Mulai Menulis

in #introduceyourself6 years ago (edited)

Hmm oke... jadi aku sebenarnya sudah lama ingin mulai menulis artikel di steemit, tapi karena sesuatu dan lain hal, sehingga aku baru bisa menulis artikel ini sekarang, itupun karena terpicu oleh artikel dari Daprin dan Omrobbie. Big Thanks to them!

Perkenalan

Menulis artikel tentang perkenalan diri di #introduceyourself sepertinya menjadi tradisi di sini (steemit). Walau aku tidak pandai bercerita, apalagi menceritakan diri sendiri. Itu rasanya seperti kembali ke masa lalu dimana ada banyak sekali momen, baik itu momen yang baik maupun yang buruk. Dan terkadang malah baper saat inget momen buruknya.

Oke sip, jadi salam kenal! namaku Kadek Adi Andrea, kalian bisa memanggilku Adi, beberapa teman juga ada yang memanggilku Kadek, Dedek, Andre, dan lain - lain. Statusku saat ini adalah sebagai mahasiswa yang (baru) melanjutkan studinya untuk mencoba mendapat gelar sarjana. Selain kuliah aku juga bekerja sebagai Mobile Application Developer di suatu software digital agency di Denpasar, Bali.

Kegiatanku sehari - hari sebagian besar kuhabiskan dengan berada di depan laptop, membaca artikel, mengetik, nonton youtube, dan beberapa nerd stuffs lainnya. Teknologi yang aku fokuskan saat ini adalah pengembangan aplikasi android. Disamping itu aku juga sedang mempelajari teknologi Blockchain menggunakan Platform Ethereum.

Sekian dan terima kasih.

Ups, apa perkenalan ini terlalu singkat? oke akan aku coba tambah dengan sedikit berbagi cerita tentang pengalamanku berkarir di dunia pemrograman, walau sepertinya ini belum pantas disebut karir yang layak diceritakan dan dibanggakan.

My First Team

Sewaktu kuliah dulu di tahun 2014, aku diajak untuk mengikuti suatu kompetisi di suatu universitas di Surabaya. Pada kompetisi itu aku diajak oleh kedua temanku untuk membentuk sebuah tim, dan kami sangat antusias mengikuti kompetisi tersebut. Di kompetisi inilah yang memaksaku untuk mulai belajar pemrograman android.

Proposal yang kami buat lolos dan kamipun berangkat ke Surabaya. Bertemu pada mahasiswa dari berbagai macam univeresitas yang karyanya sangat luar biasa. Kami mendapat juara 3 dikategori yang kami ikuti, dan tentu saja waktu itu kami sangat senang sekali, karena dapat jalan - jalan gratis ke surabaya aja sudah senang, apalagi dapat juara, ya gak?

My First Job

Pekerjaan pertamaku setelah lulus kuliah di tahun 2015 bukanlah menjadi seorang programmer, melainkan menjadi Software Tester. Padahal aku tidak punya pengalaman ataupun keahlian dalam dunia testing, tapi ya namanya baru lulus kuliah dan ingin cepat dapat kerja, apa salahnya dicoba?

Selama menjadi software tester, kadang aku iri melihat para developer yang kerjaannya ngoding. Ya, aku kangen banget pengen ngoding! Sampai aku kadang - kadang mencuri waktu buat buka Android Studio ngerjain proyek iseng (ini jangan ditiru ya) saking ngebetnya.

Back To School

Karirku sebagai software tester berjalan tidak terlalu lama, karena aku memutuskan untuk melanjutkan studiku di tahun 2017. Sehigga otomatis aku harus keluar dari tempat aku bekerja menjadi software tester pada saat itu.

Lah, kok ga kerja sambil kuliah aja? Nah ini, aku lupa bilang kalo tempatku bekerja terletak di Pacung, Baturiti, Tabanan. Sedangkan aku akan melanjutkan kuliah di Denpasar, yang dimana sangat tidak mungkin untuk mendatangi kedua tempat itu dalam satu hari.

Suatu saat nanti aku sangat ingin kembali berkunjung ke tempat kerja lamaku itu. Menyapa teman - teman disana yang sudah sangat baik dan ramah terhadapku.

Community

Selepas berhenti bekerja dan sebelum mulai kuliah, aku mengikuti beberapa kegiatan yang diusung beberapa komunitas teknologi lokal. Diantaranya yaitu Indonesia Android Kejar, BEKRAF Digital Talent, Associate Android Developer Scholarship, dan Google Developer Group Bali.

Indonesia Android Kejar

Indonesia Android Kejar (IAK) adalah event yang dari dulu aku ingin ikuti. Kebetulan saat itu IAK sudah resmi ada di Denpasar dan tentu saja aku tidak ingin melewati kesempatan ini.

