Perjuangan Ku Sebagai Mahasiswa Akhir Yang Penuh Liku-liku

in #life7 years ago (edited)

image
Foto :Acara Pelepasan Mahasiswa KKN di Kantor Camat Blang Bintang @ikhsanpratama

Saya merupakan salah seorang Mahasiswa semester akhir di Universitas Muhamadiyah Aceh, yang mengambil jurusan akuntansi di Fakultas Ekonomi. Seperti banyak terdengar dari kawan-kawan Mahasiwa yang bahwa ketika salah seorang Mahasiswa semester akhir selalu di sibukkan dengan dua hal, yaitu pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) serta Pembuatan skripsi.

Sebelumnya sedikit saya ceritakan, pada Semester tujuh (VII) saya telah mengajukan judul skripsi sebelum pelaksanaan KKN berlagsung, dan Alhamdulillah judul saya pun dalam waktu dekat langsung di terima (ACC) oleh ketua laboratorium akuntansi , dimana ketika itu saya sempat bolak-balik ke ruang Akademik untuk melihat pengumuman penerimaan judul, dengan berharap keluar nama ikhsan (nama saya) dan penuh syukur nama saya pun tertempel di dinding pengumuman bersama 10 nama teman lainnya.

image

Setelah itu, saya langsung membuatnya proposal skripsi, yaitu bab I,II, dan III untuk proses seminar. Namun tak lama berselang waktu pengumuman pelaksanaan KKN itu pun di umumkan, yang bahwa pada tanggal 15 Januari 2018 KKN akan berlangsung, terus terang pikiran saya sungguh kacau balau, sebabnya proposal belum siap, pelaksanaan KKN mau dilangsungkan, walaupun pelaksanaannya masih dalam wilayah Aceh Besar yang masih memungkinkan untuk melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing.

image
Hari ke hari tanggal 15 Januari pun mau saja tiba, apalagi dua hari sebelum tanggal tersebut adanya lagi pembekalan KKN kepada seluruh mahasiswa yang mengikuti nya.

image
Singkat cerita tanggal 15 pun tiba, yang mana saya di tempatkan dalam wilayah kecamatan Blang Bintang, Aceh Besar tepatnya di Desa Cot Mancang. Pagi itu bersama ratusan Mahasiswa berkumpul di halaman kantor Camat Blang Bintang, Aceh Besar untuk melakukan acara seremoni pelepasan oleh pihak Badan Pelaksanaan (Bapel) KKN dan Camat kepada para Geusyik gampong (Desa) yang berada di ruang lingkup Kecamatan Blang Bintang.
image

Setelah acara pelepasan dan diterima oleh Geusyik masing-masing Gampong (Desa) kami di diantarkan ke Desa yang ditetapkan tadi. Berselang dua hari setelah itu, saya bersamaan dengan Anggota kelomlok KKN di Desa Cot Mancang melakukan pertemuan dengan masyarakat setempat, untuk Menjalin silaturahmi.
image

Dalam proses pelaksanaan KKN itu pun saya terpilih sebagai ketua kelompok 31 di Desa Cot Mancang. Sambari dari pelaksanakan KKN saya menyempatkan diri untuk melakukan konsultasi dengan dosen pembimbing skripsi saya supaya cepat-cepat saya bisa naik seminar.

image
Singkat cerita pada tanggal 21 Januari 2018, atas nikmat Allah bisa menyeminarkan proposal skripsi, walaupun itu masih dalam masa pelaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN). Setelah proses itu berakhir saya kembali lagi ke tempat KKN, dikarenakan saya selaku ketua kelompok, apapun cerita wajib bertanggung jawab.

image
Waktu itu saya pun sudah agak sedikit lega dalam melakukan berbagai program di Desa Cot Mancang, sebagai Desa tempat saya bersama sembilan teman lainnya melakukan pengabdian KKN.
image
Dalam pelaksanaan KKN itupun, Kami banyak melakukan berbagai aktivitas diantaranya : Mengadakan bimbingan les kepada anak-anak tingkat Sekolah Dasar (SD), mengecat ruangan Meunasah, serta sarana dan prasarana pembangunan lainnya.

image

Walaupun lamanya sebulan, namun KKN itu menyimpan berbagai kenangan, baik sesama anggota kelompok itu sendiri maupun dengan masyarakat.

Sekarang KKN pun yang saya jalani sudah berakhir pada beberapa hari yang lalu, dan sekarang ini sedang disibukkan dengan pembuatan laporan akhir KKN. Akan tetapi pembuatan laporan tersebut tidak secapek yang kita jalani selama waktu sebulan yang sudah berlalu itu.

image
Akhir dari pada itu semuanya, pada tanggal 12 Febuari 2018 kemarin, tepat nya tiga hari sebelum masa KKN berakhir saya sudah melakukan pendaftaran sidang skripsi. Untuk sekarang ini saya sedang menunggu jadwal sidang tersebut.

image
Saya mohon kepada Mu Ya Allah, untuk mempermudah segala urusan dalam proses sidang skripsi saya nantinya dalam proses menuju Gelar Sarjana Ekonomi. Amiiiin, Amin.

Sort:  

Aminnn, semangat terus pak ketua/ @ikhsanpratama semoga kedepan anda menjadi seorang yang sukses, dan berguna bagi bangsa dan Negara.

Amin, terimakash atas doanya Sabahat seperjuanganku @safwannur, kita tetap selangkah dan sekata...

Yang penting perjuangan

Omaaa semangat ikhsan