普通话谁开始成为国王/ Mandarin yang Mulai Menjadi Raja/ Mandarin who Become to The King

in #life6 years ago (edited)

你好。。。
我叫Anhar
我是印尼人
我的爱好是读书,旅游,写文,等等。

“bahasa adalah kunci untuk membuka jendela dunia” atau “language is key to open window of world”.

Kita tentu tidak asing dengan kata-kata seperti itu, dan saat ini mungkin itu benar adanya. Hal ini dibuktikan bahwa pada dasarnya menguasai bahasa international akan membawa kita menguasai dunia. Bahasa merupakan alat interaksi antar sesama manusia, menguasai banyak bahasa akan memudahkan proses interaksi tersebut apalagi berhubungan dengan orang-orang yang berbeda negara.
Perkembangan bahasa dunia saat ini sangat pesat, dan ada sekitar 7000-an bahasa yang tersebar di seluruh penjuru dunia dengan diantaranya 5 sudah menjadi bahasa resmi international, yaitu :

  1. Bahasa Inggris
  2. Bahasa Arab
  3. Bahasa Spanyol
  4. Bahasa Mandarin
  5. Bahasa Perancis

v4-728px-Learn-Mandarin-Chinese-Step-4-Version-2.jpg
source

Saat ini, kita melihat bahasa mandarin atau china masuk diantara bahasa resmi dunia tentu tidak mengherankan dan menandakan bahwa bahasa mereka termasuk salah satu bahasa yang sering dipakai oleh orang-orang dunia. Dan juga ditambah lagi populasi penduduk china yang sangat pesat.
Perkembangan bahasa mandarin membawa kita turut untuk mempelajarinya, dan juga dipengaruhi oleh banyak tenaga pekerja dari Tiongkok yang datang ke Indonesia saat ini, serta juga perusahaan Tiongkok yang akan menerima karya yang bisa menggunakan bahasa mandarin untuk mempermudahkan berkomunikasi dengan mereka.

foto-bagaimana-bahasa-inggris-menjadi-bahasa-dominan-dalam-sains.jpg
source

Saya sendiri salah satu orang yang menyukai dan mempelajari bahasa mandarin, bahasa yang berasal dari negara Tiongkok ini sangat menginspirasi saya karena banyaknya keunikan didalamnya. Belajar bahasa Tiongkok akan sangat berbeda dengan mempelajari bahasa lainnya, apalagi berbicara persoalan huruf abjad yang sangat berbeda dengan bahasa lainnya, karena di dalam bahasa china ada namanya Hanzi atau yang berkaitan dengan tulisan dan ada berkaitan dengan nada, karena bahasa china mempunyai 4 nada, setiap perbedaan nada akan mempunyai perbedaan arti.

mandarin.png
source

Ketertarikan saya akan china, membawa saya benar-benar ingin langsung kesana dan tercapai ditahun 2012 hingga 2015, ketika saya melanjutkan pendidikan magister jurnalistik di Huazhong University of Science and Tekhnology (华中科技大学). Pertama kali saya disana memang terasa asing, akan tetapi setelah beberapa lama, saya seolah seperti menyatu dengan mereka dan menjadikan seolah-olah penduduk asli disana.

874b60a4bca8e67a037597cd75e471a0_sarminto.jpg
source

Namun, sebelum itu orang-orang dan teman-teman saya selalu bertanya kenapa harus ke china? saya hanya menjawab karena china akan menguasai dunia, jadi saya harus bisa menguasai bahasa mereka dan juga berinteraksi dengan mereka, dan itu menjadi motivasi saya untuk terus belajar semaksimal mungkin agar fasih dalam berbahasa mandarin ini.
Di Indonesia sendiri, sudah sangat banyak kampus dan lembaga pendidikan yang mengajarkan bahasa mandarin baik itu secara umum maupun khusus. Karena, mereka menganggap ini penting dipelajari sekarang disamping mempelajari bahasa asing lainnya.

_DSC0047 (2).JPG
Photo by Hidra Silviana

Pendidikan, Ekonomi, dan Teknology membuat china semakin maju dan berkembang serta mampu bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Dan dengan kerja keras mampu membuat mereka menjadi raja dibidang ekonomi saat ini.

Sort:  

Mntap mnjdi juru b mndarin si goh hhh

hahaha... iy pak terima kasih, berbagi ilmu...

Luar biasa mantap pak @anharfazri

hahaha,,, masih tahap belajar bang berbagi ilmu...

Konten yang menarik dan menambah pengetahuan pak. Jika Cina menguasai dunia, ajarkan kami dengan membuat konten-konten terkait bahasa mandarin pak.

siap bang, berbagi ilmu dan pengalaman yang bermanfaat buat orang lain tentunya juga menambah ilmu yang baru bang....

Mengutip pernyataan dosen saya. Beliu mngatakan sangat rugi jika seseorang yang pergi ke suatu daerah sedang ia tdk tahu bahasa yg digunakan daerah tsb. Dari hal ini saya mngambil ksimpulan, bahwa pentingnya mempelajari segala bahasa, termasuk mandarin ini.

benar bang, sekarang kalau kita ingin melangkah lebih jauh dan menguasai dunia kita harus menguasai bahasa mereka terlebih dahulu. apalagi bahasa mandarin sudah menjadi salah satu bahasa internasional...

Harus banyak belajar bahasa nih sama pak @anharfazri

saya juga masih belajar bang... hahahah

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 60728.44
ETH 2653.23
USDT 1.00
SBD 2.59