Pengalaman Menjala (Menjaring) Ikan

in #life7 years ago

Beberapa waktu yang lalu saya berkunjung ke rumah paman saya yang letaknya di daerah Takengon ,Aceh.Paman saya adalah seorang petani kopi biasanya pagi-pagi sekali ia pergi ke kebun untuk merawat pohon-pohon kopi sampai siang hari.
Ketika beliau pulang dari kebun beliau mengajak saya untuk pergi menjala/menjaring ikan di sungai ,menjala ikan adalah kebiasaan sehari-hari masyarakat Takengon di dekat pinggiran Danau Laut Tawat yang terletak di Bagian Takengon.Tidak lama kemudian saya dan paman sampai pada tempat yang bagus untuk menjala/menjaring ikan .

Ini adalah sungai tempat dimana kami akan memulai menjala ikan ,sebenarnya sungai ini adalah sungai aliran dari Danau Laut Tawar .Danau Laut Tawar adalah terkenal danau yang terkenal di daerah Aceh.di sungai ini terdapat bermacam - macam ikan jenis air tawar seperti Mujair (Tilapia) ,ikan mas(Cyprinus carpio) dan masih banyak ikan jenis air tawar lainnya.
IMG_20170407_095937.jpg

Paman saya telah mempersiapkan jaring/jala yang akan dipakai untuk menankap ikan ,Jala adalah jaring yang terah diberi pemberat seperti timah atau besi agar ketika jala di lempar akan segera tenggelam dengan cepat sehinnga ikan tidak berhasil kabur.setelah mempersiapkan jala beliau mengamati pergerakan ikan yang berada di dalam air .
IMG_20170407_100404.jpg

Ketika ikan telah masuk dalam jangakauan lemparan jala/jaring maka paman saya langsung melempar jala dengan segera.
IMG_20170407_134220.jpg

jalapun telah di lempar
IMG_20170407_134222.jpg

ketika telah di lempar dan tenggelam makan jala/jaringpun di tarik pelan-pelan agar jaring tidak sobek atau pecah sampah atau benda-benda tajam yg berada di dalam air
IMG_20170407_100440.jpg

Beruntung dalam sekali lemparan kami berhasil mendapat beberapa ikan mujair (tilapia)
IMG_20170407_134928.jpg

Setelah mengahabiskan waktu sekitar 1 jam untuk menjala, paman saya memutuskan untuk pulang karena hari sudah mulai turun hujan, Lumayan hari ini kami berhasil menangkap belasan ekor ikan jenis mujair.ini sudah cukup untuk paman bawa pulang dan dijadikan sebagai lauk untuk hari ini .
IMG_20170407_104152.jpg

Sekian dulu pengalaman saya menjala atau menjaring ikan bersama paman di sungai.ini adalah pengalaman yang bagus bisa menyaksikan penangkapan ikan dengan cara tradisional . Semoga bermanfaat :D

Sort:  

hi, follow me and me follow you. thanks you

Coin Marketplace

STEEM 0.29
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 63724.53
ETH 3071.11
USDT 1.00
SBD 3.98