Seneng Basa Jawa

in #indonesia7 years ago (edited)

Salah satu mata pelajaran kesukaan sejak jaman SD sampe sekarang bahasa jawa .
Mungkin karena saya orang jawa tulen makanya saya suka pelajaran ini, mungkin juga karena ingin anak-anak kelak tetap mencintai budaya daerahnya, sehingga saya langsung mengiyakan ketika diminta mengajarkan pelajaran basa jawa kepada anak-anak kelas 6 SD
image

Mengajarkan basa jawa kepada anak-anak menurut saya cukup menyenangkan, banyak metode yang bisa kita gunakan.

  1. Bercerita
    Anak-anak tentunya senang mendengarkan cerita, apalagi cerita yang mungkin belum pernah mereka dengar sebelumnya, menumbuhkan rasa penasaran bagi mereka.
    image

Tentang pewayangan, metode favorit saya adalah bercerita, mendongeng, bisa dikatakan metode yang ampuh :D .

  1. Nembang (Bernyanyi)
    image
    Walopun suara saya nggak bagus-bagus amat sih, jauh banget dari sinden hehee . tapi setidaknya sedikit bernada lah untung nembang macapat

  2. Geguritan (Puisi)
    image
    Nggak mudah berpuisi dalam bahasa jawa loh.
    Selain harus jelas artikulasi, harus memaknai perkata, agar dapat mengekspresikan sesuai dengan isi geguritan tersebut.

  3. Aksara Jawa
    image
    Materi ini mungkin dianggap yang tersulit bagi sebagian siswa, harus menghafal aksara jawa beserta pasangannya, angka-angka jawa, dan tata cara penulisannya juga diatur.

Nah, gimana ga suka sama pelajaran satu ini?
Bisa mendongeng, berpuisi, menyanyi. Belajar lebih menyenangkan :))

Salam hangat

@wipratiwi

Sort:  

#life
Mae West : You only live once, but if you do it right, once is enough.

@wirapratiwi, anda telah membuat artikel yang bagus dalam mengulas permasalahan aksara jawa. Namun yang perlu diketahui adalah aksara jawa merupakan warisan kuno. selengkapnya https://panjanglebar.com/aksara-jawa

Coin Marketplace

STEEM 0.17
TRX 0.14
JST 0.028
BTC 58471.44
ETH 2587.53
USDT 1.00
SBD 2.44