Perjalanan Mengenal Konsep Dasar Steemit (An Unforgettable Moment)

in #kontesteemianindonesia7 years ago (edited)

(Foto @kanotbu)

PENDAHULUAN

Saya mengenal platform ini secara tidak sengaja dari sahabat masa kecil saya yang juga seniman muda Aceh yang bergiat di Komunitas Kanot Bu Banda Aceh, Idrus Bin Harun atau @marxause. Setelah orang-orang keren yang bergiat di Komunitas ini aktif menulis platform steemit yang kemudian dilanjutkan dengan peluncuran buku mereka yang berjudul "JUDUL ADA DIBELAKANG", saya mulai tergugah untuk mencari tahu tentang platform ini. Namun informasi yang saya dapatkan masih sangat terbatas berhubung keberadaan saya di Batavia dan @marxause bumoe indatu. Masih teringat jelas percakapan kami via aplikasi Whatsapp pada pertengahan Januari yang lalu.

"Kaka Idrus, pue binatang lee Steemit nyan?" tanya saya
"Nyan media sosial baro bro, tateumuleh inan dibayeu tanyoe. Kee kalheuh kutarek peng inan sijuta lapan reutoh" Jawabnya "Nyan media yang sangat positif bro, harus original tulesan. Yang kalheuh taposting pat laen beutulesan droe teuh hanjeut taposting le inan. Na @steem-cleaner yang siap membasmi plagiarisme bak steemit. Kadaftar aju. Kirem email biasa paleng trep siminggu di konfirmasi. Hanjeut kujelaskan detail rot hp. kadaftar aju ilee" tambahnya panjang lebar.
"Ok kaka. siap laksanakan." Saya menjawab.

Setelah percakapan tersebut, saya membuka akun  dengan mendaftarkan email saya ke steemit.com. Namun menunggu adalah hal yang paling menggemaskan di bumi ini. Kayak dedek-dedek yang itu tu....hahaha. Saya kembali mengontak bung @marxause untuk konsultasi gratis selanjutnya. Kali ini asa untuk mempercepat proses mendapatkan akun saya dapatkan dari beliau. Salah seorang senior steemian USSR Kanot bu, bung @senja.jingga berkenan menghibahkan salah satu akunnya. Dalam proses penantian yang nantinya berujung happy ending, saya mulai mengulik tulisan demi tulisan yang di posting oleh USSR Kanot Bu. Ada dua nama yang menarik perhatian, yang pertama adalah @zeds, saya benar benar terpesona dengan kemampuannya merangkai kata. Selanjutnya @only.home, ini orang juga pengen kali kutabok sebagai bentuk respek kenapa bisa keren dia nulisnya. Kalau USSR Kanot Bu yang laen-laen sih udah gak usah diomongin lagi, KLO GROOONN..

PERJALANAN MENGENAL KONSEP DASAR PLATFORM STEEMIT

Dari sedikit uraian diatas, dapat disimpulkan bahwasanya pada awalnya ada mispersepsi dari saya tentang konsep dasar platform steemit ini. Hal ini berlanjut sampai sebelum 1st KSI Meet Up di Cimahi pada pertengahan Februari yang lalu. Setelah akun saya mendapat approval pada 20 Januari 2018 yang saya tasbihkan dalam https://steemit.com/introduceyourself/@rezasofyan/the-best-morning-ever, mulailah saya berselancar ria di platform ini. Dasar rada-rada, saya malah dibuat bingung dengan beragam postingan yang terlihat. Mau bertanya pada teman-temin di grup WA USSR Kanot Bu pun saya merasa aneh sendiri. Ini kenapa postingan orang pada meme tanpa nulis apa-apa begini (dmania), dapat reward gedong, ini kenapa orang cuma ngepost poto doang bisa dapet reward seabreg-abreg. Apa binatang itu SBD? Ora mudeng aku! Bit mumang kee!

Ini tidak bisa boleh begini, sembari terus menulis beberapa postingan gak penting, saya mulai mencari tau dasar kata Steemit. Ternyata kata tersebut berasal dari bahasa Estonia. Saya coba google translate, kata Esteem, berarti menghargai. Kata dasar inilah yang membuat saya semakin yakin bahwa saya berada di jalur yang benar, dan saya harus mencari cara agar tetap survive di platform ini. Belum lagi kemuakan saya pada beberapa media sosial mainstream yang kerap dijadikan ajang perdebatan dan penyebaran berita yang kerap memicu kontroversi. Jujur, selama ini saya sudah sering mendapatkan motivasi untuk menulis. Namun saya belum termotivasi sedemikian rupa seperti sekarang ini. Setelah mendapatkan momentum untuk menulis, saya seolah diberkati dengan dihelatnya 1st KSI Meet Up di Cimahi, Bandung, Jawa Barat.  

