Apa yang anda lakukan disini? Apakah Steemit hanya untuk Steem dan Cryptocurrency?

in #kr-newbie7 years ago (edited)

steemit.jpg

Saya baru beberapa hari bergabung dengan Steemit, apa yang membuat saya tertarik dengan Steemit? Jawabannya adalah Cryptocurrency, ya crypto adalah hal yang paling sering saya dengar akhir - akhir ini, dan merupakan salah satu hal yang paling menarik perhatian saya. Bukan hanya karena banyak cerita orang yang kaya mendadak karena crypto, atau ramainya media mainstream luar yang membahas banyaknya perusahaan teknologi informasi yang berlomba - lomba meneliti dan mengembangkan Blockchain yang merupakan teknologi dasar dari Cryptocurrency itu sendiri, tapi saya juga percaya bahwa teknologi akan selalu berkembang, dan ikut ke dalam antusias suatu perkembangan teknologi baru adalah suatu pengalaman yang sangat menyenangkan bagi saya.

Lalu kenapa Steemit? Menurut saya, Steemit sangat menarik, karena suatu media sosial yang dibuat dari pengembangan blockchain itu sendiri. Menurut saya ini adalah penerapan nyata bagaimana blockchain sebagai penkembangan teknologi baru dapat lebih dikenal oleh semua orang. Sebagai pengagum cryptocurrency tentu saya sangat senang bila semakin banyak orang bisa mengenal dan memanfaatkan teknologi yang mendasarinya tersebut. Mungkin terdengar terlalu idealis, tapi ini serius menurut kata hati saya, 'seserius' bahasa dalam tulisan saya ini. Saya belum memahami betul bagaimana Steemit bekerja, dan saya dapat dikatakan bukan ahli komputer terlebih dalam dunia Cryptography atau Cryptology, bahkan saya tidak memahinya sama sekali. Satu poin penting dalam Blockchain yang membuat saya ikut antusias adalah jaringan peer to peer - nya, jaringan yang terdesentarilasi, tidak terpusat, artinya kita tidak memerlukan otoritas pihak ketiga untuk saling terhubung, saya rasa ini sangat revolusioner. Jadi, ya, menurut saya blockchain bisa merubah keadaan, paling tidak sedikit lebih baik, dimana kita bisa bebas bersuara, bertransaksi ekonomi tanpa harus dibatasi lagi dan mungkin masih banyak lagi yang bisa kita manfaatkan dari blockchain ini. Sisi buruk blockchain? tentu ada, semua teknologi memiliki sisi baik dan buruk, tapi kembali kapada kita manusia yang memanfaatkannya, terlebih teknologi ini masih terbilang baru, tentu masih banyak perbaikan dan pengembangan yang perlu dilakukan. Ini adalah salah satu alasan saya tertarik dengan Steemit, lalu apa yang membuat kawan semua tertarik dengan Steemit? Apa yang kawan - kawan lakukan disini?

Apakah Steemit hanya untuk Steem dan cryptocurrency? perlu saya tekankan kembali disini, saya belum memahami keseluruhan bagaimana Steemit bekerja, yang saya utarakan berikut adalah murni pendapat pribadi saya. Menurut saya, Steemit jauh lebih daripada hanya untuk Steem ataupun Crypto lain, Steemit bukan hanya soal crypto, dan bukan juga hanya soal perdagangan crypto, 'beli murah jual mahal' itu yang saya sering dengar dari komunitas kebanyakan cryptocurrency diamana saya ikut tergabung. Jika semua ini hanya dibatasi soal uang dan keuntungan, maka sangat sempit sekali kita memahi bagaimana teknologi ini berjalan, setidaknya itu menurut saya. Steemit adalah media sosial baru yang berjalan diatas platform teknologi baru, keguanaan Steemit tentu bukan hanya sekedar untuk mengumpulkan Steem Dollar atau Steem dimana dari situ kita bisa mendapat keuntungan. Steemit adalah bentuk baru dari media sosial, yang saya yakini akan jauh berbeda dengan bentuk media sosial yang pernah ada, kita jelas menggunakan steemit selayaknya menggunakan media sosial lainnya, namun Steemit berjalan diatas teknologi blockchain -sama halnya dengan semua Cryptocurrency dimana juga menggunakan blockchain, Steemit memungkinkan suatu bentuk demokrasi yang sempurna, tidak ada satu orang pun yang berkuasa penuh atas Steemit, tidak ada direktur utama yang memegang kekuasaan penuh, semua berdasarkan konsensus (ini masih sebatas pemahaman saya, jika saya salah tolong dibenarkan). Steemit adalah kita, dan itu adalah salah satu bentuk nyata penerapan blockchain, dan itu mungkin baru salah satu alasan yang membuat Steemit berbeda dengan media sosial sebelumnya.

Blockchain yang dikabarkan sebagai inovasi baru yang terbesar setelah internet, ya internet, jaringan yang sekarang paling kita gunakan untuk berkomunikasi, hampir kebanyakan orang yang memanfaatkan internet saat ini tidak mengerti atau memahami sepenuhnya bagaimana sebenar internet itu bekerja. Kebanyakan orang masa bodoh dengan urusan teknis internet itu sendiri, mungkin kebanyakan pengguna internet sekarang akan sangat kesulitan jika diminta menjelaskan apa itu 'Protokol Internet', itulah yang terjadi jika suatu teknologi sudah diadaptasi secara masal. Orang mungkin sudah tidak peduli lagi bagaimana cara kerjanya atau siapa penemunya. Itulah yang saya percayai yang akan terjadi dengan blockchain dan pengembangannya kedepan, ketika tekonologi ini sudah berhasil diadaptasi dengan baik, mungkin suatu saat nanti orang sudah tidak peduli lagi bagaimana Steemit bekerja dan teknologi apa yang ada dibaliknya, dan ketika semua itu terjadi saya yakin keadaan dunia akan berbeda. Saya percaya bahwa blockchain dan pengembangannya dapat merubah dunia, ke arah yang lebih baik atau sebaliknya? tentu kita sebagai pengguna yang akan menentukannya.

Demikian sedikit dari saya, dan tidak lupa saya tekankan lagi, ini adalah pendapat pribadi saya yang mungkin sangat bias dan terbatas dengan segala bentuk ketidak - tahuan saya. Bagaimana pendapat kawan semua? saya akan sangat senang untuk bisa membahasnya bersama - sama. Terima kasih untuk Steemit, terima kasih Komunitas Steemit Indonesia, mohon kritik, saran dan bimbingannya. Salam hangat dari saya.

Sort:  

nice post ,,, you have good blog , Good luck. Comrade

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 61195.86
ETH 3009.46
USDT 1.00
SBD 3.80