You are viewing a single comment's thread from:

RE: Anakku Seorang Pahlawan

in #life7 years ago

Cerita tentang anak ranking sekian ini sudah sering saya baca di dunia maya karena memang sempat viral bbrp waktu lalu. Pesan dari cerita ini sendiri sangat bagus, tapi saya tidak akan membahasnya. Saya lebih tertarik mengamati postingan ini secara keseluruhan. Disebutkan bahwa beberapa bagian dari tulisan di atas diambil dari artikel di sebuah blog, dan ditambahkan pemikiran sendiri. Kalau saya lihat paragraf2 di postingan di atas sama dengan yang disebutkan oleh cheetah. Menurut hemat saya, praktek menulis kembali tulisan lain semacam ini harus kita hindari meskipun kita menyebutkan sumbernya. Kita harus ingat bahwa Steemit menjunjung tinggi orisinalitas suatu karya. Jika memang kita ingin memasukkan bagian tulisan dari sumber lain, ada 3 cara yang bisa kita pakai:

  1. Mengutip
  2. Parafrase (menuliskan kembali sebuah ide orang lain dengan kata-kata kita sendiri)
  3. Membuat kesimpulan

Dalam kasus postingan di atas, saya melihat lebih bagus kalau cerita yang panjang itu dibuat kesimpulan saja karena kalau dikutip atau parafrase akan kepanjangan. Nah, kesimpulan yg sudah dibuat tadi bisa dipadukan dengan buah pemikiran sendiri. Demikian, semoga masukan ini bisa diterima dan dipandang konstruktif supaya selanjutnya tulisan2 kita semakin berkualitas. Salam.

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 57856.68
ETH 2352.26
USDT 1.00
SBD 2.43