Wartawan Itu Kerja? (What's a Journalist)

in #life6 years ago

IMG-20180206-WA0014.jpg

Saat senggang menanti liputan, saya terngiang sebuah pertanyaan klasik.
Wartawan itu kerja?
Begitulah sebuah pertanyaan sepele tapi membuat kuping saya bagai disambar petir walaupun geledek.
Saya pun merenung mengapa pertanyaan itu muncul?

Bisa jadi karena pemahaman bahwa kerja itu hanya jadi pegawai negeri atau karyawan bank yang tampilan necis. Kesan hidup susah dan sengsara yang memunculkan pertanyaan seperti di atas.
Saat saya memutuskan menjadi seorang jurnalis-masyarakat lebih mengenal sebagai wartawan- bisa jadi karena melihat jadi wartawan bisa bebas masuk ke mana saja. Atau jadi bantu loncatan saat pekerjaan lain belum ditekuninya.

Bisa jadi juga kesan ini tumbuh. Termasuk yang saya alami. Namun, pembelajaran dan pengalaman yang menentukan apakah kita sudah memilih jalan yang benar. Toh, kehidupan pure begitu saja. Jangan lebih, pendapatan sering minus jika hanya mengandalakan honor berita atau liputan rutin.

Susah memang menerangkan hal ini kepada keluarga. Jangan ingin mengikuti jejak orangtuanya, punya suami atau isteri jurnalis tak pernah mereka bayangkan. Kalau diukur materi itu fakta.

Namun, coba kita perhatikan kepuasan bisa membantu orang lain yang tak bisa dihitung dengan materi. Sebuah upaya dan amal baik akan dicapai. Karena memang jurnalis atau wartawan bagaikan para pengembara yang memilih jalan sepi. Tinggal bertanya, untuk apa kita jadi wartawan?

Sort:  

Wartawan itu kerjanya berkarya, begitu menurut saya, cok sineuk !!

selama mendapatkan penghasilan dengan cara yang bermartabat artinya juga kerja mas,,,salam

Terimakasih atas responnya

Nyan pertanyaan jameun, jinoe pane na pertanyaan lagee nyan lom. Pasti ureung gampong Mak Dek Jannah tanyeng jameun, ken nye? Hahaha

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.030
BTC 58363.73
ETH 2484.43
USDT 1.00
SBD 2.39