Hello Steemit, Apa kabar ? Sudahkah kita berbuat baik dan meminta maaf hari ini ?steemCreated with Sketch.

in #life7 years ago (edited)

Hello teman-teman Steemit, ketemu lagi dengan saya Alhasan Abdurraheem. Saya do'a kan teman-teman semakin bertambah sehat, semakin bertambah bahagia dan semakin bertambah baik di kehidupan ini.

Teman-teman, kalau kita bicara soal kebaikan, adakalanya orang-orang langsung menghubungkan kebaikan itu dengan Tuhan. Dan kalau kita bicara tentang Tuhan, kadang-kadang manusia itu berpikirnya terlalu lebay, seolah-olah Tuhan hanya mengampuni sebagian kecil orang, dan sebagian besar tidak terampuni.

Nah, bagi kamu yang sekarang membaca artikel saya ini,entah secara kebetulan atau tidak, merasa diri kamu banyak dosa dan Kamu merasa tidak layak lagi menyembahTuhan, karena kamu sudah merasa sangat berdosa. Ini adalah artikel yang tepat buat kamu.
Tolong cermati baik-baik artikel saya ini, karena bisa jadi ini adalah panggilan dari Tuhan, agar kamu bisa kembali ke jalan yang benar.

Teman-teman Steemit mungkin bingung, kenapa saya menulis artikel ini dengan topik yang serius, yang berhubungan dengan dosa.

Pembahasan ini terinspirasi, karena ada teman yang bertanya kepada saya : ' masbro, kalau seandainya ada seorang pezinah,kalau seandainya ada seorang penjudi, kira-kira Qurban orang itu, kalau orang itu mau berqurban di hari raya Idul Adha, kira-kira masih di terima Tuhan atau tidak ya ? Boleh atau tidak sih orang itu berqurban ? '

Dari pertanyaan itu sebenarnya saya sedih. Sedih kenapa ? Karena banyak orang-orang di sekitar kita, yang masih merasa dirinya kurang layak untuk berbuat baik, hanya karena dirinya merasa pernah melakukan perbuatan dosa, yang mungkin sampai detik belum bisa mereka tinggalkan.

Saya memang bukan Tuhan, dan saya tidak mungkin mau di samakan dengan Tuhan. Tetapi saya tahu benar sifat-sifat Tuhan, berdasarkan apa yang saya pelajari dari kitab suci saya, dan saya tahu benar sifat-sifat Tuhan berdasarkan apa yang saya lihat dari segala ciptaan-Nya yang ada di semesta alam ini.

Tuhan itu Maha Pengasih. Dan Tuhan tidak menilai Manusia hanya karena 1 2 3 perbuatan. Tapi Tuhan justru melihat Manusia dari perbuatan-perbuatannya secara keseluruhan. Nanti di kumpulkan di sebuah catatan yang di sebut catatan amal baik.

Teman-teman Steemit, yang ingin saya jelaskan di sini : ' tidak ada hubungannya kamu seorang pendosa dengan ketidak layakkan kamu untuk berbuat baik '

Karena menurut yang saya dengar dari para ahli Agama, Perbuatan baik yang kita lakukan bisa menghapus dosa dari perbuatan buruk kita.

Jadi mulai hari ini, kamu harus selalu menanyakan kepada diri kamu, saya sudah berbuat baik apa ya, untuk menutupi dosa-dosa saya di masa lalu ?

Karena faktanya, perbuatan buruk kamu yang berupa dosa, bisa terhapus dengan melakukan perbuatan amal baik.
Kalau kamu merasa dosa kamu banyak, dan ketika kamu mempunyai kesempatan berbuat amal baik, berbuat baiklah sebanyak-banyaknya.

Kalau kamu merasa selama ini Tuhan menjauhi kamu, kamu salah. Yang terjadi adalah justru kamu yang menjauhi Tuhan.
Kamu menjauhi Tuhan, ketika kamu meninggalkan perbuatan-perbuatan baik. Kamu menjauhi Tuhan, ketika kamu menghindari berdo'a. Dan kamu terus menerus melakukan perbuatan dosa, tanpa pernah berpikir untuk menutupi dosa kamu dengan berbuat baik.

