Akhirnya Bukuku Diterbitkan

in #indonesia6 years ago

Cover Makna Pelaminan12.jpg

Tiga tahun aku menunggu, akhirnya pada moment Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) VII buku pertamaku ini diterbitkan.

Buku yang berjudul Makna Pelaminan Kasab Aneuk Jamee Aceh Selatan ini awalnya berjudul Catatan Pengrajin Kasab.

Mulanya aku hanya ingin tahu tentang makna dan filosofis kasab yang tersulam di pelaminan adat aneuk jamee. Dikarenakan rasa penasaranku itu, aku bertemu dengan seorang laki-laki yang usianya lebih setengah abad. Namun, ingatannya masih kuat dan mengetahui makna dan filosofis di kasab tersebut.

Namanya ialah Teuku Laksamana Bin Teukoe Fitahruddin yang katanya keturanan dari Raja Tapak To'en IX. Dari dialah aku mengetahui informasi tentang makna dan filosofis tersebut, hingga menjadi sebuah buku.

Screenshot_20180806-223306.jpg
Buku yang aku layout dan cetak sendiri menggunakan printer

Butuh proses bertahun-tahun hingga buku ini siap diterbitkan. Bukan karena isinya belum lengkap, tapi karena aku terlalu takut untuk menerbitkan. Tambahnya lagi aku tidak punya modal untuk menerbitkannya sendiri.

Ditawarkan pun ke penerbit, katanya buku ini bersifat lokal dan susah untuk dipasarkan. Selain itu, covernya yang begitu sederhana membuat orang tidak berminat untuk mempublikasikannya.

Akhirnya aku menyuruh salah satu temanku hingga jadilah seperti ini covernya.

IMG-20180305-WA0002_1.jpg

Kemudian, aku juga belum menemukan penerbit karena aku beranggapan bahwa bukuku harus diedit lagi oleh editor. Nyatanya bukuku juga tidak siap-siap lantaran aku malas mengubah kembali kalimat per kalimat yang diedit oleh editor. Draft buku itu pun tak aku pedulikan lagi.

Hingga akhirnya datanglah lamaran dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Selatan untuk menerbitkan buku itu. Buku ini akan digunakan sebagai informasi tambahan saat PKA VII.

Tentu aku sangat senang hati memberikannya, walau tak ada kesepakatan berapa bayarannya untuk penulis.

Bagiku asal buku itu bisa diterbitkan dan dapat informasi kepada masyarakat, syukur alhamdulillah. Inilah ladang amalku di akhirat kelak.

Cover Makna Pelaminan.jpg

Namun, Pemkab Aceh Selatan hanya mencetak 50 buah buku yang digunakan untuk keperluan PKA VII.

Jadi, bagi teman-teman yang berminat dengan buku ini bisa membelinya di Bandar Publishing dengan harga Rp120.000.

Mungkin sedikit mahal bagi orang yang budget-nya pas-pasan. Namun, tidak bagi para pencinta ilmu dan yang menghargai karya.

Mahalnya buku ini karena isinya full colour. Gambar yang ditampilkan dalam buku ini ialah gambar kasab dengan berbagai motif yang tentunya harus meggunakan gambar warna.

Selain itu, buku ini hanya dicetak terbatas yang bila ada pemesanan lagi dikenai biaya cetak. Ini belum termasuk fee untuk penulis dan biaya promosi.

Aku berharap bila ada keuntungan dalam menjual buku ini, aku ingin melanjutkan tulisan berikutnya tentang makna semua kasab yang ada di berbagai daerah Aceh.

Semoga impianku ini tercapai, amin.

Sort:  

Selamat kak, kakak hebat. 😄😄

Alhamdulliah, terima kasih. Semua orang bisa buat buku kok, asalkan dia mau 😁

Wah, cantik tampilan terakhir nya. Selamat ya kk, smoga sukses dengan buku yang pastinya sarat budaya itu 🤗👍

Iya, Amin. Makasih ya atas komentarnya. 😊

Halo @yellsaints24, terima kasih telah menulis konten yang kreatif! Garuda telah menghampiri tulisanmu dan diberi penghargaan oleh @the-garuda. The Garuda adalah semua tentang konten kreatif di blockchain seperti yang kamu posting. Gunakan tag indonesia dan garudakita untuk memudahkan kami menemukan tulisanmu.Tetap menghadirkan konten kreatif ya, Steem On!

Ini sebuah usaha yang telah membuahkan hasil, semoga steemian lain bisa berkarya untuk masa depan yang lebih bermartabat

Amin, ya Allah. Terima kasih kunjungannya.😊

Coin Marketplace

STEEM 0.19
TRX 0.15
JST 0.029
BTC 63466.72
ETH 2683.95
USDT 1.00
SBD 2.80