Sangku Ci Tang (Sup Ayam Jamur)

in #indonesia6 years ago (edited)

Hai, teman-teman steemian. Apa kabar kalian hari ini? Semoga selalu mendapat keberkahan dari zat pemberi hidup dan tempat kita berlindung. Zat yang menaungi semua jagat raya. Tempat kita meminta perlindungan ketika kita hidup juga setelah kita kembali dihidupkan nanti.

Langit di atas Taiwan hari ini sangat cerah setelah kemarin siang dan juga semalam diguyur hujan yang disertai guntur menggelegar. Semoga cerah hari ini membawa semangat baru untuk berkarya di bidang yang teman-teman geluti. Selalu sukses untuk menapaki segala rencana yang telah teman-teman susun.

Beberapa hari ini karena pekerjaan yang menumpuk saya vakum tidak menulis apapun di steemit. Hal tersebut membuat pagi ini saya disenggol sayang dengan pertanyaan oleh senior saya di Steemit Taiwan, mbak @ettydeallova. Ah, sebuah senggolan mesra yang membuat saya duduk manis memainkan keyboard. Beliau ini (mba @ettydeallova) didampingi bang @ahmadnayan plus teman-teman lainnya yang tergabung di komunitas KSI-Chapter Taiwan memang penyemangat yang mampu menebar racun bagi kami para pemula di Steemit Taiwan.

Dari senggolan mesra senior itu saya jadi ingin mengepost tentang sup ayam yang baru saja saya masak. Ini adalah sup ayam Taiwan namun resepnya tidaklah original karena memasaknya hanya dengan ala-ala saya saja. Bumbu-bumbu yang saya gunakan juga hanya yang mampu saya ingat dari yang pernah saya lihat ketika orang lain memasaknya.
20180413_103552.jpg

Sangku Ci Tang (Sup ayam jamur)

Bahan dan bumbu yang dibutuhkan

  1. Daging ayam sebanyak 3 ons, boleh bagian paha maupun dadanya.
  2. Sekitar 2 cm jahe muda
  3. Sesendok buah ghoji
  4. Beberapa buah jamur kering (saya memakai 4 buah)
  5. Air 1 liter
  6. Sepucuk sendok teh garam.
    20180413_103116.jpg
    20180413_103306.jpg

Cara memasak.

  1. Rendam jamur kering hingga lunak, kemudian potong menjadi 3 atau 4.
  2. Cuci bersih ayam, lalu direbus sampai mendidih. Sekitar 30 detik. Matikan api. Buang air rebusan ayam kemudian cuci kembali ayam yang sudah direbus tadi.
  3. Didihkan air, lalu masukan ayam jamur yang telah dipotong dan buah ghoji.
  4. Rebus hingga ayam lunak dan matang.
  5. Iris jahe muda seperti korek api.
  6. Setelah api dimatikan masukan irisan jahe muda dan garam .
  7. Siap untuk dihidangkan.

Saya suka mengkonsumsi sup ini karena dalam sup saya bisa memasukan buah ghoji. Buah merah ini memiliki banyak khasiat. Diantaranya adalah mengurangi kelelahan pada mata saya. Sering juga saya menyeduhnya saja seperti menyeduh teh. Efek kelelahan memang lebih cepat hilang jika saya mengkonsumsinya.

Mari menikmati sangku ci tang. IMG-20180327-WA0018.jpg

Sort:  

Ingin banget mempersembahkan untuk bu guru cantik @ettydeallova. Semoga suatu hari bisa.

Nahhh,,ini sudah jadi satu karya Mba@yulianti101.
menu luar biasa dari Formosa👍

Coin Marketplace

STEEM 0.16
TRX 0.15
JST 0.027
BTC 60256.67
ETH 2327.64
USDT 1.00
SBD 2.46