Lebaran dan Kebersamaan

in #life6 years ago

bagd0qzyrf.jpg

Makna lebaran adalah merayakan hari kemenangan setelah melalui bulan puasa, dan itu di lakukan dengan keiklasan dan keimanan atas kewajiban kita sebagai umat muslim, sehingga kita menahan lapas, haus dan berbagai tingkah laku yang menyebabkan batalnya puasa.

Selain merayakan hari kemenangan atas bulan itu, di hari lebaran yang di sebut hari raya Idul Fitri kita saling menjalankan silaturahmi dan saling memaafkan, dan itu tandanya kita mengakui kesalahan masing-masing untuk meminta maaf kepada tetangga, saudara dan sesama masyarakat yang ada di lingkungan kita.

Begitu juga dengan keluarga, terutama kepada orang tua kita itu dilakukan di hari pertama lebaran, yang jauh akan kembali ke kampung halamannya yang bertujuan memohon maaf kepada orang tuannya.

Bagi orang tuanya telah tiada maka pada hari pertama atau kedua, kita akan mendatangi kuburannya atau disebut ziarah kubur.

o4yka8n2hg.jpg

Saya pada lebaran pertama menghabiskan waktu di kampung istri, karena kedua orang tua istri saya telah tiada maka di hari kedua saya bersama keluarga di sana melakukan ziarah kubur.

Kenapa tidak pada hari pertama, karena di hari pertama kami harus berkumpul dirumah nenek keluarga istri saya karena acara doa bersama untuk saudara yang telah tiada.

Di hari lebaran ketiga, saya bersama istri dan anak saya pulang ke kampung halaman saya yang berada di Kecamatan Nisam, Kebupaten Aceh Utara.

Hingga hari ini saya dan keluarga saya masih di Nisam, semoga kita semua diampuni dosa setelah menjalani satu bulan penuh puasa, dan secara pribadi dan keluarga, saya memohon maaf kepada semua steemian. minal aidil wal faizin mohon maaf lahir dan batin.

Sort:  

Selamat merayakan lebaran
Mohon maaf lahir dan batin @taministy

Salam kenal 🙂

Looks like you are having fun! Share with us more through eSteem ;)

CREATE YOUR OWN @REVIEWME PROFILE TO START EARNING CREDIBILITY STARS FROM THE COMMUNITY!

You can trade your earned credstars for SBD!

CREATING YOUR PROFILE IS EASY! JUST FOLLOW THE STEPS HERE ☜(ˆ▿ˆc)

Also, don't forget to signup on @dlive - your original videos will be curated and supported by me. 💜

Mohon maaf lahir batin bang,mungken na dosa tanya dua..!!

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 61609.18
ETH 3390.27
USDT 1.00
SBD 2.48