BERTAHAN UNTUK MEWUJUDKAN MIMPI

in #keperawatan6 years ago (edited)

All happen because we are care!!

Assalamualaikum sahabat steemit. Kali ini saya ingin sedikit berbagi tentang ekspektasi saya yang belum terlaksana dengan sempurna di dunia keperawatan. Sejak masih kuliah, saya mempunyai cita-cinta ingin mengaplikasikan apa yang saya dapat di Fakultas Keperawatan di lapangan baik untuk individu, keluarga dan masyarakat secara nyata. Intinya semua proses keperawatan yang memang fokus untuk memenuhi kebutuhan dasar baik bio psiko sosio dan spiritual dapat teraplikasikan secara nyata bukan hanya untuk orang yang sakit tetapi juga untuk yang sehat secara holistik. Hampir setiap hari ide untuk menjadikan nyata muncul dan selalu saya tulis di buku agenda dengan harapan setelah pendidikan profesi nanti semua yang sudah saya rencanakan akan terlaksana sesuai plan of action yang sudah terancang.

Dan Alhamdulillah pada akhirnya saya lulus pendidikan profesi dan mendapatkan gelar profesi Ners (Ns). This is the time, selain sibuk mencari kerja dan melamar dimanapun walaupun tidak ada pengumuman adanya lowongan kerja mulai dari klinik, rumah sakit, akademi kebidanan dan akademi keperawatan. Saya tetap fokus pada tujuan saya sebelumnya memikirkan bagaimana caranya semua yang telah ada di Planning List segera bisa diimplementasikan. Dan akhirnya saya memutuskan untuk membentuk sebuah komunitas perawat yang nantinya saya akan mengajak beberapa teman sejawat satu kuliah untuk bergabung. Awalnya memang agak susah untuk mengajak kawan-kawan untuk membentuk komunitas perawat apalagi sebagian kawan-kawan ada yang mempertimbangkan masalah dana jika nanti ada beberapa program yang sedang dijalankan. Padahal sebelumnya sudah saya jelaskan komunitas ini kita bangun dengan sukarela terlebih dulu untuk berbagi tentang promosi kesehatan kepada masyarakat, tidak ada bayaran dari apa yang telah kita rencanakan selain pahala dari Allah SWT. Dan kalau memang memerlukan dana itu akan kita gunakan dana pribadi seikhlasnya. Ya begitulah, memang agak susah untuk mencari teman-teman solid yang seide dengan kita. Tidak jarang pula kawan-kawan yang meremehkan dan mengatakan tidak penting membentuk komunitas perawat karena tidak akan menghasilkan kontribusi apapun. Tapi Alhamdulillah, saya bertemu dengan beberapa teman-teman yang mendukung dan ikut bergabung. Memang tidak sampai 10 orang, hanya 5 orang saja tapi bagi saya itu lebih dari cukup. Mereka Ns. Elva Mumtazia, S. Kep,. Ns. Nopyta Rosa, S. Kep,. Ns. Riski, S. Kep,. Ns. Dahlia Ananda, S. Kep,. Dan Ns. Miftahul Ahya, S. Kep,. dan saya sendiri Ns. mira Fajarina, S. Kep.

Dengan yakin kami mulai mencari nama untuk komunitas dan menyusun rencana serta program-program. Setelah beberapa kali melakukan rapat, kami memutuskan CNC atau Community of Nursing Care sebgai nama komunitas perawat kami.

image

Nama saja komunitas, selain baru saja terbentuk pasti terdapat banyak kendala dalam menggerakkannya. Itu tidak membuat saya menyerah, dengan dukungan penuh kedua orang tua dan keluarga saya terus berusaha agar komunitas ini jalan dan segera kita dirikan secara resmi dan menentukan tanggal launchingnya.

