Kontes Steemit Indonesia "Memahami Konsep Dasar Platform Steemit".

in #kontessteemitindonesia6 years ago (edited)

Assalam mualaikum sahabat steemians semua !

Semoga hari ini kita semua masih diberikan sehat badan dan fikiran oleh Allah SWT agar dapat melaksanakan aktifitas-aktifitas seperti biasanya.

Sahabat steemians yang saya cintai, pada kesempatan ini saya tidak membahas tentang Resep Masakan, tapi kali ini saya tertarik untuk menulis dalam mengikuti kontes yang bertema "Memahami Konsep Dasar Platform Steemit" yang diadakan oleh Kurator Indonesia @levycore.

saya sangat berterima kasih kepada beliau dan rekan-rekan yang telah membantu demi suksesnya kontes ini, jika pun saya tidak meraih kemenangan disini, minimal saya lebih dikenal dan mengenal para steemians lain untuk lebih memperluas silahturrahmi. Maka dari ini saya mencoba menulis tentang kontes ini dengan judul yang sama dengan temanya yaitu "Memahami Konsep Dasar Platform Steemit."


image


Sumber

Platform steemit menurut pendapat saya merupakan platform atau wadah yang dapat menampung berbagai kreatifitas dari seluruh dunia, kita bisa berkreasi apa saja di platform ini dengan skill dan kelebihan masing-masing selama itu bermanfaat bagi pembaca dan tetap pada aturan yang telah ditentukan.

Contohnya seperti saya, saya tidak bilang bahwa saya ahli dalam memasak, tapi memasak merupakan hobi saya, karena selain memasak saya juga hobi makan hahaha, maka dengan adanya platform steemit ini saya mencoba menuangkan hobi masak saya untuk berbagi dengan steemians semua, semua masakan yang saya masak untuk keluarga tercinta, saya juga membagikan setiap harinya untuk sabahat steemians semua. Disini kita tidak perlu harus menjadi orang lain, mana kala disaat kita melihat postingan orang lain mendapat banyak vote, kita pun mencoba membuat postingan seperti orang tersebut untuk mengincar vote, tapi sebenarnya itu perbuatan yang sia-sia saja, karena itu tidak akan membuahkan hasil yang bagus dari postingan kita, toh kita tidak punya ahli dalam bidang tersebut bagaimana orang akan memberikan nilai lebih terhadap apa yang kita sajika.

Yang membuat beda platform steemit ini dengan media sosial lainnya adalah disini kita dihargai dengan mendapatkan reward dari setiap postingan kita melalui upvote yang diberikan oleh rekan-rekan steemians lainnya apabila dia menyukai post kita. Maka dari itu kerja sama dan kebersamaan dalam platform ini sangat diperlukan. Bukan itu saja, kita juga bisa mendapatkan reward dari upvote yang kita berikan pada postingan orang lain dan juga berkomentar, maka rajin-rajinlah berkunjung ke postingan orang lain karena selain untuk mendapatkan umpan balik kita juga mendapatkan reward disini.


image


Sumber

Reward yang kita dapatkan disini berupa mata uang digital yaitu STEEM dan SBD yang mana bisa kita tukar juga dalam bentuk Rupiah melalui aplikasi Blocktrades yang jelasnya saya pun tidak mengetahui nya karena maklum saya juga masih newbie di platform ini jadi masih perlu banyak belajar dari steemians-steemian pendahulu.

Yang membuat saya sangat menghargai platform steemit ini adalah disini kita diajarkan untuk saling menghargai hak cipta masing-masing, yaitu kita diberikan kebebasan dalam berkreasi tapi hanya dengan hasil pemikiran sendiri tanpa harus mencopi atau plagiat, jika itu yang kita lakukan maka segera anda berhadapan dengan @cheetah dan @steemcleaners yang dapat menghapus semua pendapatan anda dalam seketika tanpa ada kompromi lagi. Maka jadilah seorang pemberi konten yang pintar dan saling menghargai hak orang lain.

Disini kita juga tidak dibenarkan untuk menebarkan kebencian terhadap orang lain, pelecehan dan konten yang mengandung unsur sara atau kekerasan yang sering kita jumpai pada sosial media lainnya. Karena bila itu terjadi bisa saja steemians yang mempunyai reputasi yang lebih tinggi akan melakukan flag terhadap postingan atau komentar kita yang dianggap menyalahi aturan atau spam, dimana ini juga akan berpengaruh sekali terhadap reputasi yang selama ini kita bangun dan juga pendapatan yang telah kita dapatkan.


image


Sumber

Terlepas dari itu semua, maka jadilah seorang steemians yang pintar dalam melahirkan konten yang berkualitas dahulu sebelum memikirkan tentang reward walaupun itu dibutuhkan, karena disaat kita mengerjakan sesuatu demi sesuatu dan tidak mendapatkan sesuatu itu maka sesuatu itu akan menjadi bumerang bagi kita sendiri.


image


Sumber

Selain itu juga pandai-pandailah dalam mencari teman dengan bergabung dalam komunitas-komunitas yang telah ada didaerah masing-masing yang juga merupakan Komunitas Steemit Indonesia (KSI). seperti sepenggal kata yang saya dapatkan dari postingan @levycore "banyak teman banyak rezeki" Dan ayo jadilah steemians smart content, smart community dan smart finansial yang seperti bg @rismanrachman ucapkan.


image


Sumber

Saya rasa sudah cukup sampai disini dulu tulisan saya tentang memahami Konsep Dasar Platform Steemit, dan saya sangat menyadari tulisan saya ini masih banyak kekurangan baik dari pembendaharaan kata maupun tata bahasa dan tanda baca yang sangat kacau. Maka dari itu kritik dan saran dari steemians semua sangat saya harapkan.

Sekali lagi terima kasih saya kepada @levycore yang telah mengadakan kontes ini, yang dulunya saya hanya tau tentang panci penggorengan seperti lagunya Mpok Alfa yang lagi ngetren sekarang, tapi dengan adanya kontes ini saya bisa memikirkan sedikit tentang pemahaman saya tentang steemit, dan terima kasih juga kepada bg @rismanrachman yang telah bersedia menjadi juri disini semoga tidak ada kendala dalam melaksanakan tugas ini.

Referensi : disini saya tidak mempunyai referensi yang khusus untuk ini, saya hanya membaca beberapa postingan @levycore dan @aiqabrago juga @rismanrachman, dalam pandangan mereka terhadap steemit, dan saya mencoba menulisnya dengan bahasa saya sendiri.

Wassalam mualaikum warahmatuallahi wabarakatuh..

Sort:  

Congratulations! This post has been upvoted from the communal account, @minnowsupport, by ami92 from the Minnow Support Project. It's a witness project run by aggroed, ausbitbank, teamsteem, theprophet0, someguy123, neoxian, followbtcnews, and netuoso. The goal is to help Steemit grow by supporting Minnows. Please find us at the Peace, Abundance, and Liberty Network (PALnet) Discord Channel. It's a completely public and open space to all members of the Steemit community who voluntarily choose to be there.

If you would like to delegate to the Minnow Support Project you can do so by clicking on the following links: 50SP, 100SP, 250SP, 500SP, 1000SP, 5000SP.
Be sure to leave at least 50SP undelegated on your account.

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64420.25
ETH 3150.23
USDT 1.00
SBD 3.99