1st KSI Meet Up inilah momen dimana saya mendapatkan kesempatan untuk mengenal lebih tentang platform ini. Malam pertama saja sudah sangat berkesan dimana saya mendapatkan welcoming yang luar biasa dari panitia seperti Kak @mariska.lubis, demikian juga dengan @gethachan yang memandu saya untuk mencapai tempat acara. First Impressing Night ini berlanjut dimana saya bisa duduk disamping Bung @levycore yang hangat diperbincangkan oleh kawan steemian di grup USSR Kanot BU kami. Dari perbincangan hangat malam itu, saya sedikit banyak mendapatkan pencerahan ketika bung @levycore mengatakan bahwa platform ini adalah Contain Creator Belonging, diperuntukkan untuk orang-orang agar kreatif, atau belajar menjadi kreatif. Itu yang saya tangkap malam itu. Dari Meet Up tersebut saya mulai menyadari satu hal yaitu, saya mungkin peserta Meet Up dengan ke-awaman tingkat dewa dengan number of rate terendah....hahaha!!

   

Situasi ini sempat membuat nyali saya sedikit menciut untuk berbicara banyak di momen ini. Padahal saya berharap badan saya yang menciut. Selanjutnya informasi yang lebih mengerucut yang membuat saya termotivasi untuk keep survive di platform ini adalah dua sahabat baru yang saya temui di acara ini. Mereka adalah Yang Dipertuan Agung Mahaguru saya tercinta @dilimunanzar dan @my451r. Saya berhasil membajak dua orang keren ini untuk singgah ditempat saya sebelum kepulangannya ke Aceh. Dari merekalah saya mendapatkan trik-trik untuk sukses di platform ini. Mereka menyarankan saya untuk konsisten dengan tag postingan tertentu yang sesuai dengan passion saya. Namun kesempatan melihat dua orang hebat ini melakukan @promo-steem adalah hal yang tak terlupakan bagi saya. Bagaimana setiap momen itu mereka jabarkan kedalam tulisan yang kemudian menjadi postingan yang sangat seksi dan penuh motivasi. Keep up your good work brother! Perkenalan dengan steemian senior bang @rismanrachman juga berkesan banyak bagi saya. Seperti dua brother saya diatas, beliau juga menyarankan agar saya fokus pada background saya untuk bisa survive dan berkembang di platform ini.

KESIMPULAN

Pada akhir tulisan ini saya ingin mengambil kesimpulan tentang konsep dasar platform steemit ini, antara lain:

1. Platform ini diperuntukkan untuk orang-orang kreatif.

2. Platform ini bisa membuat orang bersosialisasi dengan saling menghargai karya satu dan lainnya.

3. Platform ini senantiasa membuat penggunanya positif dengan terus berkarya.

4. Platform ini membuat para penggunanya dapat melakukan long term investment untuk jaminan hari tua.

Akhirul Kalam, saya sangat berterimakasih dengan apa yang saya dapatkan dari semua dalam upaya saya untuk bisa mengenal platform luar biasa ini. Platform yang membuat saya bisa termotivasi untuk terus menggali potensi diri guna menghasilkan karya-karya yang bisa menyebarkan ENERGI POSITIP di muka bumi ini.


Dengan Cinta,

Reza Sofyan


Sort:  

Good luck bro buat kontesnya.

Masing-masing punya cerita sendiri soal steemit ini. Semoga jadi berkah.

Yups, Amin. Terimakasih udah mampir.

Alhamdulillah.. Naroh foto lon inan sion ahahaha. Laen pe cit ta peugah. Ken meunan, Kaka? 🤣🤣🤣🤣

Hahahahaha...kaka @apilopoly terimakasi su mampir di postingan saya. Semoga Allah berkati kaka selalu...

Mantap that tulesan droen bang

Terimong geunaseh keneupiyoh brother. Platform yang peuget tanyoe harus mantap..hehe

Jeut.. semangat abang!!

Thank. Idem dengan ucapan yang sama, brother!

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 62702.02
ETH 2572.25
USDT 1.00
SBD 2.75