Berbagi Ilmu

in #life6 years ago

Halo Steemians…

Berbagi, tak melulu dengan materi, berbagi bisa dengan tenaga ataupun dengan ilmu yang kita punya. Kalimat ini yang sering aku dengar di beberapa kesempatan, termasuk kesempatan mendapat nasihat dari Almh. Ibu dulu. Mungkin karena sering mendengar yang membuat cukup menempel dipikiranku. Dan bila ada kesempatan, aku selalu dengan senang hati berbagi, terutama berbagi ilmu yang aku tahu.

Happy Sharing 2.jpg

Sekitar tahun 2008 aku mulai konsen belajar yang namanya internet marketing. Memilih untuk konsen belajar sesuatu ini bukan soal mudah, dari awal kuliah aku mencoba banyak hal untuk menemukan mana yang membuatku nyaman. Bisa dibilang apa yang diajarkan diperkuliahan tak membuatku nyaman, maka aku banyak mencari dan belajar ilmu dari luar kampus. Mulai dari ikut seminar, workshop dan berbagai macam kegiatan lain. Intinya aku mendapat wawasan baru dan terupdate, tentunya seputaran dunia komputer, dimana ketertarikanku memang kesana.

Mulai dari tentang jaringan komputer, security, dll aku coba. Bukan asal coba-coba, namun sebisa mungkin aku benar-benar pahami. Hingga bertemulah dengan yang namanya internet marketing. Entah mengapa ilmu yang satu ini begitu memikatku, mungkin karena dari kecil aku banyak melihat kegiatan marketing dari Almh. Ibu. Kupikir, enak juga bisa berjualan melalui media internet.

Beruntungnya aku saat itu, belum banyak yang mengajarkan internet marketing di Semarang. Untuk itu, aku mesti belajar sendiri lewat internet. Mencoba-coba sendiri hingga akhirnya mulai bisa dan mengerti pola-polanya. Untuk lebih paham, aku merasa mesti belajar pada yang telah berpengalaman. Kuputuskan belajar ke Jakarta, tempat dimana saat itu internet marketing sedang ramai dibahas.

Singkat cerita, akupun mengerti tentang internet marketing dan mampu mempraktekkan semua ilmunya dengan baik. Dari pengalaman proses belajar yang tak mudah itulah aku punya keinginan suatu saat bila telah menguasai, aku ingin berbagi ilmu kepada teman-teman yang ingin belajar. Alasannya, seperti yang aku rasakan, di Semarang sulit mencari mentor internet marketing dan kalaupun ada sangat mahal harganya saat itu.

Happy Sharing 3.jpg

Kumulai perjalananku berbagi dari kampus ke kampus, diundang beberapa lembaga bahkan komunitas untuk berbagi. Setiap berbagi ada rasa bahagia yang sulit kuungkapkan, menurutku bukn karna amplop yang aku terima seusai acara, toh ya kebanyakan aku tidak mendapat bahalasan berupa materi. Bahagia ini lebih kepada kepuasan melihat orang lain yang senang karena menjadi mengerti pada hal yang ingin mereka tahu.

Dari situ aku makin menikmati berbagi apa yang aku tahu. Meski ada saja yang menilai aku gila panggung lah..baru bisa sedikit saja sudah cari panggung lah.. Kubiarkan saja mereka dengan apa yang mereka pikirkan. Aku lebih memilih menikmati kebahagiaanku melihat senyum bahagia teman-teman, peserta acara, dll dari atas panggung karena mendapat sesuatu dari apa yang aku sampaikan

Happy Sharing.jpg

Semoga tulisan ini membawa manfaat buat teman-teman semua. Semoga juga persaudaraan Steemians Indonesia terus semakin erat. @curie @aiqabrago @levycore @mariska.lubis @agungpriambodo @patriciadian @mayorita @doyanphotography mari bersama kita kuatkan Steemit Indonesia. Kita saling bantu untuk capai impian kita dan terus mau saling berbagi.

Jabat Erat, Salam Hangat.

Steem PP.jpg

Sort:  

Luar biasa bg, semoga menginspirasi

wuis...yup berbagi tak akan pernah rugi.
hehehhee..
apalagi masalah ilmu yang membagi manfaat untuk banyak orang :D

Bagikan ilmu mu padaku.. :p

Thanks teh... :)

hi @rezaaditia postingan yang berkualitas ini berhasil ditemukan oleh Team kurator OCD!

Balas komentar ini jika Anda bersedia postingan ini untuk dibagikan.Dengan menyutujui hal ini,anda mendapatkan kesempatan untuk menerima reward tambahan dan salah satu gambar dari postingan ini akan kami gunakan dalam kompilasi harian kami.

Ikuti @ocd- untuk mengatahui project kami lebih lanjut dan membaca postingan berkualitas yang lainnya.

Silahkan bila ingin dibagikan, dengan senang hati bila dapat menjadi penyemangat buat teman-teman :)

Keren... Saya suka dengan sahabat yang mau berbagi ilmu. Sukses ya. Salam dari Aceh

sukses juga om.. !!

keren,aku bangga dan iri akan kepintaranmu dalam berkarya,,mudah-mudahan aku bisa mencontoh akan kerja kerasmu.

Semua pasti bisa!

Wah keren sekali..
Berbagi bikin heppy!

betull... berbagi ilmu biar makin nambah ilmunya :D

Keren om, tetap semangat..

sip.. sip..om.. saling berbagi semangat juga :)

siap saya pasti semangat,,😊😊

luar biasa sekali mas, sungguh sangat memotivasi diri saya untuk melakukan hal yang baru, semoga saja saya tidak merasa puas apa yang sudah saya dapat, agar saya bisa tetap konsisten untuk belajar. Terima kasih mas @rezaaditia atas berbagi ilmu dan pengalamannya. Salam hangat ku dari kota Bogor.

Salam hangat.. semoga semangat berbagi kita terus bertumbuh :)

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.028
BTC 64182.86
ETH 3531.12
USDT 1.00
SBD 2.53