Memulai Usaha

IMG_20230202_112215_022.jpg(kandang ayam yang kami pesan di meubel)

Rencana di tahun ini untuk kembali memulai usaha, banyak ide usaha yang akan kami jalankan, salah satunya adalah ternak ayam kampung. Dari dulu ternak ayam kampung adalah salah satu usaha yang ingin saya jalankan, tapi dulu saya berpikir lahan tidak cukup, modal buat kandang dan lain sebagainya. Tapi untuk tahun ini saya harus mewujudkannya.

Diawal tahun ini memang ekonomi keluarga saya sangat jatuh, tidak ada pekerjaan belum lagi cicilan yang harus di bayar setiap bulan.
Saya berpikir jika saya fokus di usaha mungkin dalam 4 bulan akan berhasil tapi dalam waktu merintis usaha ini tidak ada pemasukan sama sekali untuk biaya hidup dan bayar cicilan.

Tadi malam saya bersama istri saya sudah sepakat untuk serius di usaha ternak, untuk modal awal kami sudah punya induk babi satu dan diperkirakan akan melahirkan pada awal bulan 4, beberapa induk ayam yang telurnya akan kami tetaskan dalam mesin tetas ( sudah 9 butir yang menetas).

Tarigan gondrong tadi mencoba menawarkan kerjasama, induk babi mereka kami pinjam dengan syarat anak nya dibagi.

IMG_20230202_112228_266.jpg ( jore yang selalu dekat menonton tv, walaupun kami sudah melarangnya)

Untuk menambah penghasilan saya mencoba untuk menjadi jurnalis di media online, profesi ini yang pertama bagi saya. Sebenarnya saya sangat bingung harus memulai dari mana, saya tidak punya kenalan jurnalis di jayapura tapi saya harus mencoba, di awal tahun ini pimpinan redaksi saya menekankan bahwa para jurnalis harus menjalin kemitraan di lapangan dengan instansi pemerintahan, itu juga saya tidak mempunyai koneksi, tapi saya akan mencobanya.

Coin Marketplace

STEEM 0.18
TRX 0.14
JST 0.029
BTC 58248.35
ETH 3136.18
USDT 1.00
SBD 2.36