Nasi Tumpang Kediri, Kuliner Pelepas Rindu.

in #kediri6 years ago (edited)

Halo Kawan Steemian :)

Kali ini saya @fesbukan akan sharing tentang makanan favorit di kota kelahiran saya di Kediri.

Saya meninggalkan kota kelahiran Kediri sejak tahun 1995. Banyak yang masih teringat dalam memori tentang masa kecil di kota ini. Salah satunya adalah kuliner tradisional ini, yaitu Nasi Tumpang Kediri. Kuliner ini menjadi menu wajib ketika saya pulang ke kota ini. Rasa paling khas dari Nasi Tumpang ini yang pas dengan lidah saya memang yang ada di Kediri ini. Saya sudah mencoba beberapa olahan Nasi Tumpang, baik di Semarang, Boyolali, maupun Solo, namun rasa khasnya memang yang di Kediri juaranya.

Apa sih Nasi Tumpang itu? Kuliner yang bagaimana wujudnya?

4.jpeg

Kuliner ini mudah ditemukan di Kediri dan menjadi makanan sehari-hari. Biasanya menjadi satu dengan warung-warung makan yang menawarkan nasi pecel bedanya hanya di bumbunya yang disiramkan di atas sayuran. Menu nasi pecel, kita familier dengan sambal bumbu kacang sedangkan di nasi tumpang sambal bumbunya dibuat dari racikan tempe semangit yang diracik dengan beberapa bahan seperti daun jeruk, daun salam, lengkuas, dan santan.

3.jpeg

Kalau saya biasanya akan memilih buah pepaya muda yang diserut tipis-tipis sebagai sayuran pelengkap sambel tumpang. Untuk lauknya, biasanya lebih pas dengan “trasi dele”, makanan yang terbuat dari adonan kedelai yang digoreng. Tapi apabila tidak ada, bisa ditemani tahu atau tempe. Oiya, jangan lupakan peyek teri yang gurih sebagai cemilannya. Kombinasi kuliner inilah yang selalu membuat saya selalu rindu untuk pulang.

2.jpeg

1.jpeg

Kalau pas melewati kota Kediri ini, silakan mencicipi kuliner Nasi Tumpang Kediri ini. Citarasa yang berbeda, dijamin bikin ketagihan.

Terimakasih sudah berkunjung dan membaca tulisan ini, apabila tidak keberatan silakan Follow saya di @fesbukan, boleh sekali apabila ingin Upvote dan tentu saja saya akan senang sekali apabila ada yang me-resteem.

Terima kasih kepada Komunitas Steemit Indonesia @curie dan Terima Kasih kepada para Curator Indonesia @aiqabrago dan @levycore

Sort:  

wow ...asli selera nusantara

wah enaknya, sekilas mirip pecel ya

betul, beda sambalnya saja :D

Coin Marketplace

STEEM 0.30
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 64449.70
ETH 3164.37
USDT 1.00
SBD 3.87