Berawal menjadi fasilitator di level Intermediate pada periode 1, kemudian mencoba jadi fasilitator di level Advance pada periode 2, dan sekali lagi menjadi fasilitator Advance pada periode 3 membuatku sadar, bahwa proses pembelajaran tidak hanya kita dapat dari saat kita belajar sendiri maupun belajar bersama, tapi kita bisa belajar saat kita membagi ilmu yang sudah kita punya kepada orang lain.

BEKRAF Digital Talent

Ini adalah program yang diinisiasi oleh BEKRAF untuk mencetak developer handal untuk bersaing di industri. Ada 2 Batch pada program ini, pada Batch 1 aku iseng mengikuti kelas web development. Yup, karena aku sangat lemah di teknologi web.

Pada Batch 2 aku dipercaya menjadi fasilitator Android, berduet bersama Omrobbie, seorang developer yang mempunyai semangat tak terbatas.

Associate Android Developer Scholarship

Dimana ada beasiswa, disitu ada gratisan! apalagi yang gratis itu ilmu, dan dikasi sertifikasi pula! Alasan apalagi yang bisa ku pakai untuk menolak ini?

Terima kasih Udacity yang sudah mengadakan beasiswa ini, dan juga selamat kepada para penerima beasiswa yang sudah berhasil menempuh serangkaian proses dan berhasil lulus di sertifikasi ini. Mari Gunakan pengalaman ini untuk membangun ekosistem developer menjadi lebih baik!

Google Developer Group Bali

Mulai aktifnya beberapa kegiatan komunitas teknologi di Bali akhirnya membuahkan pencapaian. Pada 15 September 2017 Google Deveoper Group Chapter Bali resmi didirikan! Berkat sang manager yang sudah sangat berpengalaman, yang biasa dipanggil Om Leo, akhirnya komunitas kece ini resmi ada di Bali.

Di GDG Bali aku bersama 2 orang lainnya menjadi co-manager untuk membantu mengorganisasi kegiatan - kegiatan yang nantinya akan diusung oleh GDG Bali. Pada tahun 2017 lalu kami pun sudah mengadakan berbagai macam event. Buat kalian yang ingin tahu lebih lanjut mengenai GDG Bali dan event - event selanjutnya yang akan kami adakan, cekidot di Meetup, Facebook, dan Instagram.

Thats it!

Masih sangat banyak cerita yang bisa aku sampaikan disini, tapi rasanya tidak pantas kalau artikel perkenalannya terlalu panjang.

Untuk saat ini aku berharap dapat segera lulus dari kuliah dan tetap dapat berkontribusi pada kegiatan - kegiatan di komunitas teknologi lokal yang ada di Bali.

Buat kalian yang ingin berbagi tentang teknologi Google seperti Android, Angular, Firebase, dan lain - lain jangan ragu untuk menghubungiku untuk mengadakan event meetup di GDG Bali.

Sort:  

Asik @adiandrea, satu post lagi full of love and gratitude

Salam kenal dari ku @adiandre, cerita yang sangat menarik, semoga sukses selalu bersama...
Salam sukses...
Salam steemit...

Wah.., aku di endorse @adiandrea .. Developer idola kawula muda..
Terima kasih untuk sharingnya. Keren!

MY SCANNER AUTOMATICALLY SCAN YOU...
Hello and welcome to the community. I followed you and would appreciate a follow back. I'm looking forward to see more posts! Have a great day and have fun. Welcome!

Please upvote, comment, resteem and follow @niteshbaniya
get back to back in touch for upvote

Your Post Has Been Featured on @Resteemable!
Feature any Steemit post using resteemit.com!
How It Works:
1. Take Any Steemit URL
2. Erase https://
3. Type re
Get Featured Instantly – Featured Posts are voted every 2.4hrs
Join the Curation Team Here

@resteemator is a new bot casting votes for its followers. Follow @resteemator and vote this comment to increase your chance to be voted in the future!

adi gitu lho.... ajarin aku pro guard di

Congratulations @adiandrea! You received a personal award!

1 Year on Steemit

Click here to view your Board of Honor

Do not miss the last post from @steemitboard:

Saint Nicholas challenge for good boys and girls

Support SteemitBoard's project! Vote for its witness and get one more award!

Congratulations @adiandrea! You received a personal award!

Happy Birthday! - You are on the Steem blockchain for 2 years!

You can view your badges on your Steem Board and compare to others on the Steem Ranking

Vote for @Steemitboard as a witness to get one more award and increased upvotes!

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.032
BTC 62486.49
ETH 3015.74
USDT 1.00
SBD 3.93