Padahal faktanya, Tuhan dengan sifat yang Maha mencintai, selalu menunggu kamu agar mau berbuat baik, walaupun perbuatan baik itu adalah perbuatan baik yang kecil.

Teman-teman Steemit, ssya memang bukan orang suci. Dan saya tidak menganggap diri saya suci. Tapi saya ingin berbagi pengalaman saya, bagaimana caranya supaya kita bisa hidup tenang dan damai, walaupun dosa kita banyak.

Caranya sederhana teman-teman. Setiap hari ketika kamu bangun pagi, tolong tanyakan ke diri kamu, tanyakan dua pertanyaan, hanya dua pertanyaan setiap kali kamu baru bangun tidur.

Pertanyaan ke-1 : Apa yang bisa saya lakukan di hari ini untuk berbuat baik menolong orang lain, untuk menutupi dosa-dosa saya di masa lalu ?

Pertanyaan ke-2 : Apakah saya sudah minta maaf kepada orang yang pernah saya sakiti selama ini ?

Hanya 2 pertanyaan, kalau kamu bisa melakukan ini setiap hari, kamu akan merasa lebih damai, karena kamu akan merasa lebih tenang, karena kamu berani meminta maaf.

Meskipun minta maaf kamu di tolak, itu tidak masalah. Karena permintaan maaf itu jauh lebih menenangkan hati, di bandingkan kamu hanya memikirkan perbuatan dosa kamu.

Tuhan itu Maha pengampun. Walaupun dosa kita sebesar lautanpun bisa di ampuni. Asal kita mau meminta maaf dan mau berbuat baik sebanyak-banyaknya mulai detik ini. titik, tanpa alasan.

Sekali lagi, saya bukan manusia sempurna, tetapi kita akan terus berusaha menjadi manusia yang sempurna dengan banyak berbuat amal baik.

Jangan sia-siakan waktu kamu,teman-teman. Berbuat baiklah dan meminta maaflah, selagi orang itu masih bisa kita mintakan maaf.

Lakukan itu semua dan hidup kamu akan menjadi sangat tenang dan bermakna.

Saya Alhasan Abdurraherm @alhasan , terima kasih sudah mau mengunjungi blog steemit saya.

Jika menurut teman-teman, artikel saya ini bermanfaat, mohon berikan support upvote dan resteem. Sampai bertemu lagi di artikel saya berikutnya.
WASSALAMU'ALAIKUM


SALAM #satujiwa dari INDONESIA untuk DUNIA

image

image

Sort:  

Kebynkan pusing baca nya..

Hahahaha,,, sengaja biar pada pusing bacanya, ane juga pegel ngetiknya 😁😁😁

😁😁😁😁

Lanjutkan kawan 😁😁😁 .
Anak ayam turun 10

Mantap jiwa 😁😁😁

nah ini mah yang bener. . .
berbuatlah baik selagi bisa om. 😃😃😃

Setuju om 😁😁😁

lanjutkan, satujiwa kita bersama

**Siap #satujiwa menggapai cita-cita kesuksesan

Mantap, lanjut kan perjuangan ini #satujiwa

This post recieved an upvote from minnowpond. If you would like to recieve upvotes from minnowpond on all your posts, simply FOLLOW @minnowpond

This post recieved an upvote from minnowpond. If you would like to recieve upvotes from minnowpond on all your posts, simply FOLLOW @minnowpond

Mantap jiwa 😀😀😀

maaf mas baru ngevote....he..he.. :)

Iya boss, gak apa2. maklum orang sibuk ya. Kayaknya habis rapat di gedung DPR nih ,,, 😁😁😁

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by alhasan from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews/crimsonclad, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows and creating a social network. Please find us in the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

Nuhun ah,,,thanks

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.15
JST 0.028
BTC 60007.10
ETH 2415.95
USDT 1.00
SBD 2.41