Sate apa Leh memang weleh weleh

in #kuliner6 years ago (edited)

Steemian yang budiman. Hari saya bersama keluarga berkempatan "intat linto" seorang kerabat ke Lhokseumawe. Rangkaian acara selesai . Sekira pukul 13.15 wib kami meninggalkan tempat acara kembali ke tanah air eh salah kembali ke kediaman di Sigli. Untuk menghindari kejenuhan sebagai supir, mata saya jelalatan mencari objek kiri kanan jalan.

Mobil memasuki kecamatan Gandapura atau yang lebih familiar kita kenal dengan Grugok. Jalanan tampak ramai mungkin effek dari "long weekend". Suasana hati saya berubah ketika melihat deretan toko dengan spanduk toko warna oranye. Lamat-lamat saya membaca "Sate Apa Leh".

Kemudi langsung saya belokkan untuk singgah di pertokoan itu. Saya sudah lama mendengar cerita tentang kuliner ini sehingga penasaran menggebu-gebu. Sempat bingung, karena rupanya ada tiga tempat yang berspanduk yang sama, saya memutuskan mendekati gerobak yang paling kiri karena kelihatan petugasnya rame.

IMG_20180217_143004.jpg

Ok laporan pandangan mata saya lanjutkan. Perbedaan utama yang temukan adalah tampak potongan dagingnya lebih besar dari yang saya jumpai di Matang Glumpang Dua apalagi di Sigli.

IMG_20180217_142845.jpg

Juga saya lihat bahwa tusukan sate dibumbui terlebih dahulu sebelum di bakar. Kelihatannya bumbunya minimalis.

IMG_20180217_142900.jpg

Tusukan daging berbumbu tadi lalu di bakar, panggang mungkin lebih tepat ,dengan menggunakan arang.

Karena saya pesannya bungkus maka saya dapat tiga bungkusan dalam plastik. Pertama sate, bumbu kacang ( serukan, bumbunya dapat terpisah, banyak lagi), dan kuah. Ahh gak sabar pengen memutilasinya.

IMG_20180217_181507.jpg

Surprise belum selesai, ketika kuah saya tuangkan ke piring selain gumpalan lemak (yang ini standarlah ) tiba-tiba meluncur beberapa tulang belulang yang masih ada dagingnya, yang ini serius !! Wah saya kelagapan lihat tulang minta digigit ck ck ck ck.
Rasanya segar sekali aroma rempah memenuhi mulut ketika kuah melewati tenggorokan.

IMG_20180217_143024.jpg

Mungkin itu beberapa sebab mengapa apa Leh yang di Grugok lebih terkenal dari sate yang di matang. Bila memang kalian bepergian ke arah Sumatera Utara dan punya kelapangan waktu gak keliru untuk singgah disini.

IMG_20180218_104520.jpg

Sort:  

Sate matang juga ya? Oya, mari singgah di postingan saya.

Vote nya dong kakak

Cukop menggoda bang, bi sikrek beh :D

Ku nit mantong beh, ke pih hansep wk wk wk,
Bro file baje Kana , peu ta pegot baje bro

Hahahaha paleh luh!!!!!
Kana bang!!!

Sate matang is the best memang @bangrully

Sate Grugok nyan bang heheh

Hana perle baca. Yang perle vote. Baca bah buet droe neuh mantong beh.

Siap ! , Sesuai dokrin

Hawa teuh sate bang rully

Malam nyo kalau masih buka akan lon singgah d sate apaleh, sambil mudik ke timu

Benar yang namanya weleh weleh @bangrully

Weleh weleh nyan ata si Komo kheun jamuen

Poh 4 beungoh takalon ata droeneuh rhet keu deuk teuh aju...

Pakon Poh Peut, peu beudoh sawo prof ???

Hana teungeut-teungeut beuklam wate lon eh...

Hana lawan sate laen ngen sate apaleh....
Sate apaleh is the best

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.14
JST 0.030
BTC 61240.20
ETH 3247.86
USDT 1.00
SBD 2.45