Wajah Baru Krueng Dho

in #indonesia6 years ago

P_20190120_110916.jpg

Hampir 30 menit aku berputar-putar mencari lokasi Bantaran Krueng Dho, Dusun Kerinci, Setui, Banda Aceh.

Hingga akhirnya seorang bocah menujukkan jalan menuju ke desa yang dipenuhi oleh mural (lukisan dinding) yang menarik ini.

Awalnya aku merasa takut untuk memasuki gang sempit dengan rumah ya begitu rapat. Di salah satu pos jaga ada beberapa lelaki paruh baya yang menambah kegundahanku. Aku memberanikan diri untuk bertanya kepada mereka.

Dugaanku meleset yang awalnya aku mengira mereka akan menginterogasi dan memperolok-olokku, rupanya mereka begitu ramah dan sopan. Bahkan mereka menujukkan jalan menuju gang sempit yang dilukis dengan berbagai mural. Dari logatnnya, mereka bukanlah orang Aceh. Aku mengira mereka berasal dari Pulau Jawa yang mencoba mencari kehidupan di Aceh.

P_20190120_111530.jpg

Dugaanku benar ketika aku bertemu seorang seniman dari desa tersebut bernama Zul yang merupakan orang Aceh asli, ia mengatakan bahwa di tempat yang dulunya kumuh ini kebanyakan adalah pendatang.

Namun, perlu aku akui keramahan mereka membuatku merasa haru, bahkan bocah lelaki yang bernama Revan itu mengajakku keliling desanya yang berwajah baru itu.

Senang rasanya bisa melihat Bantaran Krueng Dho yang kini lebih indah dengan warga yang ramah.

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63843.45
ETH 2624.02
USDT 1.00
SBD 2.76