Part 1 My little Garden

in #ksi6 years ago

Hai steemian pecinta berkebun,

Kali ini gw iseng2 pengen bagusin rumah, walaupun basic gw bukan arsitek ataupun gw juga ga punya jiwa seni yg kental, tapi gw yakin setiap individu punya sedikit jiwa karya seni. Jadi desain taman yg gw buat yah awut2an atau tidak berarturan. Memang langkah awalnya adalah membuat konsep terlebih dahulu, mau arah kemana ini taman nanti klo udah jadi. Dan sepertinya klo gw mikirin konsep itu terus menerus malah ga jadi2, lebih baik gw ambil langkah pertama aja yaitu just do it, yang pada akhirnya nanti juga banyak perubahan di taman itu sendiri(will it cost much more or will it more much cost, cus I dont have yet the final concept for my garden?).

Ngomongin masalah konsep taman, ada beberapa tipe konsep sih. Dan akan gw bahas tentu beserta info2 dari browsing2 juga di halaman selanjutnya.

Membersihkan Lahan
Nah tahapan awal gw yaitu membersihkan lahan, lahan yang akan gw bersihkan lebih kurang luasnya 4m2. Alat yg gw gunain cuma cangkul gede ama cangkul mini. Adapun mulai dari nyabutin rumput2 dan gulma(sebenernya gw sendiri ga tau yg dimaksud gulma itu kaya gimana klo real life nya. Cuma klo pengertiannya dari browsing2 sih, gulma adalah tanaman yg kehadirannya tidak diinginkan(hmm kayanya sesuatu banget yah...)), gemburin tanah, dan layering lahan make pasir.

Nah berikut penampakan dari lahan yg gw maksud.

Penampakan lahan pertama(sebelum proses pembersihan)imageimageimageProses bersihin lahanimage image image image image
Penampakan proses nge-gemburin tanah image
Peralatan yg gw pakai buat ngerjain itu semua hanya cangkul mini yg beli di abang2 jualan perkakas lewat wkt itu seiinget gw harga di kisaran Rp.35.000,-. Dan saat ini cangkul tsb rusak.
Untuk proses pembersihan lahan langkah pertama gw nyabutin seluruh tumbuhan ama taneman yg ada dilahan yg bakalan gw tanemin ama rumput. Sebenernya lahan tersebut udah gw persiapkan dari dulu, jadi udah sering ane bersihin dan pernah juga ane nambahin(layering) sama pasir bagian atas tanah dari lahan tersebut. Cuma karena dari dulu kebanyakkan ide/konsep dan selalu mikirin itu terus akhir nya ane puyeng sendiri alias ga maju2/dikerja2in. Nah kebetulan skg ada steemit, sekalian aja ane iseng2 posting blog biar ada progresnya.
Oia klo diliat dari tanggal poto tsb sih sebenernya udah ane kerjain sejak bulan lalu, tepatnya dr tanggal 5-7 Mei 2018. Dan saat ini juga lahan tersebut udah ane kasih taneman rumput. penampakkan lahan yg sekarang menyusul di part 2, ya steemian pecinta berkebun.
Ok untuk selanjutnya akan gw sambung di part 2 My Little Garden.

Kesimpulan bahan2 part 1.

  1. Cangkul mini Rp.35.000,- an
  2. Waktu pengerjaan bersih2 + gemburin tanah 4s/d6jam
  3. Lahan lebih kurang 4m2.

Sekian kesimpulannya rekan2 steemian pecinta kebun. Komen, Saran dan kritik sangat terbuka untuk saya jadi jangan ragu tinggalin komentar di kolom komen ya teman2. Saya tunggu ^^.
Salam

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.16
JST 0.031
BTC 59013.49
ETH 2516.64
USDT 1.00
SBD 2.48