Catatan IndonesiaChallenge11--Dari Hobi ke Rupiah

in #indonesiachallenge117 years ago (edited)

MASRIADI SAMBO_LHOKSEUMAWE.jpg

SAYA dihubungi @aiqabrago untuk meminta jadi juri dalam Indonesia Challenge#11. Artinya, ini kali kedua saya membaca naskah para stemians ini. Berbeda dengan sebelumnya, kali ini sungguh saya kesulitan menentukan pemenang lomba rutin itu.

Kesulitan itu karena sesungguhnya semua tulisan saya anggap bagus. Namun, sayangnya hanya tiga pemenang yang tersedia kali ini. Menentukan satu sampai tiga itu kesulitan tersendiri.

Lalu, apakah muncul pertanyaan semua tulisan itu bagus atau tidak? Saya jawab, semua tulisan ada kadar bagusnya. Tak ada yang sempurna. Menulis itu bukan pekerjaan tiga satuan kredit semester (SKS) di kampus. Menulis itu pekerjaan konsisten dan teliti.

Sebagus apa pun tulisan kita, pasti ada cela. Tugas kita meminimalisir cela itu sekecil mungkin. Tulisan saya pun pasti akan ada salahnya. Saya sering menyampaikan kalimat kira-kira begini dalam setiap pelatihan menulis “setelah menulis draf, jurus paling ampuh untuk mengetahui tulisanmu salah atau benar, maka berikan naskah itu ke temanmu. Pasti dia akan tahu dimana salahnya. Daftar panjang salah akan tersusun dengan rapi. Ini hakikat manusia, tau kesalahan orang lain. Belum tentu tau kesalahan diri sendiri. Ini jurus editing terbaik.”

Saya mempertimbangkan juga peserta yang sudah menang beberapa kali. Mohon maaf, meski tulisan bagus, saya mengabaikannya. Mengingat berbagi kesempatan pada stemians yang lain.

Saya sarankan, agar para pemenang dan penulis senior ini tak mengikuti lagi lomba ini. Walau tentu ini tidak ada larangan dari kurator Indonesia. Namun, hanya saran saya saja. Tujuannya, agar bisa berbagi kemenangan dengan peserta lainnya.

Peserta lomba kali inisebanyak 74 orang. Satu orang bahkan menyertakan tiga naskah sekaligus. Tentu, saya apresiasi itu. Kegigihan menulis sesungguhnya bukan soal menang dan kalah. Namun soal bagaimana menjaga konsistensi untuk menulis. Konsisten ini yang sulit.

Soal kesalahan teknis, tentu masih bertaburan. Misalnya penggunaan huruf kecil dan kapital dan lain sebagainya. Itu masih acak kadut. Tak mudah memang membenarkan ejaan yang disempurnakan itu. Tapi, saya menyarankan agar terus berlatih.

Apakah pemenang ini sempurna? Jawabannya tidak. Namun beberapa hal saya menganggap ketiganya lebih baik. Soal akan ada protes kenapa si ini menang dan si itu menang, tentu bisa panjang diskusinya. Dan, saya terbuka mendiskusikannya.

Berikut ini pemenangnya :

JUARA

  1. @andifirdhaus = Love Bird, Bukan Sekadar Hobi
  2. @dyasukma- Selamat datang, penjelajah dunia bawah laut Indonesia
  3. @kayya.muleeya = | Aku dan hobiku | INDONESIA CHALLENGE 11

NOMINASI

  1. @andifirdhaus = Love Bird, Bukan Sekadar Hobi

  2. @dyasukma- Selamat datang, penjelajah dunia bawah laut Indonesia

  3. @kayya.muleeya = | Aku dan hobiku | INDONESIA CHALLENGE 11

  4. @taministy = teemit Indonesia Challenge#11: "Aku Kuli Tinta, Hobiku Mencari Fakta"

  5. @ihansunrise - Menyeduh Narasi Dalam Secangkir Kopi

  6. @atafauzan79 = Aku & Hobiku - Otak Atik Komputer

  7. @mushthafakamal Berawal dari Piala Dunia 1998

  8. @mocin1993- Steemit Indonesia Challenge 11 adalah tentang “Aku dan hobiku”.

