Cara Saya Menggali Informasi Tentang Crypto

in #indonesia7 years ago

crypto-chips.jpg

Holla.....

Kali ini saya akan sedikit berbagi cerita tentang pengalaman saya dalam mencari informasi mengenai cryptocurrency. Mungkin sudah banyak dari kita yang sudah mengenal cyptocurrency, mata uang digital yang mulai ramai diperdagangkan akhir - akhir ini, tapi tentu masih banyak sekali orang - orang disekitar kita yang masih awam dan tidak tahu tentang crypto. Sekarang ini penggunaan crypto sebagai mata uang tentu masih belum dikenal dan diadaptasi luas di masyarakat, kecuali untuk beberapa crypto yang sudah sangat terkenal seperti Bitcoin, itupun masih terbatas di beberapa negara yang melegalkan Bitcoin sebagai alat tukar seperti Jepang dan mungkin beberapa merchant online yang menerimanya sebagai alat pembayaran. Keterbatasan crypto dalam pemakaiannya sebagai alat tukar tidak sama sekali menghilangkan nilai dari crypto itu sendiri, untuk saat ini cyptocurrency lebih dikenal sebagai digital aset. Perdagangan digital aset terus bergerak pesat pada tahun 2017 ini, ada ratusan crypto yang bisa diperdagangkan secara bebas di berbagai bursa atau exchange crypto di berbagai negara.

Hingar bingar perdagangan crypto ini pun masuk ke Indonesia, dan akhirnya sampailah kepada saya dan menarik perhatian saya, namun sebagai orang yang baru mengenal crypto saya sangat kesulitan mencari sumber informasi yang akurat dan terpecaraya untuk mengikuti perkembangan crypto ini, karena percaya atau tidak, diluar sana banyak sekali informasi tentang crypto yang bisa kita dapat tapi banyak sekali yang bias dan tidak akurat. sehingga dalam menentukan kemana kita harus berinvestasi kita harus ekstra dalam menggali info, jangan asal terima informasi mentah - mentah tapi gali terus dan pahami, jangan percaya kepada semua orang, tapi percaya saja kepada beberapa orang(hahaha). Banyaknya informasi bisa menjadi boomerang sendiri buat saya pribadi, bukan malah mendapat kesimpulan yang berkualitas tapi malah berujung kepala pusing dan bingung mau invest kemana. Semua crypto selalu menyampaikan bahwa mereka yang terbaik, mereka yang tercanggih, mereka akan melampaui bitcoin, hampir semua crypto yang saya kenal pasti menjual kata - kata seperti itu, jadi membatasi informasi yang masuk terkadang juga perlu dilakukan.

Bagi kita sekalian yang tertarik berdagang atau berinventasi cyptocurrency tentu tidak ingin sembarangan dalam membeli crypto tertentu, kita tidak mau kan membeli kucing dalam karung. Berinvestasi dalam dunia crypto saat ini dapat dibilang penuh dengan resiko, tapi juga ada kesempatan keuntungan besar dibaliknya. Hal ini dikarenakan cyptocurrency ini sendiri masih terbilang sangat baru, dan kita masih benar - benar berada di fase awal dari perkembangan crypto ini. Untuk mencari informasi awal mungkin kita bisa membuka coinmarketcap.com, disana ada daftar banyaknya cyptocurrency yang sekarang eksis, lengkap dengan harga, jumlah sirkulasi, termasuk info web pengembang dan exchange atau bursa dimana crypto tersebut diperdagangkan. Perlu digaris bawahi, semua crypto yang terdaftar disana tidak semuanya bagus untuk investasi, karena untuk bisa terdaftar di situs itu sendiri setiap orang bisa melakukannya dengan cara hanya membayar biaya pencantuman di web kepada pengelola situs. Ada ratusan jenis cyptocurrency disana, jadi bisa menjadi gambaran awal seperti apa sebenarnya cyptocurrency secara umum.

