisa diicip satu sama lain.
image
image

Dari tradisi tersebut, mengingatkan saya atas pentingnya kebersamaan bersama orang-orang sekitar juga harus selalu bersyukur atas apa yang kita dapat dari Tuhan YME.
image

Begitu serunya saat kita semua makan bareng-bareng, rasa nafsu makan yang tadinya hanya sedikit berubah menjadi banyak.
Begitu lahap kami makan...
Seperti belom makan 3hari saja. 😂😂😂
image

Ok guys...
Cukup sekian yaaaa... Ceritanya...
Dan ingat "JANGAN LUPA UNTUK SELALU BERSYUKUR"

Thank's
@pujinovayanti

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.030
BTC 59181.56
ETH 2521.00
USDT 1.00
SBD 2.47