  9. @zakir43- Aku dan Hobiku: Saya adalah Seorang Playboy Jomblo

  10. @dilimunanzar = INDONESIA CHALLENGE 11 | Aku dan Hobiku

  11. @sulmar- Indonesiachallenge11 (Petualangan Adalah Jalan Hidupku)

  12. @rahmanovic - Menelusuri Beberapa Kota di Aceh Bermodalkan Bahasa Asing

  1. @arkan #indonesiachallenge11 Aku dan Hobiku "Foto Selfie Beralih Ke Fotografer"

  2. @nasrud = Aku dan hobiku : Part – III

Kepada seluruh pemenang saya ucapkan selamat. Bagi yang belum beruntung silakan ikut pada even berikutnya. Saya bahkan menyarankan ikut lomba lain juga, anggaplah itu mengasah ketajaman berpikir, melatih otak untuk menggerakkan tangan ke tulisan dan tentu kalau menang mendapatkan rupiah. Sesuai tulisan ini, anggaplah, apa yang stemian lakukan dalam lomba - Dari Hobi ke Rupiah, Dari Pura-pura ke Sungguhan-. Tabik.

@masriadi

Sort:  

Haha, tabik ketua. Saya sempat membaca tulisan pemenang juara satu itu, luar biasa memang postingannya.. #lageesyok

yg mana itu hahaa,

Love Bird, Bukan Sekadar Hobi

Selamat wa tahniah kanda @andifirdhaus, kali nyoe ka bereh meurumpok honoris causa dari steemit

Terimakasih banyak, ini benar2 menjadikan motivasi untuk saya melanjutkan menulis. Menulis, dunia yang sangat baru bagi saya. Selamat bagi pemenang yg lain, dan untuk seluruh peserta jangan patah semangat, tetap berkarya dan berbagi informasi bagi yg lain. 😃

selamat selamat

Selamat buat semua pemenang...

Mantap bg @masriadi. Saya ucapkan selamat untuk para pemenang. Terus semangat untuk para nominator, anggaplah itu sebagai kemenangan yang tertunda. Salam Komunitas Steemit Indonesia (KSI).

Saya suka dengan kalimat "Berbagi Kemenangan." Ini hal yang sangat penting dan belum ada diterapkan di banyak belahan dunia, tapi ada di "State of Steemit." Itulah sebabnya saya punya keyakinan bahwa kita bisa menghadirkan suasana batin baru dengan media yang dibangun di atas teknologi blockchain ini.

Semua media, termasuk media sosial sudah dikendalikan oleh spirit kapitalisasi dimana lalu lintas informasi tidak lagi menjadi jendela pikiran dan hati. Nah, di steemit ini, suasana batin yang dirindui oleh "masyarakat salam" masih ada, dan salah satu yang saya temukan hari ini adalah "Berbagi Kemenangan."

Ini jelas bukan kompetisi biasa, melainkan kompetisi "peACE-Heart." Selamat kepada juri dan kepada pemenang. Kalian bukan sekedar pemenang biasa, melainkan pemenang yang memiliki tugas untuk juga "Berbagi Kemenangan." Kemenangan apa? Kemenangan untuk menyambut dunia baru yang dipicu oleh teknologi blockchain.

sepakat, mari berbahagia

Salam untuk kakanda @masriadi,,, dan selamat untuk pemenang, ayoe semangat,,, kekalahan adalah kemenangan yang tertunda, saya akan tunggu tantangan berikutnya kakanda @masriadi, hehehhe

mantap. coba yang lebih gede lagi tantangannya tami.

hahahaha. nanti kalau kakanda @masriadi tidak jadi juri, saya akan belajar dari kakanda, hehehe

Wow ...luar biasa, walaupun sy tidak ikut namun sy apresiasi atas usaha para juri.

selamat kepada pemenang...en salam tabik kepada @masriadi sambo

salam salam bukan aneuk gureu salam ya

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63114.90
ETH 2626.13
USDT 1.00
SBD 2.72