Informasi lebih lanjut bisa didapat langsung dengan bergabung ke forum umum tentang crypto, ada banyak diluar sana forum yang mebahas tentang crypto, termasuk forum dalam negeri, dan untuk lebih spesifiknya bisa langsung gabung ke forum crypto terkait karena setiap crypto yang saya kenal pasti punya forum dimana kita bisa berinteraksi langsung dengan pengembangnya. Bagi yang belum tahu, kebanyakan crypto atau malah semua crypto memiki sitem open source dalam pengembagannya, jadi siapa saja boleh gabung mengembangkan crypto tertentu jika memiliki kapasitas yang diperlukan, termasuk kalian yang mungkin punya kemampuan khusus tentang bahasa pemrograman, cryptography dan lain sebagainya termasuk pemasaran. Selain semua itu, sekarang pun sudah banyak portal berita yang memuat semua pemberitaan tentang crypto, jadi bisa diikuti untuk menjadi referensi, ada banyak web yang menyediakan layanan berita termasuk aplikasi handphone. Untuk media sosial, karena saya sendiri tidak terlalu sering membuka mendia sosial jadi saya kurang mengikuti, tapi saya yakin disana juga banyak informasi yang bisa dicari, atau juga bisa gabung ke komunitas atau grup lokal yang sama - sama bisa berbagi info tentang crypto.

Menurut saya tidak perlu buru - buru untuk investasi ke dalam crypto tertentu, yang terpenting adalah pelajari dengan baik, kenali developernya, sistemnya, dan juga teknologinya, karena menurut saya jangan sampai kita berinvestasi ke sesuatu hal yang belum kita benar - benar ketahui. Jadi menggali informasi sebanyak mungkin dan seakurat mungkin adalah kunci terpenting menurut saya pribadi. Keterbukaan terhadap informasi baru akan sangat membantu, jangan fanatik terhadap satu crypto itu menurut saya, karena dalam fase awal perkembangan crypto ini akan ada banyak hal yang berubah secara cepat, semua bisa berlalik arah secara tiba - tiba, crypto yang dulunya sangat mahal karena sangat bagus secara teknologi bisa dengan mudah dikalahkan oleh pendatang baru yang membawa teknologi lebih baru lagi, semua masih dalam tahap awal perkembangan jadi selalu terbuka terhadap informasi baru. Teknologi baru dalam dunia crypto sangat cepat sekali berkembang, itulah mengapa informasi yang akurat dan berkualitas sangat diperlukan, dan untuk mengikuti laju informasi yang begitu cepat tentu kita harus punya strategi yang bagus untuk mendapatkannya, salah satunya dengan tidak terpaku terhadap salah satu jenis crypto, dan kenali model crypto yang bagus secara umum.

Setelah berusaha mencari dalam lautan informasi yang sekian banyaknya tersebut selama beberapa bulan akhirnya saya menemukan cara yang sejauh ini saya anggap paling efektif dalam mendapatkan informasi yang akurat dan berkualitas. Cara yang saya maksud ini mungkin sudah banyak dari kita yang melakukannya, karena sederhana sekali, saya hanya menonton chanel youtube dan membaca beberapa portal berita melalui aplikasi, dan kemudian gabung ke dalam forum internal pengembang crypto dimana saya berinvestasi, jadi kalau belum invest saya belum gabung untuk membatasi informasi yang masuk. Cara ini sangat berhasil bagi saya secara pribadi, tapi juga belum tentu bagi yang lain, tetap keputusan ada dalam pribadi masing - masing. Sejauh ini saya hanya subscribe beberapa chanel saja di youtube, diantaranya The Dollar Vigilante (Jeff Berwick, tentu banyak dari sahabat Steemit yang kenal dan tahu nama ini), Ivan on Tech, Cedric Dahl, dan aantonop yaitu chanel dari Adreas Antonopoulos. Beberapa dari chanel tersebut juga aktif di Steemit, terutama @jeffberwick, karena beliau juga saya akhirnya kenal Steemit. Chanel -chanel tersebut sangat membatu saya mendapatkan informasi yang berkualitas tentang cryptocurrency, mungkin juga bisa membatu bagi sahabat steemit sekalian yang tertarik untuk tahu lebih dalam tentang crypto. Kelebihan dari chanel -chanel tersebut mungkin akan saya bahas berikutnya, dilain kesempatan.

Jadi itu pengalaman saya dalam mencari informasi tentang cyptocurrency, bagaimana pengalaman sahabat Steemit sekalain?

Disclaimer: Semua yang saya sampaikan adalah murni pendapat pribadi saya yang sangat terbatas dengan segala kekurangan dan ketidak tahuan saya, saran dan kritik akan sangat membantu saya menjadi lebih baik lagi, beberapa hal saya ambil dari google dan mungkin memiliki hak cipta termasuk gambar, jika ada yang keberatan boleh langsung tegur saya secara personal, terima kasih.

Sort:  

I belive , writing good content , is very important to engage followers .. :) @ronaldmcateer

Coin Marketplace

STEEM 0.28
TRX 0.12
JST 0.033
BTC 61691.46
ETH 3047.50
USDT 1.00
SBD 3.88