boldLAUNCHING CNC

CNC berdiri sejak 27 September 2013, tanggal tersebut merupakan tanggal launching CNC yang langsung dilakukan oleh dewan penasehat utama CNC masa itu yaitu ibu Ns. Darmawati, M. Kep, Sp. Kep. Mat. Beliau merupakan salah satu Dosen dan Waka Prodi Keperawatan Unsyiah. Alhamdulilah acara launching CNC di Aula Pertemuan Ayam Penyet Pak Ulis tersebut berjalan dengan lancar dan sukses.
Dalam acara tersebut, pendiri CNC yaitu saya sendiri Ns. Mira Fajarina, S. Kep sempat memaparkan visi dan misi, tujuan, manfaat serta program-program CNC didepan semua yang berhadir. Pada kesempatan tersebut pendiri juga turut mengundang Bapak Michael Oktaviano Pendiri BFLF (Blood for Life Foundation) untuk memberikan beberapa kesan dan pesan untuk komunitas kami.

Setelah dilaunching, pendiri CNC juga sempat mengajukan proposal langsung ke Kantor DPR untuk mendukung progam komunitas perawat ini, Alhamdulilah mendapatkan respon positif. Akan tetapi karena beberapa keterbatasan dan kendala CNC vakum dalam beberapa tahun terakhir. Kawan-kawan yang bergabungpun sebagian sudah berkeluarga dan bekerja sehingga program yang telah direncanakan tidak terlaksana secara maksimal.

Begitupun dengan saya yang saat itu juga sudah bekerja menjadi Dosen di salah satu Akademi Keperawatan di Banda Aceh. Akan tetapi hal tersebut tidak membuat saya patah semangat, walaupun sendiri saya terus maju dengan segala kekurangan tetapi saya ubah menjadi kelebihan. Saya mulai mencari komunitas-komunitas lain dan saya memutuskan bergabung dengan komunitas lain dengan harapan suatu hari ini program saya di CNC bisa saya gabungkan dengan program mereka jika memang mereka setujui dan Alhamdulillah beberapa komunitas tersebut menerima ide-ide tersebut. Salah satunya adalah A3R (Aneuk Atjeh Anti Rokok). Bersama A3R kami sempat beberapa kali memberikan promosi kesehatan dan on Air diradio seputar masalah rokok. Walaupun bukan membawa nama komunitas saya, itu tidak penting bagi saya. Yang paling penting berbagi atau sharing ilmu terlepas dari komunitas apa itu. Tujuan yang sama adalah point utama.

Kemudian CTCS dan RZ (Rumah Zakat). Bersama RZ sampai sekarang saya masih sering memberikan penyuluhan ke desa binaan mereka. Alhamdulillah, sangat bahagia rasanya bisa berbagi langsung semua ilmu tentang kesehatan khususnya keperawatan kepada masyarakat secara langsung.

Walaupun di CNC sekarang saya hanya sendiri tetapi itu tidak membuat saya berhenti sampai disini, saya akan tetap berusaha mengaplikasikan semua yang sudah saya rencanakan. Insya Allah akan tereleasisasikan tanpa batasan waktu.

Maka dari itu sahabat steemit, saya ingin mengajak semua kalangan perawat baik itu yang masih menjadi mahasiswa atau pun yang sudah menyelesaikan studinya untuk bergabung bersama kami di CNC agar semua program dapat terealisasikan dengan baik. Doakan ya sahabat steemit!!

Berikut ini saya juga punya satu video ketika saya memberika penyuluhan hipertensi bersama RZ

NOTE : BAGI SIAPAPUN YANG INGIN ATAU MENDAPATKAN PENYULUHAN SEPUTAR KESEHATAN BOLEH LANGSUNG KONTAK SAYA YA SAHABAT STEEMIT DI NO WA 082311335411

Sort:  

Makasi banyak. Doakan yaa tahun ini bisa tercapai tujuan CNC!!

Iya amin, semoga tercapai

Amin Ya Allah..

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.034
BTC 63815.31
ETH 3124.40
USDT 1.00
SBD 3.99