Brownies bernama Isaac **bold**

imageKok brownies nama nya Isaac ? Ceritanya terjadi pada saat Namus masih merupakan cafe kecil. Di mulai ketika saya memuat foto kue brownies yang baru saja matang yang sudah saya potong- potong dan masih di dalam loyang di salah satu group facebook. Untuk menunjukan bahwa brownies yang saya jual di toko saya adalah benar buatan sendiri. Kemudian salah seorang member yang populer bernama isaac, iseng menulis komentar: “ I want the want on the bottom right “. Saya jawab: “ok..should I put your name on it ?”. Kemudian kita saling bercanda. Saya MEMANFAATKAN candaan tersebut. Keesokan hari nya saya memuat foto sepotong brownies dengan papan nama bertulis Isaac ini di group tersebut. Di tag dong si Isaac. Posting an saya itu banyak mendapat “like” dan komentar dari orang2 yang terhibur. Ya namanya juga sosmed, pasti ada yang nge-bully. Tapi saya tetap menjawab nya dengan professional yang akhir nya saya mendapatkan perhatian dari member yang populer juga bernama jack. Dia mengatakan akan berkunjung ke tempat saya keesokan hari nya dan akan menuliskan “review”mengenai cafe saya langsung. Pada malam itu tak saya duga Isaac datang mengambil brownies nya. Dia berkata: “ you do very clever marketing”. Dan saya pun tersenyum puas. Jack pun menepati janjinya dan sejak saat itu saya, brownies dan cafe saya menjadi dikenal banyak orang.
Beberapa orang datang untuk berkenalan dan ngobrol dengan saya di toko. Ada yang sekedar lewat dan memanggil nama saya.

Dari cerita di atas, saya ingin menyampaikan trik bagaimana memanfaatkan dan berpromosi di sosmed :

  1. Be personal.
    Kenalkan dirimu sebelum mengenalkan usaha mu. Awal nya dengan menuliskan komen atau pendapat anda di topik2 tulisan yang menarik banyak orang. Entah itu canda-an, saran, pendapat atau dukungan. Tetap ingat, hanya komentar2 yang positif dan beretika. Kemudian muat lah tulisan2 yang menarik dan kekinian. Sedikit sensasional boleh lah.
  2. Observation.
    Amati siapa saja member group yang populer dan siapa saja “trolls” atau the micins. Tuliskan komentar kamu di setiap “post” para selebriti group tsb. Ikuti pergerakan mereka. Komentar2 mereka. Karena otomatis mereka akan memperhatikan tulisan atau komentar2 kamu di setiap post. Pada saat itu saya memilih Jack dan Isaac.
  3. Show what you have.
    Tunjukan bisnis mu dan apa yang kamu lakukan. Tunjukan profesionalitas mu terutama menghadapi kaum micin dan kritikan.
  4. See opportunity.
    Ya mencari celah untuk promosi seperti yang saya lakukan memang tidak mudah. Dan tetap ingat etika. Jangan pernah mendompleng atau merekomendasikan bisnis anda sendiri.

Memang di perlukan ketajaman insting marketing dalam bisnis. Jika anda merasa tidak mempunyai kemampuan dalam hal tersebut atau sudah terlalu sibuk dalam kegiatan produksi, sebaiknya anda menggunakan jasa marketing consultant. One man show...seperti saya lakukan dulu sangat lah meletihkan. Dan sulit mendapatkan hasil maksimal.

Kunjungi page https://www.facebook.com/Namusbali/

Coin Marketplace

STEEM 0.20
TRX 0.12
JST 0.029
BTC 61577.64
ETH 3448.57
USDT 1.00
SBD 2.53